Pengertian Model Blended Learning, Kategori, dan Ciri-cirinya

Pengertian Model Blended Learning, Kategori, dan Ciri-cirinya

Amongguru.com. Blender Learning adalah salah satu model pembelajaran yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

Semakin berkembangnya teknologi, menuntut guru untuk menerapkan model pembelajaran yang canggih pula, salah satunya adalah blended learning.

Pembelajaran daring (online) tidak bisa dihindari guru dalam era milenial seperti sekarang ini. Guru harus menyadari bahwa saat ini terjadi peralihan dari model pembelajaran tatap muka menjadi dalam daringan (daring).

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan telah mengubah sistem pembelajaran konvensional menjadi berpola modern dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Untuk beralih dari tatap muka ke daring tentu membutuhkan daya upaya dan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, usaha tersebut dapat dimulai dengan menerapkan blended learning.

Pengertian Blended Learning

Blended Learning berasal dari dua kata, yaitu blended yang artinya campuran atau kombinasi dan learning yang berarti pembelajaran.

Model Blended Learning pada dasarnya merupakan gabungan atau kombinasi dari pembelajaran yang dilakukan secara tata muka (face to face) dan secara virtual.

Blended Learning merupakan sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, gaya pembelajaran, dan media dialog antara guru dengan peserta didik.

Baca :

Blended Learning memadukan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam pembelajaran modern, yaitu teknologi, cara baru berkomunikasi, dan asesmen.

Blended Learning menggabungkan ciri-ciri terbaik dari pembelajaran di kelas (tatap muka) dan ciri-ciri terbaik pembelajaran online.

Tujuannya adalah meningkatkan pembelajaran mandiri secara aktif oleh peserta didik dan mengurangi jumlah waktu tatap muka di kelas.

Kategori Blended Learning

Blended learning memiliki dua kategori utama, sebagai berikut.

1. Peningkatan bentuk aktivitas tatap muka (face to face)

Istilah Blended Learning dapat merujuk pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam aktifitas tatap muka (face to face), baik dalam bentuk pemanfaatan internet (web dependent) maupun internet sebagai pelengkap (web supplemented) yang tidak mengubah model aktifitas.

2. Hybrid Learning

Bentuk pembelajaran model ini adalah dengan mengurangi aktivitas tatap muka (face to face), tetapi tidak menghilangkannya. Dengan demikian akan memungkinkan peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara online.

Ciri-ciri Blended Learning

Secara umum, ciri-ciri Blended Learning adalah sebagai berikut.

1. Menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, gaya pembelajaran, dan berbagai media berbasis teknologi yang beragam.

2. Merupakan sebuah kombinasi pembelajaran tatap muka (face to face). belajar mandiri, dan belajar secara online.

3. Didukung oleh kombinasi efektif dari cara penyampaian, cara mengajar, dan gaya pembelajaran.

4. Guru orang tua memiliki peran yang sama penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana guru berperan sebagai fasilitator dan orangtua sebagai pendukung.

Demikian ulasan mengenai pengertian model Blended Learning, kategori, dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan