Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Penggalang

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Penggalang

Amongguru.com. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Penggalang.

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Penggalang tersebut tertuang dalam Lampiran II Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 199 Tahun 2011 tentang Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum.

Pendahuluan

Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia.

Prinsip Dasar Kepramukaan adalah asas yang mendasari kegiatan Kepramukaan dalam upaya membina watak peserta didik.

Oleh karena itu, Pembina harus memahami bahwa setiap kegiatan kepramukaan haruslah didasari Prinsip Dasar Kepramukaan.

Prinsip Dasar Kepramukaan tidak dapat dipisahkan dengan Metode Kepramukaan, karena keduanya saling melengkapi.

Hal tersebut terlihat pada taat kepada kode kehormatan (Prinsip Dasar Kepramukaan) dan Pengamalan Kode Kehormatan (Metode Kepramukaan). Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dengan pendidikan lainnya.

Salah satu Metode Kepramukaan adalah Sistem Tanda Kecakapan. Di dalam sistem ini terdapat 3 (tiga) tanda kecakapan yaitu, kecakapan umum, kecakapan khusus dan pramuka garuda.

Untuk memenuhi kecakapan tersebut, setiap Pramuka wajib menyelesaikan syarat- syaratnya, yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK), dan Syarat Pramuka Garuda (SPG). Syarat dan Tanda Kecakapan disusun berdasarkan golongan usia peserta didik.

Buku panduan ini khusus membahas syarat kecakapan umum (SKU) untuk golongan Pramuka Penggalang.

SKU Pramuka Penggalang terdiri atas 3 (tiga) tingkatan; Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap. Pramuka Penggalang Terap dapat menyelesaikan syarat Pramuka Garuda dan apabila lulus dia akan menjadi Pramuka Penggalang Garuda.

Prinsip Dasar Kepramukaan

Pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan yang terdiri atas:

1. iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha;

2. peduli terhadap  bangsa,  tanah  air,  sesama  hidup , dan  alam

3. peduli terhadap diri sendiri;

4. taat kepada Kode Kehormatan

Pembina Pramuka sebagai pendidik wajib memahami bahwa semua kegiatan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik merupakan pencerminan isi dari prinsip dasar kepramukaan yang berfungsi sebagai :

1. norma hidup anggota Gerakan Pramuka;

2. landasan kode etik Gerakan Pramuka;

3. landasan sistem nilai Gerakan Pramuka;

4. pedoman dan arah pembinaan/pendidikan kaum muda anggota Gerakan Pramuka; dan

5. landasan gerak dan kegiatan Gerakan Pramuka mencapai sasaran dan tujuannya.

Pembina Pramuka juga wajib memahami bahwa:

1. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan pendidikan kepramukaan dengan pendidikan lainnya;

2. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan dua unsur proses pendidikan terpadu yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan.

Syarat Kecakapan

Kurikulum dalam pendidikan kepramukaan adalah berupa syarat kecakapan, yaitu sebagai berikut.

1. Syarat Kecakapan Umum (SKU).

2. Syarat KecakapanKhusus (SKK).

Syarat-syarat tersebut disusun berjenjang pada tiap-tiap golongan peserta didik. Syarat kecakapan adalah syarat yang wajib dipenuhi oleh peserta didik untuk mendapatkan tanda kecakapan .

Pemenuhan atau penyelesaian syarat kecakapan melalui proses pendidikan dalam bentuk kegiatan antara lain; latihan mingguan (rutin), perkemahan dan proses  ujian. Syarat Kecapan Umum Pramuka Penggalang terdiri atas 3 (tiga) tingkat/jenjang yaitu:

1. SKU tingkat Penggalang Ramu

2. SKU tingkat Penggalang Rakit

3. SKU tingkat Penggalang

Tujuan

Tujuan disusunya buku panduan ini adalah untuk membantu Pembina Pramuka Penggalang dalam memproses penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang di satuan.

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Baca :

Demikian Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Penggalang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan