Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017

Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017

Amongguru.com. Pemerintah secara resmi telah membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2017. Pada tahap I, pemerintah menerima seleksi CPNS untuk formasi Kemenkumham dan Mahmakah Agung yang pendaftarannya telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 kemarin.

Sedangkan pada tahap II, pemerintah mulai bulan September 2017 menerima kembali seleksi CPNS untuk 61 instansi, yang terdiri dari 60 Kementerian dan Lembaga serta 1 Provinsi Pemerintah, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Baca kembali : Informasi Resmi Lowongan Kerja CPNS Tahap II Tahun 2017.

Pelaksanaan  penerimaan CPNS tahun 2017 ini dilaksanakan secara online dengan sistem CAT, melalui tahapan-tahapan seleksi. Tahapan seleksi tersebut, meliputi seleksi administrasi, verifikasi dokumen, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Berdasarkan tahapan tersebut, maka CPNS yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan verifikasi dokumen, harus benar-benar mempersiapan diri untuk mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang. Kelulusan CPNS ditentukan oleh integrasi nilai antara SKD dan SKB.

CAT adalah singkatan dari Computer Assisted Test, merupakan bentuk tes untuk merekrut CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, sehingga ujian tidak lagi membutuhkan kertas, pensil 2B, dan papan ujian seperti dalam sistem lembar jawab manual.

Di dalam sistem CAT dibutuhkan peralatan komputer dan software yang nantinya disediakan instansi yang mengadakan tes CPNS.

Sistem CAT dalam seleksi CPNS mulai dilakukan pada sejak tahun 2013. Metode ini dilaksanakan serempak secara bertahap, baik untuk kepentingan penerimaan CPNS tingkat nasional maupun penerimaan CPNS di tingkat daerah. Sistem CAT dalam penerimaan CPNS sebagai pengganti sistem manual merupakan salah satu bentuk ujian yang bersifat terbuka dan transparan, sehingga kecil kemungkinan untuk dapat disebarluaskan atau bocor.

Peserta ujian dapat langsung melihat nilai mereka setelah selesai mengerjakan soal, sehingga dapat lebih efektif dari sisi waktu melihat pengumuman hasil ujian.

Memahami materi soal tes CPNS sangatlah penting bagi pelamar yang akan mengikuti seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Dengan mengetahui gambaran soal tes CPNS, maka pelamar akan lebih terfokus dalam mempelajari materi yang akan dikeluarkan pada soal.

Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017

Materi Soal CAT CPNS disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan peraturan ini, maka Soal CAT CPNS terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD)dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Materi soal Seleksi Kompetensi Dasar

Materi soal CAT CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri atas tiga bentuk sebagai berikut.
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),
2. Tes Intelejensi Umum (TIU);
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Rincian materi pokok soal CAT CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dapat dilihat di bawah ini.

  • Tes Wawasan Kebangsaan 

Tes Wawasan Kebangsaan adalah tes yang digunakan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pilar Kebangsaan Indonesia. Materi Tes Wawasan Kebangsaaan meliputi sebagai berikut.

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Sistem Tata Negara Indonesia
  6. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
  7. Sejarah Perjuangan Bangsa
  8. Peranan Bangsa Indonesia
  9. Kemampuan Berbahasa Indonesia
  • Tes Intelejensi Umum 

Tes Intelejensi Umum merupakan tes untuk mengukur intelegensi peserta ujian CPNS dalam analisa numerik (angka), verbal (bahasa), serta berpikir logis dan analitis, meliputi materi sebagai berikut.

1.  Tes Analisa Verbal
–  Sinonim (Persamaan Kata)
– Antonim (Lawan Kata)
– Padanan Hubungan Kata
– Pengelompokan kata

2.  Tes Analisa Numerik
– Aritmetik (Hitungan)
– Seri Angka
– Seri Huruf
– Logika Angka
– Angka dalam Cerita

3.  Tes Logis dan Analitis
– Logika Umum
– Analisa Pernyataan
– Kesimpulan Silogisme
– Logika Cerita

  • Tes Karakteristik Pribadi 

Tes Karakteristek Pribadi adalah tes psikologi untuk meneliti karakter kepribadian peserta CPNS dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Materi soal Tes Karakteristik Pribadi meliputi sebagai berikut.

  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Orientasi pada pelayanan
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Kemampuan mengendalikan diri
  6. Keterampilanbekerja mandiri dan tuntas
  7. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  8. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  9. Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  10. Orientasi kepada orang lain
  11. Kreativitas dan inovasi

Baca juga :

Sekian dulu postingan tentang Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017. 

Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dapat dijadikan sebagai kisi-kisi atau rambu-rambu untuk para peserta ujian dalam mempelajari materi soal tes CPNS.

Persiapan diri sejak awal perlu dilakukan oleh calon peserta ujian CPNS, mengingat jumlah pesaing yang akan memperebutkan kursi PNS cukup besar.

6 Replies to “Panduan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Tahun 2017

    1. Sampai saat ini masih menunggu hasil seleksi administrasi, diharapkan sering memantau website resmi kemdibud untuk informasi terbaru seputar penerimaan CPNS 2017. Terimakasih sudah berkunjung…

    1. amin.terimakasih juga sudah berkunjung di blog saya. semoga postingan saya ini memberikan manfaat untuk Anda khususnya dan pembaca lain pada umumnya.tetap semangat..

  1. Tess TKD Bakamla RI.Jauh Juga Dari Makassar Ke Jakarta..Butuh Perjuangan N Materi..Semagattt Tumpa DarahKuu..

Tinggalkan Balasan