Penyaringan (Filtrasi) : Pengertian, Prinsip, Jenis, dan Contohnya

Penyaringan (Filtrasi) : Pengertian, Prinsip, Jenis, dan Contohnya

Dvcodes,com. Pengertian penyaringan atau filtrasi merupakan metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat terlarut.

Teknik pemisahan campuran secara filtrasi biasanya digunakan untuk memisahkan campuran antara zat padat dalam suatu suspensi dengan ukuran partikel-partikel zat padat yang lebih besar dari ukuran partikel-partikel zat lain dalam campuran suspensi tersebut,

Penyaringan yang sering dilakukan di dalam laboratorium menggunakan kertas saring. Contohnya adalah menyaring suspensi pasir dengan air.

Butiran-butiran pasir akan tertahan pada kertas saring, sedangkan air akan lolos melewati ketas saring.

Larutan yang lolos melalui saringan (air) disebut filtrat, sedangkan materi yang tertahan pada kertas saring (pasir) dinamakan residu.

Filtrasi biasanya merupakan proses pemisahan campuran yang tidak sempurna. Beberapa cairan masih tetap berada di sisi umpan filter atau masih berada di media filter, hanya beberapa padatan kecil yang dapat lolos melewati filter.

Jenis-jenis Filtrasi

Terdapat beberapa jenis filtrasi, tergantung pada apakah zat padatan yang akan dipisah merupakan partikulat (tersuspensi) atau larut dalam air.

Berikut ini adalah jenis-jenis filtrasi.

1. Filtrasi Umum

Filtrasi umum adalah bentuk filtrasi paling dasar yang menggunakan gaya gravitasi untuk menyaring campuran.

Campuran dituangkan dari atas ke media saring (misalnya kertas saring) dan adanya gaya gravitasi akan menarik cairan ke bawah. Padatan selanjutnya akan tertinggal pada filer, sedangkan cairan mengalir di bawahnya.

 2. Filtrasi Vakum

Prinsip kerja dari filtrasi vakum adalah labu Buchner dan selang difungsikan dalam menarik vakum untuk menyedot cairan melalui saringan.

Filtrasi vakum dapat mempercepat pemisahan campuran dan bisa digunakan untuk mengeringkan padatan.

Pompa vakum diperlukan sebagai pendorong aliran air melewati media filter agar lebih cepat. Vakum yang dibutuhkan untuk filtrasi tidak perlu tekanan absolut yang terlalu besar.

3. Filtrasi Dingin

Filtrasi dingin digunakan untuk mendinginkan larutan secara cepat dan mendorong terbentuknya kristal kecil.

Teknik ini akan menghasilkan pembentukan kristal yang sangat kecil dengan cara mendinginkan larutan di bawah suhu kamar.

Metode yang umum dilakukan dalam filtrasi dingin adalah menempatkan wadah dengan  larutan dalam bak es sebelum penyaringan.

4. Filtrasi Panas

Filtrasi panas digunakan untuk memisahkan padatan dari larutan panas untuk mencegah pembentukan kristal dalam corong saring dan peralatan lainya saat kontak dengan larutan.

Akibatnya, peralatan dan larutan yang digunakan dipanaskan untuk mencegah penurunan suhu yang cepat, pada gilirannya akan menyebabkan kristalisasi dari padatan di corong dan menghambat proses penyaringan

5. Filtrasi Hampa

Teknik filtrasi hampa sering digunakan untuk batch kecil larutan agar dapat mengeringkan kristal kecil.

Teknik penyaringan ini membutuhkan  corong Buchner dan kertas saring dengan diameter lebih kecil untuk terhubung dengan sumber vakum

Metode ini mengacu pada penggunaan lapisan berlubang atau mesh tunggal untuk mempertahankan partikel besar sambil membiarkan partikel berukuran lebih kecil keluar.

Filter memilik banyak lapisan dan cairan akan mengikuti saluran di media untuk melewati filter terssebut.

Contoh Filtrasi

Filtrasi adalah teknik pemisahan campuran yang penting dalam penelitian di laboratorium dan juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Metode pemisahan campuran dengan cara penyaringan juga sering digunakan dalam industri. Misalnya industri gula pasir untuk memisahkan butiran gula halus dengan kristal gula pasir, industri cat untuk membuat tepung mill (batu kapur yang dihaluskan) dengan ukuran tertentu, industri farmasi, dan industri garam dapur.

Pembuatan bir kopi melibatkan air panas yang melewati melalui kopi bubuk dan saringan. Kopi cair adalah filtratnya. Teh celup juga mempunyai proses yang sama, yaitu menggunakan kantong teh (kertas filter).

Baca :

Pada manusia, ginjal merupakan contoh filter biologis. Darah disaring oleh glomerulus dan molekul yang penting diserap kembali ke dalam darah.

Berikut adalah contoh lain dari penerapan metode pemisahan campuran secara filtrasi.

1. AC dan penyedot debu menggunakan filter HEPA untuk menghilangkan debu dan serbuk kecil dari udara.

2. Akuarium menggunakan filter yang mengandung serat yang menangkap partikulat padat.

3. Filter sabuk memulihkan logam mulia selama penambangan.

4, Air dalam sumber air relatif murni karena telah disaring melalui pasir dan batuan permeabel di tanah.

Demikian pengertian penyaringan (Filtrasi), prinsip, Jjenis, dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan