Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017

Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017

Amongsehat.com.  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT CPNS Kemenkumham pelamar dengan kualifikasi pendidikan SMA/Sederajat dan Diploma III (D-III) akan dilaksanakan tanggal 25 September sampai dengan 03 Oktober 2017. Peserta yang berhak mengikuti SKD adalah peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Pelaksanaan tes kompetensi dasar dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 09 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Materi SKD yang diujikan meliputi 3 (tiga) bentuk tes. Tiga bentuk tes tersebut, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Tes Intelegensia Umum (TKU), dan Tes Karakteristik Pribadi TKP). Berikut ini uraian materi tes Seleksi Kompetensi Dasar tersebut.

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan adalah tes yang digunakan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pilar Kebangsaan Indonesia.

Materi Tes Wawasan Kebangsaaan meliputi sebagai berikut.

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Sistem Tata Negara Indonesia
  6. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
  7. Sejarah Perjuangan Bangsa
  8. Peranan Bangsa Indonesia
  9. Kemampuan Berbahasa Indonesia
  • Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelejensi Umum merupakan tes untuk mengukur intelegensi peserta ujian CPNS dalam analisa numerik (angka), verbal (bahasa), serta berpikir logis dan analitis.

Materi Tes Intelegensia Umum sebagai berikut.

1.  Tes Analisa Verbal

–  Sinonim (Persamaan Kata)
– Antonim (Lawan Kata)
– Padanan Hubungan Kata
– Pengelompokan kata

2.  Tes Analisa Numerik (Angka)
– Aritmetik (Hitungan)
– Seri Angka
– Seri Huruf
– Logika Angka
– Angka dalam Cerita

3.  Tes Logis dan Analitis
– Logika Umum
– Analisa Pernyataan
– Kesimpulan Silogisme
– Logika Cerita

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristek Pribadi adalah tes psikologi untuk meneliti karakter kepribadian peserta CPNS dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi.

Materi soal Tes Karakteristik Pribadi meliputi sebagai berikut.

  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Orientasi pada pelayanan
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Pengendalikan diri
  6. Bekerja mandiri dan tuntas
  7. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  8. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  9. Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  10. Orientasi kepada orang lain
  11. Kreativitas dan inovasi

Panduan lengkap soal Seleksi Kompetensi Dasar silahkan Anda baca di sini.

Pada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar ini, peserta harus mampu melewati passing grade (nilai ambang batas) yang telah ditetapkan. Di dalam PermenpanRB Nomor 22 Tahun 2017 disebutkan passing grade (nilai ambang batas) penerimaan CPNS tahun 2017.

Passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKB) adalah 143. Passing grade Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah 80, dan untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75.

Untuk mengetahui gambaran nilai kelulusan Anda dan berapa jumlah minimal soal benar yang harus dikerjakan, silahkan Anda baca : Pedoman Passing Grade Kelulusan Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017.

Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017

Berikut ini adalah pengumuman jadwal dan lokasi SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017 yang diperoleh secara resmi dari portal Badan Kepegawaian Negara (https://www.sscn.bkn.o.id).

Bagi Anda yang ingin dapat mengunduh pengumuman ini secara langsung, dapat mendownload melalui PC, laptop, atau smartphone. Admin ingatkan bahwa untuk membaca pengumuman ini, pastikan perangkat Anda memiliki progam aplikasi untuk membaca unduhan pdf. PC atau pun laptop Anda harus terinstall aplikasi pembaca pdf, misalnya Acrobat Reader dan Foxit Reader.

Sedangkan untuk pengguna smartphone, dapat memanfaatkan aplikasi pembaca pdf, seperti WPS Office dan Kingsotf Office. Apabila aplikasi tersebut belum terinstall, silahkan Anda lakukan penginstalan terlebih dahulu melalui Playstore, untuk smartphone Android.

Download pengumuman jadwal dan lokasi SKD pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017 di bawah ini.

Untuk membantu Anda dalam belajar soal-soal CPNS yang akan diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar mendatang, silahkan Anda baca : Download Gratis Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2017

Baca juga :

Demikian pengumuman hasil SKD pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham 2017. 

Tidak lupa Admin ucapkan selamat kepada Anda pada pelamar SMA/DIII yang sudah lolos tahap Seleksi Administrasi dan berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kemenkumham tahun 2017. Selamat berjuang dan tetap semangat untuk mencapai cita-cita Anda!

Tinggalkan Balasan