Peraih Apresiasi Keaksaraan dan Literasi Kemendikbud Tahun 2020

Peraih Apresiasi Keaksaraan dan Literasi Kemendikbud Tahun 2020

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui laman resminya, mengumumkan peraih apresiasi keaksaraan dan literasi Kemendikbud tahun 2020.

Apresiasi Keaksaraan Kemendikbud Tahun 2020 terbagi dalam 3 (tiga) kategori, sebagai berikut.

1. Apresiasi Anugerah Aksara bagi Pemerintah Daerah dan Pegiat Pendidikan Keaksaraan.

2. Apresiasi Publikasi Video Keaksaraan.

3. Apresiasi Publikasi Keaksaraan di Media Cetak dan/atau Daring.

Keberaksaraan penduduk merupakan hal sangat mendasar dalam hidup dan kehidupan. Dengan memiliki kemampuan keaksaraan dasar, yaitu membaca, menulis, dan berhitung, serta berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, diharapkan dapat memperluas akses pengetahuan dan informasi dalam berbagai bidang kehidupan sehingga akan lebih berdaya.

Indonesia sebagai salah satu anggota UNESCO, memberikan perhatian yang sangat besar terhadap upaya penuntasan buta aksara.

Menurut data Susenas BPS tahun 2019, penduduk buta aksara kelompok umur 15-59 tahun sebanyak 1,78% atau sekitar 3.053.353 orang, persentase angka tersebut menurun dari tahun ke tahun.

Penurunan persentase angka buta aksara tidak lepas dari peran berbagai pihak yang serius dan peduli terhadap pendidikan keaksaraan.

Dalam rangka Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) dan sebagai bentuk apresiasi kepada berbagai pihak yang telah melakukan program pemberantasan buta aksara dan masyarakat yang telah mengabdikan dirinya dalam penuntasan buta aksara, pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan Anugerah Aksara bagi Pemerintah Daerah dan Pegiat Pendidikan Keaksaraan, Publikasi Video Keaksaraan, dan Jurnalistik Keaksaraan di Media Cetak/Daring.

Poster publikasi Apresiasi Keaksaraan Kemendikbud Tahun 2020 dapat di unduh di sini.

1. Apresiasi Anugerah Aksara Bagi Pemerintah Daerah dan Pegiat Pendidikan Keaksaraan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan Anugerah Aksara kepada pemerintah daerah dan pegiat pendidikan keaksaraan yang telah mengabdikan diri dalam penuntasan buta aksara untuk mengapresiasi kinerja dan dedikasi mereka dalam memacu percepatan penuntasan buta aksara.

Penghargaan Anugerah Aksara tersebut akan diberikan pada saat puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI).

Anugerah Aksara bagi Pemerintah Daerah adalah penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada pemerintah daerah atas dedikasinya dalam memajukan tingkat keberaksaraan penduduk di daerahnya sesuai capaian keberaksaraannya, meliputi tiga kategori yaitu:

a. Anugerah Aksara Pratama;

b. Anugerah Aksara Madya;

c. Anugerah Aksara Utama.

Anugerah Aksara bagi Pegiat Pendidikan Keaksaraan adalah penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada tokoh masyarakat, pengelola/penyelenggara program, dan tutor pendidikan keaksaraan yang telah berperan nyata dalam memajukan keberaksaraan penduduk di daerahnya.

2. Apresiasi Publikasi Video Keaksaraan

Publikasi video keaksaraan adalah dokumentasi dalam bentuk video tentang penyelenggaraan program keaksaraan yang meliputi video pembelajaran (micro video, tutorial, training video, screen cast, presentation/ lecturer atau animasi), dokumentasi, feature maupun dengan vlog dan dipublikasikan di media sosial melalui Youtube, Instagram, dan Facebook yang dilengkapi dengan hashtag #Videokeaksaraan, #HAI2020, #HariAksaraInternasional.

Publikasi Video Keaksaraan yang terpilih akan diberikan penghargaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari pemberian penghargaan adalah untuk memberikan apresiasi kepada lembaga atau perorangan yang telah mempromosikan program pendidikan keaksaraan melalui media sosial sehingga memberikan informasi, inspirasi, dan inovasi kepada masyarakat luas, sehingga dapat menjadi referensi model pembelajaran pendidikan keaksaraan bagi lembaga penyelenggara dalam upaya penuntasan buta aksara di Indonesia.

Apresiasi publikasi video keaksaraan diberikan kepada perorangan maupun lembaga yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan.

3. Apresiasi Publikasi Keaksaraan di Media Cetak dan/atau Daring

Publikasi Keaksaraan di Media Cetak dan/atau daring adalah penerbitan berita keaksaraan dalam bentuk artikel opini dan/atau feature.

Apresiasi Publikasi Keaksaraan di Media Cetak dan/atau daring merupakan pemberian penghargaan/apresiasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bagi wartawan dan masyarakat umum yang tulisannya dimuat di media cetak dan/atau daring dalam bentuk artikel opini dan/atau feature tentang pendidikan keaksaraan.

Pengertian artikel opini adalah karangan faktual yang disertai analisis secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media daring maupun cetak dan bertujuan menyam paikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan memberi solusi.

Sedangkan feature merupakan tulisan hasil peliputan mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat membe rikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca.

Peraih Apresiasi Keaksaraan dan Literasi Kemendikbud Tahun 2020

Berikut ini adalah peraih apresiasi Keaksaraan dan Literasi Kemendikbud tahun 2020.

Demikian informasi mengenai peraih Apresiasi Keaksaraan dan Literasi Kemendikbud Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan