Pemenang Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini Tahun 2020

Pemenang Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini Tahun 2020

Amongguru.com. Sejak pemerintah mengumumkan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah, membuat banyak aktifitas yang telah direncanakan menjadi gagal terlaksana.

Aktifitas tersebut tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan mahasiswa yang telah direncanakan sejak tahun sebelumnya.

Wabah Covid-19 yang sudah menjadi pandemi, memberikan dampak besar kepada segala aspek di dalam kehidupan, salah satunya aspek pendidikan.

Proses pembelajaran di segala jenjang pendidikan mengharuskan untuk dilaksanakan dengan proses daring (online). Kegiatan daring seperti ini dilakukan oleh mahasiswa di rumah mereka masing-masing.

Kondisi pandemi Covid-19 menjadikan mahasiswa lebih adaptif dengan teknologi. Pemanfaatan teknologi yang membuat semua proses yang dilakukan menjadi lebih cepat, efisien dan memberikan manfaat yang lebih luas.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka Pusat Prestasi Nasional yang merupakan sattuan kerja baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Kompetisi Poster, Penulisan Oplini, dan Video Opini untuk mahasiswa, dari mulai jenjang diploma 3 sampai dengan jenjang sarjana.

Tujuan Kompetisi ini adalah untuk memberikan wahana kepada mahasiswa terus produktif, kreatif, dan inovatif dari rumah.

Selain itu, kompetisi juga bertujuan mensosialisasikan Pusat Prestasi Nasional serta Memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional terdiri dari 3 (tiga) kompetisi, yaitu; Kompetisi Poster, Kompetisi Penulisan Opini, dan Kompetisi Video Opini.

Kegiatan yang di launching pada tanggal 3 April 2020 dan ditutup pada tanggal 25 April 2020 mengumpulkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kompetisi ini melebihi dari target yang diharapkan.

Hal ini membuktikan tingginya tingkat minat mahasiswa dalam berkreatif dirumah masing-masing. Total jumlah peserta yang terdaftar mencapai 20.457 Mahasiswa yang terbagi menjadi; 12.906 Mahasiswa mengikuti Kompetisi Poster, 1.163 Mahasiswa mengikuti Kompetisi Video Opini, dan 6.388 Mahasiswa mengikuti kompetisi Penulisan

Kegiatan ini dinilai dengan 2 tahapan, yaitu tahap administrasi dan tahap substansi yang dinilai oleh tim pakar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Hasil dari proses kompetisi yang telah dilaksanakan ini berupa terpilihnya karya-karya terbaik mahasiswa Indonesia di tengah wabah Covid-19.

Pemenang Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini Tahun 2020

Kepala Pusat Prestasi Nasional, Sekjen Kemdikbud telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 0176/J3/KP/2020 tentang Hasil Penilaian Kompetisi Poster, Opini,Video Opini Tahun 2020.

Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini bagi mahasiswa merupakan salah satu wahana presentasi mahasiswa yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler di perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan mengisi produktivitas bagi mahasiswa pada masa Pandemik Covid-19.

Untuk itulah, maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengadakan Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini bagi Mahasiswa Tahun 2020.

Dengan telah dilaksanakannya kompetisi poster, opini, dan video opini bagi mahasiswa tahun 2020, maka Juri memandang perlu untuk memberikan penilaian terhadap kegiatan tersebut.

Berikut ini hasil penilaian dengan urutan pemenang kompetisi poster, opini, dan video kompetisi bagi mahasiswa tahun 2020.

Hasil Penilaian Kompetisi Poster, Opini, dan Video Opini 2020 (Unduh)

Pers Rilis Kompetisi Puspresnas Bidang Dikti 2020 (Unduh)

Demikian informasi pemenang kompetisi poster, opini, dan video opini tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan