Pengumuman Pemenang KSNP Daring SMA Tahun 2020

Pengumuman Pemenang KSNP Daring SMA Tahun 2020

Amongguru.com. Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematika,

Kegiatan KSN juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatf, tangguh dan cinta tanah air.

Melalui Kompetisi Sains Nasional akan diperoleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi Sains Internasional.

Dengan demikian, Kompetisi Sains Nasional yang setiap tahun diselenggarakan harus dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, hingga ke tingkat internasional.

Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020.

KSN Tahun 2020 meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu : bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Tujuan

Tujuan umum penyelenggaraan KSN SMA 2020 adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul,

2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Sedangkan tujuan khusus penyelenggaraan KSN SMA tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,

2. Menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

3. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetisi tingkat internasional.

Tahapan Pelaksanaan

Pelaksanaan KSN SMA Tahun 2020 terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut.

1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSNS).

2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten.Kota (KSN-K).

3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P).

4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan KSN SMA Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Terselenggaranya seleksi secara berjenjang peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,

2. Terseleksinya calon peserta Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (KSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (KSN-P).

3. Terseleksinya pemenang KSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (KSN) dan terseleksinya siswa terbaik dari tingkat nasional yang akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi sains internasional,

4. Terseleksinya peserta KSN bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Pengumuman Pemenang KSNP Daring SMA Tahun 2020

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, dan mengingat Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar dimana warga Indonesia dilarang untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, maka KSN Tingkat Provinsi tahun ini dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSNP) Jenjang SMA Tahun 2020 pada tanggal 10 sampai dengan14 Agustus 2020 di 34 provinsi.

KSNP tersebut dilaksanakan secara daring, namun ada beberapa daerah yang karena alasan tertentu dilaksanakan secara luring.

Adapun sains yang dilombakan meliputi: Bidang Matematika, Bidang Fisika, Bidang Kimia, Bidang Biologi, Bidang Informatika/Komputer, Bidang Kebumian, Bidang Astronomi, Bidang Ekonomi, dan Bidang Geografi.

Seluruh jawaban peserta telah dilakukan koreksi dan penilaian oleh tim juri masing-masing bidang.

Berdasarkan hasil penilaian oleh tim juri masing-masing bidang tersebut di atas, ditetapkan peserta pemenang KSNP Jenjang SMA Tahun 2020.

Pengumuman pemenang KSNP daring SMA tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada tautan berikut.

  • Surat Pemberitahuan Pemenang KSNP Daring Tahun 2020 (Unduh)
  • SK Pemenang KSNP 2020 (Unduh)
  • Lampiran pengumuman Bidang Ekonomi (Unduh)
  • Lampiran Bidang Biologi (Unduh)
  • Lampiran Per Provinsi¬† (Unduh)

Tinggalkan Balasan