Pemasangan Tenda Pramuka Untuk Kegiatan Berkemah Secara Mudah dan Praktis

Pemasangan Tenda Pramuka Untuk Kegiatan Berkemah Secara Mudah dan Praktis

Amongguru.com. Setiap kegiatan perkemahan dalam Pendidikan Kepramukaan, biasanya  diawali dengan pendirian tenda Pramuka. Tenda Pramuka atau tenda regu dipilih dalam berkemah karena mampu menampung orang dalam kapasitas banyak. Tenda regu mampu menampung satu regu Pramuka, antara 8 – 10 orang anggota.

Pemasangan Tenda Pramuka Untuk Kegiatan Berkemah Secara Mudah dan Praktis

Kelebihan dari tenda Pramuka adalah kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis tenda lainnya.

Tenda Pramuka dirancang untuk dapat bertahan dari iklim atau cuaca yang ekstrem, seperti di pegunungan atau hutan. Karena ukurannya yang besar, maka untuk mendirikan tenda ini pun dibutuhkan orang dalam jumlah yang lebih banyak.

Bentuk-bentuk Tenda Dalam Berkemah

Selain tenda Pramuka (tenda Regu), ada beberapa jenis tenda lainnya yang dapat digunakan untuk berkemah, yaitu tenda Dome, tenda Induk, tenda Segitiga/kerucut, dan tenda Bivak.

  • Tenda Dome

Sesuai dengan namanya, maka tenda ini berbentuk Dome atau setengah Lingkaran, Pendirian tenda Dome cukup mudah dan praktis.

Biasanya, tiang-tiang penyangga sudah tersedia dalam paket pembelian tenda serta mudah dalam penyimpanananya, karena gampang dilipat.

Cara mendirikan tenda ini adalah dengan memasang stick/fiber ke dalam tempatnya masing-masing dan tenda sudah berdiri dan siap dihuni.

  • Tenda Induk

Tenda induk biasanya digunakan untuk Posko tim SAR atau POLRI, Posko Bencana Alam dan posko kegiatan lainnya. Tenda jenis ini biasanya berukuran sangat besar, sehingga mampu menampung lebih banyak orang.

Cara mendirikannya tinggal memasukkan stick pada tempatnya, mendirikan tendanya, selanjutnya memasang patok dan tenda siap digunakan.

  • Tenda Segitiga/Kerucut

Pada Tenda Segitiga/Kerucut biasanya tidak disertai dengan peralatan, seperti adanya fiber atau tiang yang dapat dilipat.

Cara mendirikan Tenda Segitiga/Kerucut yaitu dengan cara mengikat (memberikan patok) tiap sudutnya yang kemudian pada ujung bagian atap (atas) diikat dan dikaitkan pada ranting atau pohon yang kuat dan siap dihuni.

  • Tenda Bivak

Tenda Bivak merupakan tenda darurat yang hanya terbuat dari selembar kain saja. Selain terbuat dari kain, tenda Bivak juga ada yang terbuat dari plastik.

Ukuran dari lembaran kain tidak memiliki panduan khusus, bebas dan dalam ukuran yang beraneka ragam.

Untuk mendirikan tenda Bivak, biasanya akan membutuhkan dua batang pohon sejajar yang akan difungsikan sebagai tiang penyangga untuk menggantung sebuah tali).

Selanjutnya, tali diikatkan pada batang pohon dengan ketinggian sesuai selera, lalu lembaran kain di telungkupkan begitu saja. Ikat tiap ujung lembarannya dan kaitkan pada sebuah patok, selesai dan siap untuk dihuni.

Cara Pemasangan Tenda Pramuka

Ada beberapa jenis tenda yang dapat digunakan dalam kegiatan kepramukaan, akan tetapi untuk kegiatan berkemah yang baik, maka tenda yang digunakan sebaiknya merupakan tenda standar yang mendirikannya dengan menggunakan tali dan patok.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan dan ketangkasan anggotanya dalam kegiatan berkemah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan sebelum mendirikan tenda Pramuka sebagai berikut.

  • Cari lahan yang cukup luas dan lapang
  • Sediakan minimal 2 tiang (lebih banyak lebih baik).
  • Siapkan patok minimal 8 buah
  • Sediakan tambang pramuka secukupnya
  • Gunakan simpul pangkal dan ikatan palang atau ikatan silang

Berikut ini cara mendirikan tenda yang benar dan baik dalam kegiatan berkemah pramuka.

  1. Periksa, bersihkan, dan amankan terlebih dahulu area atau wilayah tempat yang akan dipasangi tenda.
  2. Persiapan perlengkapan dan peralatan untuk memasang tenda, seperti tenda, tiang, patok, tali, dan palu kecil.
  3. Buka lembaran tenda untuk mengetahui besarnya dan tentukan arah dan sudut tenda.
  4. Pasang tiang tenda sesuai posisinya, dalam hal ini pada sudut-sudut tenda yang bersangkutan.
  5. Tancapkan patok-patok pada tiap sudut tenda dan pintu tenda.
  6. Setelah menegakan tiang tongkat, ambil tali, lalu ikatkan pada patok yang sudah tertancap di tanah. Begitupun dengan tiang depan, ikatkan talinya.
  7. Pasang pendukung tenda, seperti, lampu, pagar, dan gerbang.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Pemasangan Tenda Pramuka Untuk Kegiatan Berkemah Secara Mudah dan Praktis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan