Pengumuman dan Pedoman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021

Pengumuman dan Pedoman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021

Amongguru,com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Nasional Mahasiswa Bidang TIK (GEMASTIK) Tahun 2021.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Pusat Prestasi Nasional telah menerbitkan Pedoman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021.

Di dalam upaya peningkatan soft skill di bidang teknologi infomasi bagi peningkatan kualitas lulusan dari Perguruan Tinggi, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi dan Komunikasi.

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakanprogram Pusat Prestasi Nasional,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya

Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa seIndonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, danmemupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2021 ini harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, sehingga akan dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai.

Petunjuk pelaksanaan disusun agar penyelenggaraan Gemastik di tingkat perguruan tinggi, sampai kepada tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik.

Tujuan

Tujuan dari GEMASTIK adalah sebagai berikut.

1. Menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0.

2. Sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa.

3. Meningkatkan kepedulian serta kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEK sehingga menghasilkan produk inovasi yang memiliki daya saing tinggi.

4. Sebagai sarana pendukung demi terciptanya inovasi dalam teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak terhadap lingkungan sekitar.

5. Memberikan wanaha untuk mahasiswa berinovasi dan berkreativitas dibidang TIK dimasa pandemi Covid19 dan menjadikan hasil karya mahasiswa sebagai hasil nyata mahasiswa dalam membantu permasalahan di lingkungan keseharian.

Cabang Lomba

Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XIV dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final.

Babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masingmasig cabang/divisi lomba.

Babak Penyisihan maupun Babak Final GEMASTIK XIV dilaksanakan secara daring, dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masingmasing cabang/divisi lomba.

GEMASTIK XIV Tahun 2021 menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Infomasidan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya.

Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XIV.

1. Divisi I Pemrograman (Programming)

2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)

3. Divisi IIIPenambangan Data (Data Mining)

4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)

5. Divisi V Animasi (Animation)

6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)

7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)

8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)

9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)

10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)

11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Persyaratan Umum

1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) dan yang berada di bawah lingkup Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada laman PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta hingga pelaksanaan babak final.

3. Setiap 1 (satu) tim peserta terdiri dari maksimum 3 orang mahasiswa.

4. Peserta belum pernah menjuarai kategori lomba yang sama pada GEMASTIK tahun sebelumnya,

5. Penulisan nama mahasiswa peserta wajib menggunakan nama lengkap tanpa disingkat.

6. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Buku Panduan edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan.

7. Untuk lomba berbasis karya kreasi, karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku agama ras antar golongan), radikalisme, asusila dan plagiarisme, serta belum pernah mendapatkan juara pada kompetisilain.

8. Semua kegiatan lomba (presentasi dan non presentasi) pada babak final dilaksanakan secara daring dan dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peninjau yang bukan finalis pada kategori lomba yang diikuti)

Time Line GEMASTIK 2021

Catatan:

1. Pendaftaran ulang kepesertaan Babak Finaldan unggah dokumen perlombaanuntuk perguruan tinggi dan semua tim finalis 2430September 2021.

2. Technical Meetingsemua bidang lomba diadakan pada tanggal 04Oktober 2021secara daring.

3. Upacara Pembukaandilaksanakan pada tanggal 06Oktober 2021 Pkl. 08.0009.00secara daring.

4. Warmingup (pemanasan prafinal) dilaksanakan 05 Oktober 2021 secara daring untuk Pemrograman (Pukul 10.0013.00) dan Keamanan Siber (Pukul 10.0012.00).

5. Penyelesaian kasus Penambangan Data dilaksakanan dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2021 Pukul 08.0013.00 secara daring.

6. Kompetisi dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2021 untuk Pemrograman Pukul 09.3014.30 dan Keamanan Siber Pukul 09.3017.007).

7. Presentasi dan/ataudemo karya Divisi III s. d. XI dilaksanakan secara pada tanggal 0607 Oktober 2021secara daring.

8. Pengumuman pemenang, penyerahan hadiah, dan Upacara Penutupan diadakan pada tanggal 07 Oktober 2021 Pukul15.3017.30 secara daring.

Pengumuman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021 dapat di unduh di sini.

Pedoman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian Pengumuman dan Pedoman Kegiatan GEMASTIK Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan