Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dalam Pembelajaran IPA

Amongguru.com. Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dalam Pembelajaran IPA.

Pembelajaran berwawasan SETS adalah pembelajaran dengan cara pandang terhadap unsur-unsur SETS, yaitu Science (Ilmu Pengetahuan), Environment (Lingkungan), Technology (Teknologi), dan Society (Masyarakat) yang diturunkan dengan landasan filosofis sebagai suatu kesatuan unsur.

Secara mendasar dapat dikatakan bahwa melalui pendidikan SETS diharapkan siswa akan memiliki kemampuan memandang sesuatu secara terintegratif dengan memperhatikan keempat unsur tersebut, sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengetahuan yang dimilikinya (Achmad Binadja, 2000).

Hakekat SETS dalam pendidikan merefleksikan bagaimana harus melakukan dan apa saja yang bisa dijangkau oleh pendidikan SETS. Hubungan yang tidak terpisahkan antara sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat merupakan hubungan timbal balik dua arah. Hubungan tersebut dapat dikaji manfaat maupun kerugian yang dihasilkan.

Keterkaitan antara unsur-unsur dalam pembelajaran berwawasan SETS dengan sains sebagai fokus perhatiannya dapat digambarkan sebagai berikut.

Keberhasilan pendidikan SETS dengan kedalaman yang memadai sangat relevan untuk memecahkan masalah yang melanda kehidupan sehari-hari. Misalnya masalah pencemaran, pengangguran, bencana alam, kerusuhan sosial, dan sebagainya.

Isu-isu tersebut dapat dibawa ke dalam kelas dan dikaji melalui pendidikan SETS untuk dicarikan pemecahannya. Siswa dilatih agar mampu berpikir secara global dalam memecahkan masalah lokal, nasional, maupun internasional sesuai dengan kadar kemampuan berpikir dan bernalarnya.

Siswa dibimbing untuk memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah di masyarakat dan berperan aktif untuk turut mencari pemecahannya. Pendidikan SETS ini dapat mengatasi kelemahan sistem pendidikan klasik dimana siswa diajak melaju untuk menyelesaikan materi pelajaran, tanpa diketahui dengan jelas implementasi siswa terhadap daya serap materi..

  • Tujuan Pembelajaran Berwawasan SETS (Science Environment Technology Society)

Pembelajaran IPA berwawasan SETS bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa tentang pemikiran yang preventif dan kuratif terhadap lingkungan beserta isinya. Tujuan utama pembelajaran berwawasan SETS adalah bagaimana meembuat orang menolong manusia membuat surga dunia, bukan membuat neraka dalam menghadapi segala aspek kehidupan.

Selain itu, SETS juga dapat menolong manusia bahwa ada persamaan hak bagi seluruh manusia di dunia tanpa membedakan ras dan kekayaan. SETS sesungguhnya harus menolong setiap negara untuk mencapai kemakmuran atas warganya (Achmad Binadja, 2000).

Di dalam pembelajaran berwawasan SETS, kemampuan siswa untuk melihat dan merumuskan masalah yang ada di lingkungannya dan mengaitkannya dengan konsep sains dan teknologi sangat diperhatikan.

Terdapat tiga aspek dominan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran sains, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif menekankan pembelajaran berkaitan dengan fakta dan konsep.

Domain afektif meliputi sikap, nilai, interest, dan pandangan terhadap sains. Sedangkan domain psikomotorik berkaitan dengan keterampilan motorik yang diperlukan untuk kegiatan praktek sains.

Berdasarkan sejumlah pemikiran bervisi SETS, proses pembelajaran sains yang diterapkan dengan baik dan benar, maka keluaran pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk tidak hanya mengingat pengetahuan yang diajarkan. Siswa juga akan memiliki kemampuan memahami dan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dengan tidak merusak lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut Achmad Binadja (2000) menjelaskan bahwa dengan menggunakan pendekatan SETS, siswa dibimbing untuk dapat menemukan dan mengungkap penyebab dari permasalahan yang timbul serta kemungkinannya yang menyebabkan dampak pada lingkungan dan masyarakat di masa yang akan datang.

Hal ini mengandung makna bahwa dalam pendidikan dengan pendekatan SETS memperkenalkan pemikiran yang kuratif dan preventif terhadap lingkungan dan sekitarnya.

  • Penerapan Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dalam Pembelajaran IPA

Penerapan SETS dalam pembelajaran untuk tingkat sekolah disesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa. Sebuah program untuk memenuhi kepentingan siswa harus dibuat dengan menyesuaikan tingkat pendidikan siswa tersebut.

Dalam pembelajaran berwawasan SETS, seperti halnya pembelajaran IPA, pendekatan yang paling sesuai adalah pendekatan SETS itu sendiri. Sejumlah ciri atau karakteristik dari pendekatan SETS menurut Achmad Binadja (200o) adalah sebagai berikut.

  1. Guru tetap memberikan pembelajaran sains.
  2. Siswa dibawa ke situasi untuk memanfaatkan konsep sains ke bentuk teknologi untuk kepentingan masyarakat.
  3. Siswa diminta untuk berpikir tentang berbagai kemungkinan akibat yang terjadi dalam proses pentransferan sains ke bentuk teknologi.
  4. Siswa diminta untuk menjelaskan keterhubungkaitan antara unsur sains yang diperbincangkan dengan unsur-unsur lain dalam SETS yang mempengaruhi keterkaitan antara unsur tersebut bila diubah dalam bentuk teknologi berkenaan.
  5. Dalam konteks kontruktivisme, siswa dapat diajak berbincang tentang SETS dari berbagai macam titik awal tergantung pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa bersangkutan.

Di dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan SETS siswa diminta menghubungkan antar unsur SETS. Pengertiannya adalah siswa menghubungkaitkan antara konsep sains yang dipelajari dengan benda-benda yang berkenaan dengan konsep tersebut pada unsur lain dalam SETS.

Kegiatan ini memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang keterkaitan konsep tersebut dengan unsur lain dalam SETS baik dalam bentuk kelebihan maupun kekurangannya.

Sumber : Achmad Binadja. 2000. Pembelajaran Sains Berwawasan SETS untuk Pendidikan. Semarang: FMIPA UNNES.

Demikian ulasan tentang Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dalam Pembelajaran IPA. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan