Pengumuman Peserta Lolos Final GemasTIK Tahun 2020

Pengumuman Peserta Lolos Final GemasTIK Tahun 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan Lomba Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemasTIK) XIII Tahun 2020.

GemasTIK diselenggarakan berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri, sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, literasi
data, dan literasi manusia.

Kompetisi ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada.

Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi.

Kemampuan soft skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2020 Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus menyesuaikan dengan kondisi pandemic Covid-19, sehingga dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai.

Meskipun dalam kondisi demikian, tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan GemasTIK ke XIII Tahun 2020.

Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Tujuan

Tujuan dari GemasTIK adalah sebagai berikut.

1. Menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0.

2. Sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa.

3. Meningkatkan kepedulian serta kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEK, sehingga menghasilkan produk inovasi yang memiliki daya saing tinggi.

4. Sebagai sarana pendukung demi terciptanya inovasi dalam teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak terhadap lingkungan sekitar

Kategori Lomba

Melalui GemasTIK, kompetensi TIK mahasiswa Indonesia akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang/divisi lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif.

GemasTIK XIII Tahun 2020 ditujukan bagi seluruh mahasiswa aktif dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Adapun kategori yang dilombakan, diantaranya sebagai berikut.

1. Pemrograman

2. Keamanan Siber

3. Penambangan Data

4. Desain Pengalaman Pengguna

5. Animasi

6. Kota Cerdas

7. Karya Tulis Ilmiah TIK

8. Pengembangan Perangkat Lunak

9. Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT

10. Pengembangan Aplikasi Permainan

11. Pengembangan Bisnis TIK

Peserta Lolos Final GemasTIK Tahun 2020

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah melaksanakan seleksi tahap I Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemasTIK) Tahun 2020.

Berdasarkan hasil seleksi dari tim juri GemasTIK Babak Penyisihan 13 sampai dengan 22 September 2020, maka Pusat Prestasi Nasional dan Dewan Juri GemasTIK Tahun 2020 memutuskan peserta GemasTIK Tahun 2020 yang lolos pada babak penyisihan.

Pengumuman finalis gemasTIK tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link berikut ini.

Pengumuman Finalis GemasTIK 2020(Unduh)

Demikian pengumuman peserta lolos final GemasTIK tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan