Pengertian Webinar, Tata Cara, Media, dan Manfaatnya

Pengertian Webinar, Tata Cara, Media, dan Manfaatnya

Amongguru.com. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada seluruh bidang kehidupan, termasuk dalam aktivitas bekerja dan belajar.

Pembatasan berkumpul dan bertatap muka untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, memberikan konsekuensi sebagian orang bekerja dan belajar dari rumah.

Di dalam upaya agar tetap berkomunikasi dengan rekan kerja, maka webinar dapat menjadi pilian terbaik untuk saat ini. Kegiatan webinar sendiri semakin marak diselenggarakan semenjak masa pandemi Covid-19.

Melalui webinar, komunikasi jarak jauh tetap dapat dilakukan dengan menggunakan platform video konferensi.

Pengertian Webinar

Webinar sebenarnya adalah singkatan dari Web dan Seminar. Web merupakan kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat di akses secara luas menggunakan browser.

Sedangkan seminar merupakan pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk membahas topik atau masalah tertentu.

Sesuai penjelasan tersebut, maka secara sederhana pengertian webinar adalah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang untuk tujuan tertentu menggunakan bantuan koneksi internet dan browser.

Webinar layaknya ruang kuliah virtual atau auditorium, sehingga sangat ideal untuk pertemuan audiens dalam jumlah besar atau acara yang sifatnya terbuka atau umum.

Baca : Pembelajaran Daring dan Luring : Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaannya

Webinar dapat digunakan dalam penyelenggaraan acara besar dan siaran publik, seperti edukasi, talkshow, demonstrasi produk, dan seminar.

Tata Cara Webinar

Mekanisme webinar seperti layaknya seminar atau pertemuan pada umumnya, yang membedakannya adalah adanya sarana digital. Sarana digital tersebut adalah sebuah platform video konferensi yang didukung jaringan internet.

Setiap anggota yang ingin bergabung dengan webinar tersebut, wajib masuk ke jaringan webinar melalui perangkat online masng-masing.

Selanjutnya, setiap anggota webinar akan mendapatkan output (audio dan visual) yang semuanya ditampilkan oleh perangkat terkoneksi internet.

Penyelenggara webinar biasanya akan membuat webinar dan mempromosikannya melalui media sosial pada target mereka. Target yang tertarik dapat mendaftar untuk ikut webinar dan menghadirinya pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Selama proses seminar online tersebut, penyelenggara menyampaikan presentasi materi kepada peserta. Peserta berperan sebagai pendengar dan tidak dapat berinteraksi melalui pesan suara atau gambar.

Peserta webinar dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber dengan mengetik pertanyaan melalui opsi tanya jawab di jendela webinar yang tersedia.

Media Webinar

Tidak seperti seminar offline yang memerlukan banyak piranti untuk penyelenggaraannya, webinar hanya memerlukan media perangkat komputer PC atau laptop dan koneksi internet.

Sebenarnya smartphone juga dapat digunakan untuk media webinar, akan tetapi tidak memiliki fitur selengkap komputer PC atau laptop.

Di dalam komputer atau laptop tersebut pastikan sudah terinstal browser, bisa menggunakan brower Chrome, Firefox, atau Safari.  Saat ini sudah ada berbagai aplikas live streaming video yang dapat digunakan untuk mengikuti webinar.

Platform webinar dapat dipilih, antara lain sebagai berikut.

1. YouTube Live

2. Facebook

3. Instagram Live

4. GoToWebinar

5. Webinarlam

6. WebinarNinja

Karena webinar mengandalkan sambungan internet, maka diperlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Hal ini penting, karena pada dasarnya webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses tinggi.

Selain itu, kualitas perangkat komputer atau laptop juga perlu diperhatikan, termasuk penggunaan perangkat audio, seperti speaker, headset, dan proyektor (jika diperlukan).

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengikuti Webinar

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin mengikuti atau bergabung dalam webinar.

1. Memiliki email aktif

Anda harus memiliki email yang aktif untuk melakukan registrasi webinar. Masukkan dengan benar nama dan email aktif untuk mendaftar pada webinar yang ingin diikuti.

2. Catat link webinar

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, jangan lupa catat atau salin alamat link webinar. Link tersebut akan dijadikan sebagai pintu masuk saat webinar berlangsung.

Biasanya Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi alamat link webinar yang disematkan pada Inbox Email

3. Catat waktu pelaksanaan webinar

Pastikan Anda mencatat tanggal dan jam pelaksanaan webinar. Anda dapat membuat reminder pada smartphone Anda agar tidak lupa.

4. Online pada saat webinar berlangsung

Anda harus online pada tanggal dan jam webinar berlangsung. Caranya adalah dengan klik link webinar yang sudah disediakan.

Manfaat Mengikuti Webinar

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan jika Anda mengikuti webinar, meskipun Anda tidak dapat bertatap muka secara langsung seperti dalam pelaksanaan seminar offline.

Berikut ini beberapa manfaat mengikuti webinar dibandingkan seminar offline.

1. Hemat biaya

Melalui webinar, Anda tidak perlu keluar rumah dan mengeluarkan banyak ongkos, sehingga sangat hemat biaya.

2. Fleksibel

Anda dapat mengikuti webinar dimana saja Anda berada, dengan catatan memiliki koneksi internet yang stabil dan tinggi.

3. Berinteraksi dengan banyak orang

Anda tetap dapat berinteraksi dengan banyak orang, meskipun tidak dapat bertemu secara langsung dan hanya bertatap muka di dunia maya.

4. Dapat belajar langsung

Apabila Anda mengikuti webinar untuk tujuan pendidikan, Anda dapat belajar langsung dari para ahli yang ditunjuk sebaga pembicara. Anda juga dapat memutar kembali isi webinar untuk dipelajari lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan