Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Pendamping Guru Penggerak

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Pendamping Guru Penggerak

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Pengumuman Nomor 2860/B/GT/2020 tentang hasil Seleksi Tahap 2 Calon Pendamping Guru Penggerak.

Pendamping Guru Penggerak bertugas untuk mendampingi peserta menjalankan perannya sebagai calon guru penggerak, khususnya pada pasca pelatihan selama sembilan bulan.

Pendamping diundang sebagai instruktur tamu pada proses pendampingan. Pendamping akan bertugas selama sembilan bulan sesuai masa pendidikan calon Guru Penggerak.

Kriteria dan Persyaratan Pendamping Guru Penggerak

Kriteria umum Pendamping Guru Penggerak adalah sebagai berikut.

1. Guru, kepala sekolah, atau pegiat pendidikan yang telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership)

2. Mendapat izin dari pimpinan/ atasan tempat bekerja

3. Bersedia mendampingi peserta selama proses pelatihan dan pendampingan selama 9 bulan

Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh Pendamping Guru Penggerak adalah sebagai berikut.

1. Menguasai teknik dan keterampilan mentoring dan coaching

2. Menyusun rencana pendampingan

3. Membuat kesepakatan dengan calon guru penggerak

4. Membuat jadwal pendampingan

5. Memiliki komitmen untuk memenuhi tenggat waktu

6. Mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak

7. Berkomunikasi dengan efektif

8. Memiliki kemampuan andragogi

Seleksi Tahap 2 Calon Pendamping Guru Penggerak

Menindaklanjuti surat nomor 2301/B.B2/GT/2020 tanggal 16 Juli 2020 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Pendamping Pendidikan Guru Penggerak, maka diinformasikan bahwa Tim Seleksi Calon Pendamping Guru Penggerak Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap 2.

Seleksi tahap 2 dilakukan melalui pengisian critical incident dan wawancara. Sehubungan dengan proses seleksi tahap 2 dimaksud, ada beberapa hal yang yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.

  1. Sejumlah 697 orang calon pendamping pendidikan guru penggerak telah mengikuti seleksi tahap 2 pada tanggal 17 Juli sampain dengan 5 Agustus 2020, dan sebanyak 639 orang dinyatakan lulus (daftar terlampir pada Pengumuman).
  2. Calon pendamping pendidikan guru penggerak yang lulus seleksi tahap 2, akan diikutkan pada pembekalan calon pendamping pendidikan guru penggerak, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus atau September 2020. Informasi tentang pembekalan calon pendamping pendidikan guru penggerak akan disampaikan kemudian.

Calon pendamping pendidikan guru penggerak yang lulus untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pembekalan pendamping pendidikan guru penggerak.

Pengumuman seleksi tahap 2 calon Pendamping Guru Penggerak secara lengkap dapat di unduh pada link berikut ini.


Unduh

Demikian pengumuman hasil seleksi tahap 2 calon Pendamping Guru Penggerak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan