Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023

Amongguru.com. Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023 telah diterbitkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek.

Pedoman OSN SD Tahun 2023 ini sebagai acuan bagi daerah dan pusat dalam penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD tahun 2023.

Latar Belakang

Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya.

Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

Menindaklanjuti hal di atas, Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Selain itu, melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi.

Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

Dasar Hukum

Dasar hukum sebagai landasan pelaksanaan OSN-SD sesuai Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang No. 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

3. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013.

4. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010.

5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 11 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 45 Tahun 2019 tentang Organsasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

11. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia beserta perubahannya.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Berdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023, tujuan umum OSN-SD Tahun 2023 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar kreativitas, dan motivasi berprestasi.  Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai- nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan khusus OSN-SD Tahun 2023 sesuai Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

b. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

c. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat.

e. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

f. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Tema

Tema OSN-SD tahun 2023 adalah “Berprestasi Membangun Kolaborasi

Sasaran

Sasaran seleksi OSN-SD tahun 2023 menurut Pedoman OSN SD Tahun 2023 adalah peserta didik sekolah dasar yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kab./Kota
(OSN-K), Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P) dan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup OSN-SD Tahun 2023 ini meliputi sebagai berikut.

1. Pedoman Pelaksanaan OSN-SD sebagai pedoman pelaksanaan OSN-SD 2023 dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab.

2. Panitia pelaksanaan OSN-SD 2023 adalah Balai Pengembangan Talenta Indonesia bekerjasama dengan akademisi dan praktisi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

3. Jangkauan wilayah pelaksanaan OSN-SD 2023 adalah seluruh peserta didik dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia.

4. Pelaksanaan OSN-SD 2023 dilaksanakan 3 (tiga) tahap yaitu Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kab./Kota (OSN-K), Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P) dan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional.

5. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kab./Kota (OSN-K) dan Tingkat Provinsi (OSN-P) dilaksanakan secara daring yang dilakukan di sekolah atau tempat yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan setempat.

6. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring yang dilakukan di tempat yang ditentukan oleh panitia pusat.

7. Penjurian dilakukan oleh tim juri yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

8. Hasil penilaian dari juri selanjutnya ditetapkan dan diumumkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Penyelenggara

Penyelenggara OSN-SD tahun 2023 terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut.

1. Panitia Pusat: Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

2. Tim Juri: Praktisi, Akademisi dan unsur lain yang relevan.

3. Tim Teknologi Informasi.

Strategi Pelaksanaan

1. OSN-SD tahun 2023 ini dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap yaitu:

a. OSN-K dan OSN-P dilaksanakan secara daring.

b. OSN Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring.

2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi dan media lain yang telah disediakan oleh panitia pusat.

3. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Bidang Kompetisi

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN-SD Tahun 2023 sesuai Pedoman OSN SD Tahun 2023, yaitu:

1. Matematika; dan

2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Persyaratan

1. Peserta

Peserta OSN-SD tahun 2023 memenuhi persyaratan sebagai berikut.

a. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.

b. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2023 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.

c. Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA.

d. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.

e. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

2. Pendamping OSN Tingkat Nasional

Pendamping OSN Tingkat Nasional tahun 2023 memenuhi persyaratan sebagai berikut.

a. Pendamping adalah petugas yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Surat Tugas.

b. Pendamping OSN Tingkat Nasional berjumlah 2 (dua) orang pembina lomba terdiri dari 1 bidang Matematika dan 1 bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina mampu melakukan moderasi jawaban peserta dengan tim juri.

Registrasi/Pendaftaran Peserta

Berikut ini ketentuan registrasi peserta sesuai Pedoman OSN SD Tahun 2023.

1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.

3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SD secara akurat dan benar.

5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran.

Prosedur Pelaksanaan

Sesuai Pedoman Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023, OSN-SD tahun 2023 dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut.

1. OSN-K

a. Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat.

b. Waktu pelaksanaan Uji Coba pada tanggal 2 – 3 mei 2023

c. Waktu pelaksanaan pada 8 – 9 Mei 2023.

d. Sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) peserta per bidang.

e. Babak ini memilih maksimal 5 orang peserta untuk mewakili kabupaten/kota pada OSN-P.

f. Peserta yang lolos OSN-K untuk setiap bidang ditetapkan

g. Balai Pengembangan Talenta Indonesia mengumumkan hasil OSN-K melalui laman website Pusat Prestasi Nasional dan media lain.

