Peraih Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Ajaran Baru 2020/2021

Peraih Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Ajaran Baru 2020/2021

Amongguru.com. Di dalam menyambut tahun ajaran 2020/201 dan tahun akademik 2020/2021, Kemendikbud dan Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan Apresiasi Berbagi Praktik Baik.

Kemendikbud dan Kemenag mengajak satuan pendidikan untuk berbagi inspirasi baik sambut tahun ajaran baru dalam pembelajaran tatap muka atau di rumah pada masa pandemi Covid-19.

Latar Belakang

Menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menterii tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka telah dibuat berbagai produk komunikasi turunan untuk sosialisasi pengetahuan dan perubahan perilaku.

Sampai dengan saat ini, berbagai produk komunikasi seperti video panduan, buku saku, dan infografik sudah dikeluarkan oleh Kemendikbud dan Kemenag melalui berbagai kanal komunikasi seperti TVRI, media sosial, dan WhatsApp.

Selain itu, sosialisasi melalui berbagai program talk show di stasiun televisi dan radio telah dilakukan sejak penetapan SKB tersebut.

Akan tetapi, upaya-upaya tersebut dirasa masih perlu diperkuat dengan menarik partisipasi dari daerah dan satuan pendidikan sehingga meningkatkan tingkat kepatuhan dan perubahan perilaku.

Tujuan

1. Memastikan kepatuhan dan semangat proaktif satuan pendidikan dengan didukung pemerintah daerah untuk memenuhi daftar periksa kesiapan pembelajaran tatap muka dan menerapkan protokol kesehatan di satuan pendidikan.

2. Memastikan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah, dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan, khususnya bagi peserta didik.

Kategori

1. Satuan Pendidikan yang telah kembali memulai pembelajaran tatap muka sesuai dengan ketentuan pada SKB.

2. Satuan Pendidikan yang masih melaksanakan Belajar dari Rumah (BDR).

Materi

1. Video

2. Foto

Substansi Penilaian

1. Kesesuaian materi dengan SKB Panduan Pembelajaran

2. Upaya menghadirkan inovasi dalam pembelajaran

3. Proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran

KemasanĀ 

1. Orisionalitas cerita

2. Kreativitas

3. Kualitas Visual

Sasaran Peserta

1. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka

2. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan belajar dari rumah (BDR)

Apresiasi

Peraih apresiasi akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat dari Kemendikbud dan Kemenag, karyanya akan ditayangkan di kanal resmi Kemendikbud dan Kemenag, serta menjadi narasumber dalam diskusi bersama dengan Kemendikbud dan Kemenag.

Peraih Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Berikut adalah Daftar Peraih Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran Baru 2020/2021 sebagaimana diinformasikan dalam laman resmi Kemendikbud, https://www.kemdikbud.go.id/.

1. Kategori Belajar Dari Rumah (BDR)

2. Kategori Pembelajaran Tatap Muka

Tinggalkan Balasan