Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI 2021

Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI 2021

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI Tahun 2021.

Terkait dengan hal tersebut, maka Pusat Prestasi Nasional telah menerbitkan Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI Tahun 2021.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 memasuki pelaksanaan kali ke-6 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016.

FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan.

Sasaran pelaksanaan FIKSI, yaitu siswa SMA/MA yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan. FIKSI tahun 2021 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya.

Kegiatan ini harapannya juga dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

Karena pada tahun ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan FIKSI 2021 secara daring.

Baca : Edaran Pelaksanaan Lomba-Lomba Pendidikan Khusus 2021 Puspresnas

Oleh karena itu, harapannya siswa dapat memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.

Pedoman FIKSI ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan FIKSI sebagai panduan bagi penyelenggara FIKSI tahun 2021.

Tema FIKSI 2021 adalah “Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh”. Tema tersebut merefleksikan semangat keberanian menghadapi masa depan yang ditentukan sejak kini, oleh mereka yang mampu memanfaatkan jejaring secara cerdas.

Kepekaan dan empati terhadap 5 pilar keberlanjutan, yaitu People, Planet, Prosperity, Peace, dan Partnership. Lima pilar tersebut untuk menghadapi tantangan SDG 2030, serta capaian Pengelolaan Talenta yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia, juga menjadi perhatian tersendiri.

Hasil Kegiatan

Harapan hasil kegiatan FIKSI 2021 adalah sebagai berikut.

1. Siswa SMA/MA memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.

2. Siswa SMA/MA memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengakselerasi usahanya.

3. Calon wirausaha muda kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan.

4. Siswa SMA/MA mendapatkan model praktik pembelajaran kewirausahaan serta pengetahuan untuk keberlanjutan usahanya;.

5. Terbentuknya jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya.

8. Terwujudnya aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan membangun rasa tanggung jawab, dan kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

7. Terbentuknya kemampuan kolaborasi dan kerja sama tim yang baik.

8. Terlatihnya siswa untuk menyusun rencana usaha yang baik, termasuk dalam mengidentifikasi serta memberdayakan sumber daya lokal.

Sasaran

Sasaran FIKSI 2021 adalah sebagai berikut.

Siswa SMA/MA se-Indonesia yang memiliki minat dan bakat untuk mengembangkan kemampuan wirausaha melalui pembuatan rencana usaha. Rencana usaha disusun secara individual dan/atau kelompok, dengan mengatasnamakan SMA/MA tempat siswa sekolah.

Persyaratan Lomba

FIKSI merupakan kompetisi kewirausahaan siswa SMA/MA tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Berikut kualifikasi persyaratan yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta.

1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

2. Siswa SMA/MA yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII negeri ataupun swasta (dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/KTM) dan surat pengantar atau surat tugas dari sekolah pada saat tahap final, baik perorangan ataupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.

3. Setiap peserta memilih salah satu dari 2 kategori, yaitu : Kategori Rencana usaha (business plan), yang merupakan gagasan sendiri (original) dan/atau pengembangan dari ide yang sudah ada ; dan Kategori Bisnis Berjalan (On-going Business), yang merupakan penjelasan mengenai bisnis milik peserta dalam jangka waktu tertentu.

4. Peserta yang lolos sampai tahap final, tidak boleh mendapatkan ganti siswa lain.

5. Peserta FIKSI 2021 yang berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.

6. Setiap peserta perorangan/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul Usaha.

7. Setiap peserta perorangan/kelompok yang pernah menjadi pemenang, yaitu peraih medali emas, perak, dan perunggu pada FIKSI 2016-2020, maka tidak boleh mendaftar sebagai peserta FIKSI 2021.

8. Produk dan jasa merupakan karya yang belum pernah menang/ masuk kategori pemenang pada FIKSI 2016-2020 maupun lomba di bidang/kategori sejenis di tingkat nasional (Kementerian) atau lebih tinggi (pembuktian dengan melampirkan surat pernyataan).

9. Keaslian karya dan isi/konten produk/jasa merupakan produk inovasi siswa dan tidak sedang dalam sengketa atau klaim dari pihak lain. (Pembuktian dengan melampirkan surat pernyataan).

10. Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika:

a. karya terbukti tidak orisinil atau menjiplak karya lain,

b. sedang dalam sengketa,

c. mendapatkan klaim dari pihak lain, dan

d. tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2021.

11. Keputusan Panitia dan juri FIKSI 2021 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

12. Pelaksanaan Pendaftaran secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi.

Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada link berikut ini.

 

Unduh

Demikian Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia FIKSI 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan