Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya

Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya

Amongguru.com. Pada kesempatan kali ini admin akan membagian materi IPA tentang Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menurut hukum kekekalan energi, energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya.

Sesuai dengan bunyi hukum kekekalan energi tersebut, maka dapat dijelaskan bahwa energi tidak dapat dibuat oleh manusia, karena energi sudah tersedia di alam. Manusia hanya bisa merubah bentuk energi.

Terdapat banyak bentuk energi dalam kehidupan, misalnya energi listrik, energi kimia, energi potensial, energi kinetik, energi cahaya, energi bunyi, dan energi

Di dalam menggunakan energi harus secara bijaksana, agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Pemanfaatan energi untuk merusak kehidupan hanya akan menimbulkan penyesalan.

Misalnya penggunaan energi nuklir untuk perang yang menimbulkan banyak korban jiwa dan juga kerusakan lingkungan.

Kali ini saya hanya akan membahas mengenai dua bentuk energi yang sangat dekat dengan kehidupan manusia, yaitu energi kinetik dan energi potensial.

1.  Energi Kinetik

Tahukah Anda, bahwa setiap benda yang bergerak memiliki energi kinetik? Ya… Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda karena benda tersebut memiliki kecepatan (bergerak). Misalnya gerak kincir yang ditiup angin, maka kincir tersebut memiliki energi kinetik.

Contoh lainnya dari energi kinetik adalah gerak jatuhnya buah kelapa ke bawah. Energi kinetik buah kelapa semakin mendekati tanah akan semakin besar, karena tarikan gaya gravitasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik benda

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi energi kinetik sebuah benda, yaitu massa benda dan kecepatan gerak benda.

Mengapa kelajuan sepeda motor lebih besar daripada truk? Jawabannya adalah karena massa sepeda motor lebih kecil daripada massa truk, sehingga kelajuan sepeda motor lebih cepat dibandingkan kelajuan truk. Untuk dapat melaju lebih cepat, maka truk membutuhkan energi yang lebih besar pula.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar massa sebuah benda, maka akan makin besar pula energi kinetikanya. Semakin cepat sebuah benda bergerak, akan semakin besar juga energi kinetiknya.

Massa dan kelajuan adalah dua hal yang mempengaruhi besarnya energi kinetik benda.

Hubungan antara energi kinetik, massa benda,  dan kecepatan benda secara matematis sebagai berikut.

dengan :

Ek = energi kinetik (Joule0

m = massa benda (kg)

v = kecepatan (m2)

2. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya terhdap tanah. Semakin tinggi kedudukan suatu benda, maka akan semakin besar energi potensialnya.

Ketika buah kelapa masih berda di pohonnya, maka buah tersebut memiliki energi potensial karena kedudukannya terhadap tanah. Tetapi apabila buah kelapa tersebut jatuh, buah kelapa memiliki energi kinetik karena geraknya.

Ketika buah kelapa menyentuh tanah, maka energi potensilnya nol, karena kedudukannya terhadap tanah juga nol.

Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya

Faktor-faktor yang mempengaruhi energi potensial benda

Enerngi potensial suatu benda dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu massa benda, percepatan gravitasi bumi, dan ketinggian benda.

Semakin besar massa sebuah benda, akan makin besar pula energi potensialnya. Semakin tinggi kedudukan benda terhadap tanah, juga berakibat energi potensial yang dimilikinya semakin besar. (Lihat juga : Contoh Soal Energi dan Usaha)

Secara matematis, hubungan antara energi potensial, massa benda percepatan gravitasi, dan ketinggian benda dirumuskan sebagai berikut.

Ep = m x g x h

dengan :

Ep = energi potensial (Joule)

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)

h = ketinggian benda (m)

(Baca juga : Pengertian Energi dan Usaha dalam Fisika Lengkap dengan Contoh Soal)

Sekian postingan mengenai Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya.

Semoga informasi mengenai Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik Beserta Contohnya ini bermanfaat untuk referensi belajar Anda.

 

Tinggalkan Balasan