Pendaftaran Peserta Peningkatan Kompetensi Guru Umum SMK Bidang Seni Dan Ekonomi Kreatif

Pendaftaran Peserta Peningkatan Kompetensi Guru Umum SMK Bidang Seni Dan Ekonomi Kreatif

Amongguru.com.  Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya akan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Umum SMK Bidang Seni Dan Ekonomi Kreatif tahun 2023.

Ketentuan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Umum SMK Bidang Seni Dan Ekonomi Kreatif tahun 2023, sebagai berikut.

Pola Pelatihan: 52 JP (Luring)

Tempat: Yogyakarta

Pembiayaan: DIPA BBPPMPV Seni dan Budaya Tahun 2023

Kuota: 300 peserta (10 kelas)

Pembukaan Pendaftaran: 4-14 Maret 2023

Pengumuman: 17 Maret 2023

Gelombang 1 (26-31 Maret 2023), Gelombang 2 (8-13 Mei 2023)

Persyaratan Umum

1. Guru Umum di SMK Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif.

2. Berusia maksimal 55 Tahun per 31 Desember 2023; Khusus Kelas Informatika maksimal berusia 50 Tahun.

3. Memiliki NUPTK/Terdaftar di DAPODIK SMK.

4. Pendidikan minimal D4/S1.

5. Mengajar mata pelajaran atau mendapatkan penugasan dari sekolah sesuai dengan jenis pelatihan yang ditawarkan.

6. Mendapatlan izin dari kepala sekolah, dibuktikan dengan surat izin mendaftar dan bersedia mengikuti pelatihan jika terpilih (SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MENGIKUTI PELATIHAN).

7. Membawa laptop ketika pelatihan.

8. Bersedia mengikuti pelatihan sampai dengan tuntas.

9. Memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan masing-masing kegiatan.

10. Bersedia melaksanakan RTL atau mengaplikasikan hasil pelatihan di SMK tempat bertugas sesuai perjanjian/penugasan kerja di SMK

  • Pendaftaran di tutup tanggal 14 Maret 2023
  • Gelombang 1 ( 26-31 Maret 2023 )
  • Gelombang 2 ( 8-13 Mei 2023 )

Jenis Diklat dan Deskripsi Singkat

1. Bahasa Indonesia

Deskripsi Diklat Bahasa Indonesia:

Pendidikan dan Pelatihan untuk mengembangkan strategi pembelajaran berbasis literasi untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia. Tujuan diklat ini para guru mampu (1) menganalisis hasil simulasi Programme for International Student Assesment (PISA); (2) menyusun strategi pembelajaran dengan memperhatikan kelemahan konteks/topik soal sesuai PISA; serta (3) mempraktikkan penyusunan kisi dan soal literasi berbasis soal PISA.

Baca : Edaran Pembukaan Pendaftaran Pelatihan Guru Kejuruan 2023

2. Bahasa Inggris

Deskripsi Diklat Bahasa Inggris:

Pendidikan dan Pelatihan bagi guru-guru Bahasa Inggris di SMK bidang seni dan budaya yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi sekaligus memberikan pemahaman kepada guru-guru mengenai mata pelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka, khususnya implementasinya di SMK bidang seni dan budaya. PKK

3. PKK

Deskripsi Diklat PKK :

Pelatihan ini adalah suatu pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa mengenai etika, nilai (value), kemampuan (ability) dan perilaku (attitude) dalam menghadapi tantangan agar memperoleh peluang dengan berbagai risikonya. Selain itu dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan intelektual dan inspiratif-pragmatis.

4. IPAS

Deskripsi Diklat IPAS:

Pendidikan dan Pelatihan yang bertujuan sebagai sarana guru Mapel IPAS dalam mendalami dan meningkatkan kompetensi mereka dalam implementasi pembelajaran projek IPAS sesuai dengan Kurikulum Merdeka

5. Informatika

Deskripsi Diklat Informatika:

Di dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran mata pelajaran informatika, diperlukan media pembelajaran berbasis android. Sehubungan dengan hal tersebut peserta diklat akan diajak untuk merancang dan menyusun media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan mempresentasikan di dalam kelas diklat.

Hasil karya media pembelajaran akan dievaluasi oleh tim narasumber. Setelah mengikuti diklat ini peserta dapat mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran informatika secara mandiri dan mendiseminasikan kepada kolega di sekolah masing-masing.

6. Matematika

Deskripsi Diklat Matematika

Pendidikan dan Pelatihan yang bertujuan sebagai sarana guru Mapel Matematika dalam mendalami dan meningkatkan kompetensi mereka untuk mengimplementasikan pembelajaran Matematika sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan kontekstual dengan bidang seni dan ekonomi kreatif

Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran peserta peningkatan kompetensi guru umum SMK Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif dapat di baca di sini.

Tinggalkan Balasan