Pengertian Buku Teks dan Buku Ajar, Tujuan, dan Perbedaannya

Pengertian Buku Teks dan Buku Ajar, Tujuan, dan Perbedaannya

Amongguru.com. Buku teks dan buku ajarĀ dapat dijadikan sebagai sarana guru dalam pembelajaran. Buku teks dan buku ajar juga dapat menjadi sumber belajar bagi peserta didik.

Sebagian kita masih beranggapan bahwa buku teks dan buku ajar adalah sama, karena sama-sama berisi materi pelajaran. Sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara buku teks dan buku ajar.

Guru perlu mengetahui perbedaan buku teks dan buku ajar dengan baik, sehingga dapat menggunakan sesuai fungsi dan tujuannya.

Berikut ini adalah pengertian buku teks dan buku ajar, tujuan, dan perbedaannya.

1. Pengertian Buku Teks dan Buku Ajar

Buku teks adalah buku yang disusun untuk proses pembelajaran dan berisi bahan atau materi pelajaran untuk mencapai tujuan pada kurikulum tertentu.

Buku teks merupakan buku pada bidang studi tertentu yang ditujukan untuk peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu sesuai kurikulum yang berlaku.

Sedangkan buku ajar adalah buku penunjang kelengkapan proses pembelajaran yang ruang lingkupnya dibatasi oleh kurikulum dan silabus. Contoh buku ajar adalah modul dan diktat.

2. Penyusun Teks dan Buku Ajar

Buku teks selalu tampil sebagai buku yang standar, karena digunakan pada bidang studi tertentu dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Buku teks disusun oleh para pakar pendidikan.

Baca :

Buku ajar sebagai sarana pendukung untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penulisan buku ajar dapat dilakukan oleh guru sebagai komponen pengembangan profesionalisme guru.

3. Tujuan Penyusunan Buku Teks dan Buku Ajar

Buku teks dibuat untuk membantu peserta didik dalam melaksanakan tujuan kurikulum, karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Buku teks juga menjadi alat bantu guru dalam melaksanakan kurikulum.

Buku ajar dapat digunakan untuk membantu mengurangi waktu guru dalam menyampaikan materi di kelas. Guru akan lebih banyak memiliki waktu dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik.

Buku ajar juga bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar, selain buku teks.

Demikian pengertian buku teks dan buku ajar, tujuan, dan perbedaannya.. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan