Pengertian Seleksi Alam dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya

Amongguru.com. Pengertian Seleksi Alam dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.

Seleksi alam merupakan proses pemilihan yang dilakukan oleh alam terhadap makhluk hidup yang dapat terus bertahan hidup dan makhluk hidup yang tidak dapat terus hidup. Seleksi alam dilakukan oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara alamiah.

Selama kehidupan di bumi ini masih terus belangsung, maka seleksi alama akan tetap ada. Alam akan melakukan seleksi terhadap makhluk hidup melalui berbagai peristiwa, misalnya banjir, longsor, gunung meletus, gempa, dan berbagai bencana alam lainnya.

Makhluk hidup yang mampu bertahan hidup akan dapat terus hidup. Sebaliknya, makhluk hidup yang tidak mampu bertahan hidup akan terseleksi oleh alam dan mengalami kepunahan.

Proses perubahan akibat seleksi alam dapat berlangsung sedikit demi sedikit dan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa contoh dari seleksi alam adalah sebagai berikut.

  1. Kepunahan dinosaurus dari muka bumi.
  2. Munculnya kupu-kupu Biston betularia bersayap gelap yang lebih banyak dibandingkan kupu-kupu bersayap cerah di daerah industri.
  3. Adanya variasi paruh burung Finch di kepulauan Galapagos.
  4. Jari kaki kuda yang semula lima buah untuk menyesuikan diri dengan tanah lunak sekarang menjadi berjari satu.

Faktor-faktor Seleksi Alam

Seleksi alam berkaitan dengan beberapa faktor, antara lain suhu lingkungan, makanan, dan cahaya matahari.

  • Suhu Lingkungan

Di daerah yang dingin, sering dijumpai hewan-hewan mamalia berbulu tebal, sedangkan pada daerah tropis hewan mamalianya berbulu tipis. Di dalam hal ini, yang menjadi faktor penyeleksi adalah suhu lingkungan.

Hewan mamalia yang berbulu tipis umumnya tidak akan bisa menyesuaikan diri pada lingkunga yang bersuhu sangat rendah, sehingga hewan tersebut akan tereliminasi dan punah. Beruang kutub akan memiliki bulu yang tebal untuk membuatnya tetap hangat. Selain bulunya, beruang juga mempunya lapisan lemak yang digunakan untuk menghangatkan tubuhnya.

Pengertian Seleksi Alam dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya

  • Makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas. Makanan merupakan kebutuhan primer bagi semua makhluk hidup. Makanan akan menjadi faktor penyeleksi apabila terjadi perebutan makanan

Makhluk hidup yang kuat dan mampu mempertahankan makanannya akan dapat bertahan hidup. Sebaliknya, makhluk hidup yang lemah dan tidak mampu bersaing dalam perebutan makana akan tereliminasi dan punah.

  • Cahaya Matahari

Cahaya matahari adalah faktor terpenting dalam penyeleksian tumbuhan tingkat tinggi yang berhijau daun (klorofil). Tumbuhan akan menangkap cahaya matahari melalui pigmen klorofil yang terdapat dalam kloroplas.

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama fotosintesis, dimana dengan bantuan cahaya matahari tumbuhan dapat mengubah subtrat karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi karbohidrat (C6H12O6) dan oksigen (O2) melalui reaksi fotosintesis.

Tanpa adanya cahaya mahahari, maka proses fotosintesis tidak dapat berlangsung, sehingga yang terjadi berikutnya adalah tumbuhan akan mati dan tereliminasi oleh alam.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Seleksi Alam dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan