Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

Amongguru.com. Secara resmi pendaftaran CPNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah ditutup pada akhir bulan Agustus kemarin. Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Pada tahun 2017 ini, Kemenkumham berencana merekrut sebanyak 10.210 CPNS pada formasi Kemenkumham dan 1.884 untuk formasi Makamah Agung. Baca kembali : Informasi Penerimaan CPNS 2017 Lengkap dan Terbaru.

Sejak dibukanya pendaftaran pada tanggal 1 Agustus 2017, jumlah pelamar terus mengalami peningkatan. Sampai dengan batas akhir pendaftaran pada 31 Agustus 2017 pukul 23.59 WIB, jumlah pelamar sudah mencapai 1.146.853 orang, yang terdiri dari 1.116.138 pelamar di Kemenkumham dan 30.715 pelamar di Mahkamah Agung. Pelamar terbanyak terdapat pada tiga provinsi, yaitu Sumatra Utara, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Tercatat sejumlah 299.370 pelamar melakukan registrasi akun, tetapi tidak melanjutkan ke proses pemilihan formasi dan pengisian data. Hal ini secara otomatis menyebabkan lamaran tersebut dinyatakan gugur dan tidak dilakukan verifikasi data. Jumlah pelamar pada penerimaan CPNS formasi Kemenkumham dan formasi Mahkamah Agung tahun 2017 dapat Anda lihat pada tabel berikut.

Tabel Jumlah Pelamar Penerimaan CPNS Formasi Kemenkumham 2017

 Sumber : lowongan kerja.com

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

Melihat jumlah pelamar yang mencapai jutaan orang tersebut, tentu persaingan untuk memperebutkan formasi CPNS di lingkungan Kemenkumham akan semakin ketat. Sistem pendaftaran secara online ini, membuat pelamar tidak bisa memastikan apakah berkas yang dikirimkan sudah memenuhi persyaratan atau tidak.

Kekhawatiran ini bertambah karena tidak ada informasi pengembalian berkas pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi. Tetapi bagaimana pun, pelamar harus terus memantau setiap perkembangan pengumuman tahapan seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017 tersebut.

Tidak hanya pertanyaan tentang kepastian diterima atau tidaknya berkas yang dikirim oleh pelamar, pertanyaan pengiring juga muncul dari para pelamar tentang hal-hal yang terkait dengan tahapan seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 ini, antara lain : (1) Dimanakah pelamar mendapatkan pengumuman secara resmi hasil seleksi administrasi CPNS Kemenkumham 2017? ; (2) Apakah tahap selanjutnya setelah pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi CPNS?

Admin akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memberikan informasi-informasi akurat yang admin dapatkan dari situs resmi penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham tahun 2017.

Berdasarkan jadwal seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017, maka pada hari Selasa, tanggal 5 September 2017 dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar yang dinyatakan telah memenuhi kriteria untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017 tersebut dirilis secara online pada link berikut.

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Berikut ini tahapan yang akan dilalui pelamar setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Pelamar untuk Dokter Spesialis, Dokter Umum, dan Sarjana (S-1) yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi

  • Mencetak mencetak nomor ujian secara online melalui situs resmi https://sscn.bkn.go.id,
  • Mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
  • Mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari : (1) Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%; dan (2) Wawancara dengan bobot 50%
  • Khusus pelamar jabatan pengelola Teknologi Informasi, Seleksi Bidang (SKB) terdiri dari : (1) Praktik kerja komputer dengan bobot 50%; dan (2) Wawancara dengan bobot 50%

Pelamar untuk Diploma III (D-III) yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi

  • Melaksanakan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan di kantor wilayah Kemenkumham yang dituju.
  • Mendapatkan kartu ujian setelah dilakukan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan.
  • Mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  • Mengikuti seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari : (1) Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%; dan (2) Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.

Pelamar untuk SLTA/SMA/SMK sederajat yang dinyatakan lolos seleksi administrasi

  • Melaksanakan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan di kantor wilayah Kemenkumham yang dituju.
  • Mendapatkan kartu ujian setelah dilakukan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan.
  • Mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
  • Mengikuti seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari : (1) Kesamaptaan dengan bobot 50%; dan (2) Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.

Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Pelamar Setelah Lolos Seleksi Administrasi

  1. Pelamar harus selalu memantau perkembangan pengumuman tahapan seleksi CPNS Kemenkumham 2017 melalui portal resmi yang telah disediakan.
  2. Lokasi ujian CPNS Kemenkumham 2017, baik untuk jenjang SLTA/SMA/SMK sederajat, D-III maupun S1 akan dilakukan di 33 kantor wilayah Kemenkumham di seluruh Indonesia.
  3. Pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri pada saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), setelah mendapatkan kartu ujian, karena kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar ditentukan oleh peringkat nilai yang sudah diatur secara jelas dan transparan.
  4. Peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang memiliki peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan dalam satu wilayah, dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
  5. Pelamar pada jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian Terampil yang telah lulus SKD pada suatu wilayah, diberikan kesempatan untuk berpindah ke wilayah lain yang kuota formasinya belum terpenuhi, kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Proses pindah wilayah ini dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri secara online di laman http://cpns.kemenkumham.go.id.
  6. Konsekuensi dari pindah wilayah adalah anda mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan penempatan tugas pada wilayah dimana anda pilih untuk pindah. Jumlah peserta yang dimungkinkan untuk melakukan pindah lokasi untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak melebihi 20% dari kuota formasi yang ada di wilayah tersebut.
  7. Kelulusan Akhir ditentukan oleh hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB).
  8. Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA APA PUN. Apabila terdapat oknum yang mengatasnamakan pihak panitia penerimaan CPNS dan meminta sejumlah uang untuk kepentingan penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham, maka dapat dipastikan hal itu tidak benar.

Informasi terkait dengan tahapan seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 ini admin sampaikan untuk memberikan gambaran tahapan yang harus dilalui oleh pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Untuk dapat mendownload pengumuman hasil akhir seleksi administrasi CPNS Kemenkumham 2017 silahkan klik di sini.

Silahkan Anda baca kembali, informasi yang terkait dengan penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 berikut ini.

Demikian informasi sementara yang dapat Admin sampaikan terkait Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari pelamar yang saat ini sedang mencari Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017.

 

One Reply to “Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017”

Tinggalkan Balasan