Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa Beserta Contohnya

Amongguru.com. Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa Beserta Contohnya.

Banyak partikel terkecil dari suatu zat di alam yang bukan merupakan atom, tunggal, melainkan gabungan dari dua atau lebih atom unsur, baik dari unsur yang sama maupun berbeda. Gabungan dari dua atom atau lebih yang berasal dari unsur yang sama atau berbeda disebut molekul.

Apabila atomnya berasal dari unsur yang sama, maka molekul tersebut dinamakan molekul unsur. Jika satu molekul tersusun atas dua atau lebih atom dari unsur yang berbeda, maka disebut molekul senyawa.

Tidak seperti unsur logam yang partikel-partikel terkecilnya tersusun atas atom, partikel-partikel terkecil dari unsur bukan logam dapat berupa atom maupun molekul.

Unsur-unsur golongan gas mulia (VIIIA) tersusun atas partikel-partikel terkecil kelompok atom. Sedangkan unsur-unsur golongan halogen (VIIA) tersusun atas molekul unsur.

Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa Beserta Contohnya

Contoh molekul unsur adalah molekul oksigen (O2)

Sesuai gambar di atas, terlihat bahwa molekul gas oksigen tersusun atas dua atom unsur yang sama, yaitu atom oksigen.

Contoh molekul unsur yang lain adalah molekul yang dibentuk oleh atom unsur hidrogen.

Dua atom unsur hidrogen akan membentuk molekul unsur diatomik (tersusun oleh dua buah atom) dengan rumus kimia H2.

Unsur nitrogen juga tersusun  atas molekul diatomik dengan rumus molekul N2. Selain mampu membentuk molekul diatomik, beberapa unsur bukan logam juga mampu membentuk molekul poliatomik, yaitu molekul yang tersusun atas tiga atau lebih atom).

Misalnya, ozon (O3), merupakan molekul yang tersusun atas tiga buah atom unsur oksigen. Belerang juga mampu membentuk molekul poliatomik dengan susunan 8 atom belerang (S8).

Contoh zat yang partikel terkecilnya merupakan molekul senyawa adalah air.

 

Air yang biasa kita minum mengandung partikel-partikel terkecil yang disebut molekul air. Molekul air tersusun atas dua atom unsur hidrogen dan satu atom unsur oksigen dengan rumus kimia H2O.  Karena molekul air tersusun atas atom-atom unsur yang berbeda, maka molekul air termasuk dalam molekul senyawa.

Beberapa contoh molekul senyawa lainnya, adalah gas karbon monoksida (CO), gas karbon dioksida (CO2), garam dapur (NaCl), dan kalium hidroksida (Kl(OH)2).

Demikian ulasan mengenai Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan