Pedoman FIKSI Jenjang SMA MA SMK Tahun 2023

Pedoman FIKSI Jenjang SMA MA SMK Tahun 2023

Amongguru.com. Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023 telah diterbitkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Puspresnas, Kemendikbudristek.

Pedoman FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023 diterbitkan sebagai acuan penyelenggaraan, sehingga diharapkan semua pihak yang terkait dalam kegiatan dapat memahaminya agar ajang ini dapat terselenggara dengan lancar dan baik.

Penyelenggaraan FIKSI jenjang pendidikan menengah tahun 2023 pada jenjang SMA terdiri dari 6 cabang lomba yaitu: 1) Kriya; 2) Game, Aplikasi & Video Animasi; 3) Fashion; 4) Desain Grafis; 5) Boga; 6) Lintas Usaha.

Sedangkan untuk jenjang SMK. yang dilombakan merupakan spektrum dari cabang keahlian SMK, yaitu: 1) Agribisnis, Agroteknologi, dan Kemaritiman; 2) Kesehatan dan Wirausaha Sosial; 3) Pariwisata dan Kuliner; 4) Industri Kreatif; dan 5) Teknologi Digital.

Latar Belakang

Pemulihan kondisi ekonomi dunia pasca-pandemi menghadapi tantangan besar dengan maraknya prediksi akan terjadinya resesi ekonomi pada tahun 2023.

Di dalam kondisi ini, setiap pemimpin negara dan para pemimpin organisasi mau tidak mau harus menghadapi kondisi lingkungan yang mengalami perubahan sangat cepat, tidak pasti, kompleks, dan ambigu (VUCA = volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) karena transformasi digital atau perkembangan teknologi dan dinamika sosial.

Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah perusahaan start-up dan UMKM di Indonesia melakukan pemecatan (lay-off) terhadap para karyawannya, dan bahkan tidak sedikit pula yang mengalami kebangkrutan.

Akibatnya, jumlah kesempatan kerja semakin berkurang dan tingkat persaingan kerja bagi usia kerja produktif di Indonesia menjadi semakin tinggi.

Kondisi VUCA yang oleh banyak negara diyakini akan membawa dampak resesi pada tahun 2023 ini memerlukan respons generasi muda yang lincah, kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang untuk menciptakan nilai produk dan layanan yang memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat melalui aktivitas kewirausahaan.

Terlebih Indonesia adalah negara yang sedang mengalami bonus demografi yang harus dikelola dengan baik, agar tidak terjadi sebaliknya (bencana demografi).

Hal ini menjadi momentum yang tepat bagi para siswa-siswi SMA/MA dan SMK untuk berkontribusi dalam aktivitas kewirausahaan; sebagai wadah kreativitas dan inovasi yang menjadi modal utama pengembangan kompetensi diri dalam rangka menghadapi persaingan kerja yang semakin dinamis.

Di dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan minat wirausaha sejak dini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMA/MA dan SMK tahun 2023.

Program FIKSI merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik menengah, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional.

Dengan adanya FIKSI sebagai wadah kreativitas dan inovasi,  maka peserta akan lebih mempunyai kesempatan pengembangan ide lebih kreatif dan inovatif.

Kemampuan soft skill dasar yang harus dikuasai oleh lulusan SMA/MA dan SMK antara lain, yaitu kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, dan berjiwa wirausaha.

Peserta inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK di Indonesia, yang merupakan generasi Post Millennial sebagai generasi adaptif.

Generasi ini perlu merespons berbagai fenomena masa kini dengan menciptakan aktivitas bisnis yang mencakup pertimbangan terhadap aspek-aspek sosial budaya, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, transportasi, penggalangan dana, dan lain lain.

Generasi post millennial perlu mengasah kepekaan dan empati, serta menyikapi peluang, berikut eksistensi pergaulannya, melalui bisnis yang merespon permasalahan di sekitarnya dengan cara-cara kreatif, sekaligus mengaktivasi teknologi.

Pemahaman terhadap pilar-pilar Pembangunan Berkelanjutan (people, planet, prosperity, peace, & partnership) menjadi perhatian tersendiri, sehingga kesadaran dalam mengangkat potensi sumber daya lokal sebagai solusi pun menjadi esensial.

Pedoman FIKSI Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023

Dasar Hukum

Dasar Hukum penyelenggaraan FIKSI berdasarkan Pedoman FIKSI Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan.

3. Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

6. Peraturan Menteri Pend kiidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler.

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

8. Permendikbud No. 27 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata kelola Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

9. Permendikbud No. 28 Tahun 2021 Organisasi dan Tata kelola Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

10. Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

11. Kepmendikbudristek RI Nomor 455/O/2022 tahun 2023 tentang Rincian Tugas Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

12. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 20202024.

13. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Balai Pengembangan Talenta Indonesia Tahun 2023, DIPA-023.01.2.69.516/2023, tanggal 30 November 2022.

Tujuan

Sesuai Pedoman FIKSI Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023, tujuan penyelenggaraan FIKSI jenjang SMA/MA dan SMK adalah sebagai berikut.

1. Menumbuhkan generasi wirausaha muda kreatif dengan wawasan sosial.

2. Membangun jiwa wirausaha peserta didik melalui kegiatan Merdeka Belajar.

3. Merupakan wahana bagi peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang berbasis kearifan lokal untuk mengasah kepedulian, karakter positif dan strategis, produktif, kreatif, dan inovatif.

4. Mempersiapkan peserta didik SMA/MA dan SMK untuk tangguh dan mampu bersaing secara global.

5. Memberikan bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha mandiri.

6. Mengaktivasi empati, daya inovasi, dan membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada peserta didik.

7. Membentuk jejaring dan kolaborasi yang dapat mendukung kegiatan wirausaha, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya.

8. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMA/MA dan SMK.

9. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan muncul dari program FIKSI jenjang SMA/MA dan SMK adalah sebagai berikut.

1. Terwujudnya generasi wirausaha muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan.

2. Tumbuhnya jiwa wirausaha peserta didik melalui kegiatan merdeka belajar.

3. Terciptanya wahana bagi peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang berbasis kearifan lokal untuk mengasah kepedulian, karakter positif dan strategis, produktif, kreatif, dan inovatif.

4. Terbentuknya peserta didik SMA/MA dan SMK untuk tangguh dan mampu bersaing secara global.

5. Adanya bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha mandiri.

6. Terbentuk empati, daya inovasi, dan membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada peserta didik.

7. Terbentuknya jejaring dan kolaborasi yang dapat mendukung kegiatan wirausaha, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya.

8. Terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMA/MA dan SMK.

9. Terwujudnya media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat.

Sasaran

Berdasarkan Pedoman FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023, maka sasaran kegiatan FIKSI adalah peserta didik SMA/MA dan SMK aktif pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berasal dari 38 Provinsi seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Pembiayaan

Biaya pelaksanaan FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023 dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Balai Pengembangan Talenta Indonesia Tahun 2023.

Bidang lomba dan Target Peserta

Bidang lomba dan target peserta FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Bidang Lomba dan Target Peserta SMA/MA

Bidang Lomba FIKSI SMA/MA

2. Bidang Lomba dan Target Peserta SMK

Bidang Lomba FIKSI SMK

Bidang lomba berdasarkan acuan dari program kegiatan keahlian terhadap siswa yang telah SMK lakukan dengan kategori perencanaan dan pengembangan bisnis.

Target peserta FIKSI jenjang SMK tahun 2023, penetapannya yaitu dengan merujuk pada total jumlah program keahlian yang tersebar seluruh SMK di Indonesia

Kategori Lomba

FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023

1. Kompetisi Rencana Usaha

Kompetisi rencana usaha adalah kompetisi yang bisa peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK ikuti, yang baru memiliki ide usaha dan dapat dituangkan dalam format perencanaan usaha dan diimplementasikan.

2. Kompetisi Pengembangan Usaha

Kompetisi pengembangan usaha adalah kompetisi yang tertuju kepada peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang sudah menjalankan usaha pribadi (bukan merupakan produk usaha sekolah) sesuai dengan bidang lomba.

Jadwal Kegiatan

Berikut ini adalah jadwal kegiatan FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023.

Jadwal FIKSI 2023

Catatan:

Setiap peserta, sebaiknya mencermati poin 8 dan 11, yaitu persiapan penilaian menuju tahap-tahap seleksi, peserta terus mengupdate dan memperbaiki materi penilaian sehingga pada saatnya tinggal memasukkan sebagai syarat per tahap seleksi tanpa harus menunggupengumuman lolos seleksi per tahap

Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan