Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Serta Fungsinya

Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Serta Fungsinya

Amongguru.com. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar merupakan komponen Standar Isi untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) secara khusus diatur dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Pemetaan KI dan KD.

Berikut ini akan diulas mengenai pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar serta fungsinya.

Kompetensi Inti 

Kompetensi Inti merupakan elemen batu dalam dunia pendidikan yang tidak dimiliki oleh kurikulum sebelumnya.

Kompetensi Inti memiliki kedudukan yang sama dengan Standar Kompetensi yang digunakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Pengertian Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Standar Kompetensi lulusan tersebut meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Di dalam mempermudah operasionalnya, kompetensi inti pada ranah sikap dibedakan menjadi dua, yaitu sikap spiritual dan sikal sosial.

Sikap spiritual terkait dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa.

Sedangkan sikap sosial terkait dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Pemilahan pada ranah sikap ni menjadi hal penting yang membedakan antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Dengan demikian, Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.

1. Kompetensi Inti – 1 (KI-1) : untuk Kompetensi Inti sikap spiritual

2. Kompetensi Inti – 2 (KI-2) : untuk Kompetensi Inti sikap sosial

3. Kompetensi Inti – 3 (KI-3) : untuk Kompetensi Inti sikap pengetahuan

4. Kompetensi Inti – 4 (KI-4) : untuk Kompetensi Inti sikap keterampilan

Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi yang berkaitan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Pengertian Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran

Baca juga :

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka. Di dalam mengkaji Kompetensi Dasar mata pelajaran, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi.
  2. Keterkaitan antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.
  3. Keterkaitan antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar antar mata pelajaran.

Demikian pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar serta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan