Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018

Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018

Amongguru.com. Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini dihadapkan pada tantangan yang berat, di satu sisi harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan makin tingginya tuntutan masyarakat, di sisi lain harus mampu beradaptasi dengan dinamika zaman sejalan dengan era industri 4.0.

Dalam kondisi demikian, tugas kita bersama adalah mendorong terwujudnya ASN yang bersih, profesional, dan melayani.

Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018
Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018

Ajang Anugerah ASN Tahun 2018 adalah sebuah ikhtiar untuk memilih dan mendapatkan sosok ASN panutan (role model) yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat.

ASN terpilih ini kelak akan menjadi role model dan duta ASN yang mampu memotivasi dan menginspirasi ASN lainnya untuk menorehkan prestasi dalam mengemban tugas jabatan.

Anugerah ASN Tahun 2018 ini dibagi kedalam 2 (dua) kategori, yaitu kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif. Untuk PPT Pratama Teladan kepesertaannya adalah para PPT Pratama dan pola pengusulannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat Berwenang (PyB).

Sedangkan untuk PNS Inspiratif kepesertaanya terbuka untuk semua PNS dan pola pengusulannya dilakukan oleh instansi dan/atau warga masyarakat.

A. Latar Belakang

Tugas pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

Sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa kepada ASN yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya dapat diberikan penghargaan.

Dalam rangka mendapatkan sosok ASN panutan yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat, diselenggarakan Anugerah ASN Tahun 2018 yang di dalamnya terdiri dari anugerah bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan anugerah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif Tahun 2018.

B. Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 adalah :

  1. mendapatkan sosok ASN yang dapat dijadikan panutan, yaitu PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif;
  2. memberikan penghargaan kepada PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi maupun masyarakat;
  3. mendiseminasi dan mengedukasi publik bahwa saat ini banyak sosok PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang telah memberikan pengabdian terbaiknya bagi kepentingan bangsa dan negara; dan
  4. mendapatkan basis data talenta PPT Pratama dan PNS terbaik yang kapabel dan akseptabel sebagai raw input bagi talent pool nasional alternatif.

C. Manfaat

Manfaat penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

  1. Adanya role model nasional PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang nantinya akan menjadi “Duta ASN”;
  2. Tumbuhnya motivasi dan inspirasi di jajaran ASN untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja, serta menjadi teladan bagi ASN lainnya maupun bagi masyarakat pada umumnya;
  3. Terbangunnya persepsi masyarakat yang positif terhadap keberadaan ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa;
  4. Adanya talent pool nasional alternatif yang dapat memperkuat sistem menajemen talenta ASN nasional.

D. Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 sebagai berikut.

  1. Terpilihnya 10 (sepuluh) nomine Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan;
  2. Terpilihnya 15 (lima belas) nomine Pegawai Negeri Sipil Inspiratif;
  3. Terpilihnya 3 (tiga) pemenang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan;
  4. Terpilihnya 3 (tiga) pemenang Pegawai Negeri Sipil Inspiratif.
  5. Keenam PNS yang menjadi pemenang tersebut akan dinobatkan sebagai penerima Anugerah PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif Tahun 2018.

E. Pengertian, Persyaratan, dan Teknis Pelaksanaan

1.  Pengertian

  • PPT Pratama Teladan
    Adalah sosok PPT Pratama panutan yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh karena memiliki integritas, kompetensi, kinerja dan inovasi yang tinggi dalam memajukan organisasi.
  • PNS Inspiratif
    Adalah sosok PNS panutan yang mampu mengilhami, menggerakan, membangkitkan dan mengobarkan semangat bagi diri dan lingkungannya untuk melakukan sesuatu yang positif dan berguna.

2. Persyaratan dan Aspek Penilaian

  • Persyaratan Peserta

PPT Pratama Teladan

a. Diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang Berwenang.
b. Memiliki karya inovasi pada saat menduduki JPT Pratama dalam mendukung pelaksanaan tugas organisasi, dibuktikan dengan tes-timoni dan/atau keterangan dari pimpinan, rekan sejawat dan bawahan;
c. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dan tidak pernah melakukan pelanggaran
kode etik, dibuktikan oleh surat keterangan dari Pejabat Berwenang;
d. Memiliki integritas, moral, dan rekam jejak jabatan yang dapat dijadikan teladan, dibuktikan oleh surat keterangan dari Pejabat Berwenang;
e. Menyusun dan menyerahkan berbagai dokumen portofolio yang akan dinilai kepada panitia seleksi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

PNS Inspiratif

a. Diusulkan oleh masyarakat dan/atau instansi.
b. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dan melakukan pelanggaran kode etik.
c. Memiliki kiprah nyata dan/atau karya inovasi yang inspiratif dan fenomenal yang
berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, yang dibuktikan dengan unggahan foto dan/atau video, serta deskripsi singkat.
d. Memiliki integritas moral dan rekam jejak yang baik dan patut ditiru atau dicontoh. Kiprah nyata yang bersangkutan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga memotivasi dan menginspirasi PNS dan komponen masyarakat lainnya.

  • Aspek Penilaian PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif

PPT Pratama Teladan

Aspek-aspek penilaian PPT Pratama Teladan pada dasarnya mengacu pada Permenpan Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN dengan komposisi 55 % untuk aspek Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural serta 45 % untuk aspek Kompetensi Teknis.

PNS Inspiratif

Aspek-aspek penilaian PNS Inspiratif antara lain aspek enabler (50 %) yaitu pembelajaran dan pengembangan diri, profesionalitas dalam pelaksanaan tugas, harmoni kehidupan, dan kontribusi sosial budaya.

Serta aspek result (50 %) atau hasil, yaitu karya nyata dan penciptaan nilai tambah, kesinambungan dan konsistensi prestasi kerja, kepeloporan dan daya inspirasi, serta pengembangan budaya dan nilai-nilai kebangsaan.

Pedoman pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018 secara lengkap dapat Anda unduh di sini.

Demikian Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan