Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017

Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017

Amongguru.com. Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017 – Kementerian Hukum dan Hak Asai Manusia (Kemenkumham) hari ini secara resmi mengeluarkan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pelamar SMA/Sederajat dan Diploma III (D3).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun anggaran 2017 telah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 21 formasi yang akan ditugaskan pada 11 (sebelas) unit kerja berikut.

Berikut ini jabatan formasi CPNS untuk Kemenkumham tahun anggaran 2017.

  1. Penjaga Tahanan
  2. Pembimbing Kemasyarakatan Pertama
  3. Analis Keimigrasian Pertama
  4. Pemeriksa Keimigrasian Terampil
  5. Analis Kekayaan Intelektual
  6. Analis Hukum
  7. Pemeriksa Merek Pertama
  8. Pemeriksa Paten Pertama
  9. Analis Perlindungan Hak-hak Sipil dan Hak Asasi Manusia
  10. Penata Keuangan
  11. Pengelola Teknologi Informasi
  12. Dokter Umum Pertama
  13. Perawat Pertama
  14. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
  15. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pertama
  16. Kustodian Kekayaan Negara
  17. Dokter Spesialis Anak Pertama
  18. Psikolog Klinis Pertama
  19. Dokter Spesialis Ginekologi Pertama
  20. Dokter Spesialis Anastesi Pertama
  21. Auditor Pertama

Sedangkan 11 (sebelas) unit kerja penerimaan CPNS Kemenkumham tahun anggaran 2017 adalah sebagai berikut.

  1. Sekretariat Jenderal
  2. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan
  3. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum
  4. Inspektorat Jenderal
  5. Badan Pembinaan Hukum Nasional
  6. Direktorat Jenderal Imigrasi
  7. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual
  8. Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia
  9. Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia
  10. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia
  11. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia :
    Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat (Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi, Rumah Detensi Imigrasi, Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Pemasyarakatan, Balai Harta Peninggalan, dan Rumah Sakit Pengayoman).

Khusus untuk kualifikasi pendidikan SMA/Sederajat dibutuhkan sebanyak 14.000 CPNS dari kualifikasi pendidikan tersebut untuk mengisi formasi penjaga tahanan atau sipir. Sedangkan kualifikasi pendidikan Diploma III (D3) dibutuhkan sebanyak 30 CPNS untuk mengisi formasi Pemerikasa Keimigrasian Terampil.

Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017

Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017 dapat Anda unduh sesuai dengan Kantor Wilayah pada link berikut. Pastikan smartphone, PC, atau laptop Anda memiliki aplikasi pembaca file pdf, sehingga Anda dapat membaca hasil unduhan tersebut.

Anda juga dapat melihat atau melakukan unduhan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar Pelamar SMA/D3 melalui portal resmi Kemenkumham, http://cpns.kemenkumham.go.id/.

Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017
Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017

Tahapan Selanjutnya untuk Pelamar SMA/SLTA yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar

Tahapan berikutnya yang harus dilalui oleh pelamar SMA/SLTA yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar adalah mengikuti tes kesamaptaan. Pelaksanaan Tes Kesamaptaan akan dijadwalkan pada tanggal 30 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 03 November 2017.

Kesamaptaan dapat diartikan sebagai keadan siap atau persiapan secara fisik untuk melakukan tugas. Kesamaptaan ditandai dengan keadaan selalu siap siaga dan memiliki kekuatan fisik optimal dalam bertugas.

Sipir atau penjaga tahanan memerlukan ketahanan fisik dan juga ketahanan mental yang tangguh dalam bekerja. Tugas sipir cukup berat, meliputi penjagaan,pe penggeledahan, pemeriksaan, pengawasan, pengamanan, penanganan huru hara, pengendalian massa, dan penanganan tempat kejadian perkara.

Tes kesamaptaan menjadi tahap terakhir yang harus dilalui peserta sebelum pengumuman kelulusan. Peserta harus-benar memiliki kesiapan fisik dan mental yang prima pada saat tes berlangsung.

Materi Tes Kesamaptaan

Pedoman tes kesamaptaan formasi Sipir CPNS Kemenkumham 2017 diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-03.DL.07.01 Tahun 2009.

Materi kesamaptaan untuk penerimaan CPNS tahun 2017 bisa saja memiliki perbedaan dengan materi kesamaptaan  tahun sebelumnya. Akan tetapi tujuan dari pelaksanaan tes kesamaptaan pada dasarnya sama.

Sebagai gambaran, berikut ini rangkatan tes kesamaptaan yang dilakukan pada seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham tahun 2014.

Tes yang diujikan dalam kesamaptaan CPNS Sipir di Kemenhukam sebagai berikut.

  1. Kesamaptaan A, meliputi lari 12 menit
  2. Kesamaptaan B, meliputi : pull up, sit up, push up, dan shuttle run

Rangkaian tes Kesamaptaan B, meliputi :

  • Pull up (chinning untuk wanita) maksimal 1 menit;
  • Sit up maksimal 1 menit;
  • Push up maksimal 1 menit; dan
  • Shuttle run jarak 6 x 10 meter.

Untuk mengetahui informasi secara lengkap tes kesamaptaan ini, silahkan Anda baca : Pedoman Tes Kesamaptaan Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017.

Tahapan Selanjutnya untuk Pelamar Diploma III (D3) yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar

Tahapan selanjutnya untuk pelamar Diploma III (D3) yang telah lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Mekanisme Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) diatur dalam PermenPANRB nomor 20 tahun 2017. Sesuai dengan PermenPANRB tersebut, maka Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Substansi Jabatan menggunakan metode CAT tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Oktober 2017.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  • Bagi peserta yang tidak hadir dan atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apa pun pada waktu dan tempat yang telah ditentukan, maka dinyatakan tidak lulus.
  • Kelulusan peserta ditentukan oleh prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dengan motif apa pun, hal tersebut merupakan tindakan pidana penipuan dan di luar tanggung jawab panitia seleksi.
  • Peserta diwajibkan mengikuti perkembangan seleksi terkait penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham tahun anggaran 2017 melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://www.sscb.bkn.go.id. atau website resmi Kemenkumham, http://cpns.kemenkumham.go.id/.
  • Segala hal yang ditimbulkan akibat kelalaian peserta dalam mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.
  • Keputusan panitia seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Kelalaian pelamar dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab peserta.
Demikian Pengumuman Hasil SKD Pelamar SMA D3 Seleksi CPNS Kemenkumham 2017.

 

Tinggalkan Balasan