2. OSN-P

a. Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat.

b. Waktu uji coba pada tanggal 29-30 Mei 2023

c. Waktu pelaksanaan pada 19-20 Juni 2023.

d. Hasil OSN-P akan memilih 114 orang per bidang lomba sebagai peserta OSN Tingkat Nasional yang terdiri dari:

1) Peserta ranking nasional sebanyak 76 orang

2) Peserta perwakilan provinsi masing-masing 1 (satu) orang (1 x 38 = 38 orang)

e. Pada peserta ranking nasional, setiap provinsi dapat diwakili oleh maksimal 5 orang per bidang. Oeh karena itu, setiap provinsi akan diwakili oleh minimal 1 peserta dan maksimal 6 peserta per bidang.

f. Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh maksimal 2 orang peserta per bidang pada OSN Tingkat Nasional.

g. Peserta yang lolos OSN-P untuk setiap bidang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan akan mengikuti OSN Tingkat Nasional
tahun 2023.

h. Balai Pengembangan Talenta Indonesia mengumumkan hasil OSN-P melalui laman website Pusat Prestasi Nasional

i. dan media lain.

3. OSN Tingkat Nasional

a. Dilaksanakan secara luring di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

b. Waktu pelaksanaan pada 27 Agustus – 2 September 2023.

c. Jumlah peserta pada Tingkat Nasional sebanyak 114 orang per bidang lomba.

Mekanisme Kompetisi

1. OSN-K

a. Waktu pelaksanaan selama 60 (enam puluh menit) untuk masing-masing bidang lomba.

b. Soal untuk bidang kompetisi:

1) Matematika terdiri atas 30 (tiga puluh) soal pilihan jamak (PJ).

2) IPA terdiri atas 60 (enam puluh) soal pilihan jamak (PJ).

c. Peserta tidak diperkenankan:

1) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris.

2) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

2. OSN-P

a. Waktu pelaksanaan selama 60 (enam puluh menit) untuk masing-masing bidang lomba.

b. Soal untuk bidang kompetisi:

1) Matematika terdiri atas 20 (dua puluh) soal isian singkat.

2) IPA terdiri atas 20 (dua puluh) soal isian singkat.

c. Peserta tidak diperkenankan:

1) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris- Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris.

2) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

3. OSN Tingkat Nasional

a. Pelaksanaan OSN Tingkat Nasional diselenggarakan secara luring.

b. Peserta mengikuti pedoman pelaksanaan OSN SD tahun 2023 sebagai berikut:

1) Bidang Kompetisi Matematika

a) Kompetisi hari pertama

• Tes Teori I: isian singkat 25 soal dengan waktu 60 menit.
• Istirahat 30 menit.
• Tes Teori II: uraian 13 soal dengan waktu 90 menit.

b) Kompetisi hari kedua

Tes Eksplorasi terdiri dari 6 soal dengan waktu 120 menit.

2) Bidang Kompetisi IPA

a) Kompetisi hari pertama

• Tes Teori I: pilihan Jamak (PJ) 60 soal dengan waktu 60 menit.
• Istirahat 30 menit.
• Tes Teori II: uraian 10 soal dengan waktu 90 menit.

b) Kompetisi hari kedua

Tes eksperimen dengan waktu 120 menit.

c. Peserta tidak diperkenankan:

1) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris,

2) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan OSN-SD tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Sosialisasi OSN-SD tahun 2023 : Minggu Ke 3 Bulan Maret.

2. Pendaftaran Peserta OSN-SD : 15 Maret- 18 April 2023.

3. Ujicoba aplikasi dan simulasi kompetisi : April – Mei 2023.

4. Pelaksanaan OSN-K : 8 – 9 Mei 2023

5. Pengumuman peserta yang lolos ke OSN-P : Minggu Ke-4 Mei 2023.

6. Pelaksanaan OSN-P : 19 – 20 Juni 2023

7. Pengumuman peserta yang lolos ke OSN Tingkat Nasional : Minggu Ke-2 Juli 2023

8. Pelaksanaan OSN Tingkat Nasional : 27 Agustus – 2 September 2023

* jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan di website dan sosial media (Instagram dan Twitter) Pusat Prestasi Nasional.

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Baca :

Demikian Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SD Tahun 2023. Semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *