Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga

Amongguru.com. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga.

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga tersebut tertuang dalam Lampiran I Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 199 Tahun 2011 tentang Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum.

Pendahuluan

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang membina/mendidik kaum muda menjadi manusia berwatak, berkepribadian dan berahlak mulia.

Sebagai wadah pendidikan yang melengkapi dan menguatkan pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah, maka pendidikan dalam Gerakan Pramuka harus selaras dan saling melengkapi.

Di era globalisasi saat ini persaingan dan peluang sudah menjadi satu kesatuan, sehingga Gerakan Pramuka harus memiliki daya saing yang kuat agar menjadi pilihan utama dan pertama bagi generasi muda serta diminati masyarakat.

Artinya hasil dari pendidikan kepramukaan menjadikan watak dan kepribadian anak yang menjadi Pramuka Siaga, lebih baik daripada watak dan kepribadian anak yang tidak menjadi Pramuka Siaga.

Gerakan Pramuka dalam melaksanakan pendidikannya menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang hasilnya (outcome) adalah anggota yang memiliki kompetensi (nilai-nilai dan keterampilan) sejalan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Prinsip Dasar Kepramukaan berisi nilai dan norma dalam kehidupan seluruh anggota Gerakan Pramuka mencakup :

1. Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;

3. Peduli terhadap diri pribadinya;

4. Taat kepada Kode Kehormatan.

Sebagai norma hidup, Prinsip Dasar Kepramukaan ditanamkan dan ditumbuh kembangkan secara terus menerus kepada setiap peserta didik melalui proses penghayatan untuk dan oleh diri pribadinya dengan bantuan para tenaga pendidik.

Metode Kepramukaan merupakan cara untuk melaksanakan Prinsip Dasar Kepramukaan. Oleh karena itu setiap pembina harus memahami bahwa setiap kegiatan kepramukaan wajib didasari Prinsip Dasar Kepramukaan dan dilaksanakan dengan menggunakan metode kepramukaan.

Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan pendidikan kepramukaan dengan pendidikan lainnya.

Sistim Tanda Kecakapan adalah salah satu metode kepramukaan untuk mendorong dan merangsang Pramuka Siaga agar memiliki kecakapan dalam pengembangan pribadinya. Tanda Kecakapan bukan merupakan tujuan, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Di dalam sistem ini terdapat dua kecakapan yaitu Syarat dan Tanda Kecakapan Umum serta Syarat dan Tanda Kecakapan Khusus.

Untuk dapat memiliki kecakapan tersebut, setiap Pramuka wajib menyelesaikan Syarat- syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Syarat-syarat dan Tanda Kecakapan disusun berdasarkan golongan usia peserta didik. Untuk mencapai syarat-syarat tersebut Pramuka Siaga memerlukan bimbingan dari Pembinanya.

Panduan Pramuka Siaga ini disusun untuk memandu para Pembina Pramuka Siaga dalam memahami dan mengaplikasikan Sistim Tanda Kecakapan Umum di Perindukan Siaga.

Syarat dan Tanda Kecakapan Umum Golongan Siaga

Sistem Tanda Kecakapan adalah salah satu Metode Kepramukaan untuk mendorong dan merangsang Pramuka Siaga agar memiliki kecakapan untuk pengembangan pribadinya.

Tanda Kecakapan bukan merupakan tujuan tapi merupakan alat pendidikan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Pramuka Siaga akan mendapat Tanda Kecakapan apabila telah menyelesaikan syarat-syarat kecakapan (telah diuji) dari pembinanya sebagai penghargaan atas kecakapan yang diraihnya.

Pembina harus menjamin bahwa kecakapan yang dimiliki Pramuka Siaga cukup dapat dipertanggung jawabkan, dengan pengertian bahwa Pramuka Siaga memperoleh Tanda Kecakapan sesuai dengan prosedur setelah memenuhi syarat-syarat kecakapan yang diinginkan atau diminati.

Kecakapan dalam Gerakan Pramuka terdiri atas Kecakapan Umum dan Kecakapan Khusus. Kecakapan Umum Pramuka Siaga adalah kecakapan yang wajib dipenuhi Pramuka Siaga untuk pengembangan pribadinya.

Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga adalah syarat-syarat kecakapan yang wajib dipenuhi oleh Pramuka Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU).

TKU Pramuka Siaga merupakan tanda kecakapan setelah memenuhi syarat-syarat kecakapan umum sesuai dengan tingkatannya. SKU dan TKU Pramuka Siaga diatur sesuai dengan tingkatan Pramuka Siaga adalah sebagai berikut.

1. SKU dan TKU Siaga Mula

2. SKU dan TKU Siaga Bantu

3. SKU dan TKU Siaga Tata

Kecakapan Khusus Pramuka Siaga adalah kecakapan, kepandaian, kemahiran, ketangkasan, keterampilan di bidang tertentu yang dimiliki Pramuka Siaga sesuai dengan minat dan bakatnya.

SKK adalah syarat-syarat kecakapan sesuai dengan minat dan bakat Siaga yang harus dipenuhi untuk mendapatkan TKK.

TKK merupakan tanda kecakapan khusus bagi Pramuka Siaga setelah menempuh syarat-syarat khusus sesuai dengan minat dan bakatnya.

Selain kecakapan tersebut Siaga dapat memperoleh Tanda Pramuka Garuda sebagai penghargaan yang diberikan kepada Pramuka Siaga setelah memenuhi Syarat-syarat Pramuka Siaga Garuda (lihat PP Pramuka Garuda).

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Baca :

Demikian Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum SKU Golongan Siaga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan