Pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Fungsional di Kemendikbudristek

Pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Fungsional di Kemendikbudristek

Amongguru,com. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) telah menerbitkan Permendikbudristek Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pengisian Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Permendikbudristek Nomor 34 Tahun 2021 ini diterbitkan untuk mengatur mekanisme pelaksanaan pengisian pegawai negeri sipil dalam jabatan administrasidan jabatan fungsional di Kemendikbudristek dalam rangka memenuhi kebutuhan jabatan pegawai negeri sipil pada Kemendikbudristek yang memenuhi kompetensi dan kualifikasi.

Jabatan Administrasi adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan yang terdiri dari jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan pelaksana.

Sedangkan jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

Prinsip Pengisian PNS

Pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional pada Kementerian dilaksanakan dengan prinsip berikut.

1. Kompetitif, yaitu semua peserta seleksi bersaing secara sehat dan ditentukan berdasarkan hasil akhir seleksi.

2. Adil, yaitu proses pelaksanaan seleksi tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih.

3. Objektif, yaitu dalam proses pendaftaran, seleksi, dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil seleksi sesuai keadaan yang sesungguhnya.

4. Transparan, yaitu proses pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan seleksi, pengolahan hasil seleksi, serta pengumuman hasil kelulusan dilaksanakan secara terbuka.

5. Bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, yaitu seluruh proses seleksi harus terhindar dari unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme.

6. Tidak dipungut biaya, yaitu peserta seleksi tidak dibebankan biaya apapun dalam proses seleksi.

Persyaratan

Pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional harus memenuhi persyaratan berikut.

1. Berstatus PNS pada kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, lembaga nonstruktural, dan pemerintah daerah.

2. Sehat jasmani dan rohani,

3. Mendapatkan persetujuan secara tertulis dari pimpinan unit kerja instansi asal untuk mengikuti pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di Kementerian.

4. Memiliki masa kerja sebagai PNS paling sedikit 5 (lima) tahun.

5. Memiliki masa jabatan pada jabatan terakhir paling sedikit 2 (dua) tahun.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar dan/atau memiliki kompetensi yang dipersyaratkan oleh jabatan yang dilamar.

7. Memiliki hasil penilaian pegawai dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan predikat paling rendah bernilai baik.

8. Tidak sedang melaksanakan tugas belajar dan ikatan dinas tugas belajar.

9. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau hukuman disiplin berat.

10. Tidak pernah mendapatkan hukuman disiplin sedang atau hukuman disiplin berat dalam 2 (dua) tahun terakhir berturut-turut.

11. bebas temuan dari Inspektorat instansi yang bersangkutan.

Persyaratan pengisian PNS untuk Jabatan Fungsional dosen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pengisian PNS untuk Jabatan Fungsional dosen.

Tahapan Pelaksanaan

Pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut.#

1. Pembentukan panitia seleksi.

2. Pengumuman pengisian jabatan.

3. Pelamaran.

4. Seleksi.

5. Penentuan hasil akhir seleksi.

6. Pengumuman hasil akhir seleksi.

7. Mutasi dan penempatan PNS.

Pengisian PNS untuk Jabatan Fungsional dosen dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pengisian PNS untuk Jabatan Fungsional dosen.

Keputusan Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pengisian Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai pengisian PNS dalam Jabatan Administrasi dan jabatan Fungsional di Kemendikbudristek berdasarkan Permendikbudristek Nomor 34 Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan