Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran RA di Rumah

Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran RA di Rumah

Amongguru.com. Pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan, salah satunya adalah dengan cara menutup sekolah.

Selama masa penutupan, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam bentuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Di dalam pemenuhan hak peserta didik mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) melalui penyelenggaraan Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19.

Guru tetap harus melaksanakan tugasnya selama penyelengaraan pembelajaran jarak jauh. Tugas tersebut antara lain menyiapkan administrasi pembelajaran, yaitu Rencana Program Pembelajaran di Rumah.

Terkait dengan kondisi tersebut, Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran Raudhatul Aliyah (RA) di Rumah.

Buku Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran RA di Rumah ini untuk membantu guru dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran di Rumah.

Pembelajaran di rumah tentu saja tidak sama dengan pelaksanaan pembelajaran di RA. Pembelajaran di rumah bersama orangtua dibuat mudah, menyenangkan, dan tidak menyulitkan dalam penyediaan alat serta bahan untuk kegiatan mainan anak.

Buku Panduan Rencana Pembelajaran RA di Rumah ini berisi tentang penyusunan Rencana Pembelajaran di Rumah yang dapat dbuat guru kelas secara sederhana.

Meskipun dibuat sederhana, akan tetapi tidak lepas dari substansinya, termasuk pembelajaran pendidikan agama, seperti hafalam surat, hadits, dan doa sehari-hari. Penilaian tetap bisa dilakukan oleh guru melalui pemantauan pada Grup Whatsapp.

Isi dalam buku panduan ini dapat diperbaharui maupun dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di masing-masing lembaga.

Baca : Download Buku Digital MI MTs MA Tahun 2019 Lengkap

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menyusun Rencana Penyusunan Pembelajaran RA di Rumah.

1. Rencana Penyusunan Pembelajaran di Rumah disusun dengan tetap mengacu pada Program Semester (Promes) dan Rencana Penyusunan Pembelajaran Madrasah yang sedang berjalan, termasuk penilaiannya.

2. Buatlah kegiatan main yang mudah dilaksanakan oleh orangtua di rumah, baik media, alat, bahan, cara membuat, dan cara melaksanakan kegiatan mainnya.

3. Di dalam memudahkan orangtua mendampingi anaknya belajar di rumah, guru dapat mengirimkan cara bermain, alat, bahan dan media yang dapat menunjang kegiatan main di rumah melalui foto, video, maupun rekaman.

4. Guru juga harus tetap mengingatkan dan memberikan catatan-catatan tentang pendidikan Agama, seperti hafalan surat, hadit, doa sehari-hari, mengaji (Iqro’), dan sholat berjamaah, agar pembiasaan positif di sekolah tidak lupa.

5. Jangan memaksakan orangtua,jika orangtua mengalami kendala jaringan atau tidak memiliki HP android. Orangtua diminta untuk menstimulasi anak tentang life skill dan pendidikan karakter agar terbentuk perilaku positif anak.

6. Guru tetap memantau dan mencatat perkembangan anak melalui video, foto, atau rekaman yang dikirim orangtua tua melalui Whatsapp.

7. Catatan hasil perkembangan anak yang dikirim oleh orangtua melalui foto, video, atau rekaman dapat dijadikan sebagai bahan untuk menganalisis ketercapaian Kompetensi Dasar (KD) dan indikatornya.

Buku Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran RA di Rumah secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai Buku Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran RA di Rumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan