Panduan Pengisian Dapodik Kurikulum Sekolah Penggerak Guru Kelas SD

Panduan Pengisian Dapodik Kurikulum Sekolah Penggerak Guru Kelas SDĀ 

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Dirjen Pendidikan PAUD dan Pendidikan Mengenah telah menerbitkan Panduan Pengisian Kurikulum Sekolah Penggerak untuk mata pelajaran Guru Kelas SD.

Panduan ini berisi langkah-langkah pengisian Kurikulum Sekolah Penggerak Guru kelas SD pada Dapodik Versi 2022.a.

Di dalam Panduan, dijelaskan alur pengisian Mata Pelajaran Guru Kelas pada Kurikulum Sekolah Penggerak oleh Satuan Pendidikan atau Lembaga seperti tampak pada skema berikut,

Baca : Tata Cara Daftar Program Guru Penggerak Angkatan 5

Berikut ini penjelasan mengenai alur pengisian Kurikulum Sekolah Penggerak Guru kelas SD pada Dapodik Versi 2022.a.

Tarik Data/Sinkronisasi

Sebelum Pengisian Mata Pelajaran Guru Kelas pada Kurikulum Sekolah Penggerak jenjang SD, satuan pendidikan wajib melakukan tarik data/sinkronisasi menggunakan akun operator atau kepala satuan pendidikan.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan data referensi pilihan Guru Kelas SD/MI di pembelajaran dari server pusat ke Aplikasi Dapodik lokal.

Perbaiki Isian Pembelajaran Guru Kelas pada jenjang Sekolah Dasar

Klik menu rombongan belajar, klik sub menu reguler, pilih rombel yang akan diperbaiki, klik tombol pembelajaran, klik mata pelajaran Guru Kelas SD/MI, pilih PTK yang mengajar, isi SK Mengajar, isi tanggal SK Mengajar, isi Jam dengan alokasi 24 jam. Klik simpan untuk menyelesaikan proses ini.

Selanjutnya, untuk mata pelajaran lain yang diajarkan oleh guru kelas seperti Pendidikan Kewarganegaaan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, dan Seni Budaya tetap diisi PTK yang mengajar, isi SK Mengajar, Tanggal SK, dan isi alokasi jam dengan 0 Jam. Klik simpan untuk
menyelesaikan proses ini.

Sinkronisasi

Setelah melakukan pengisian pembelajaran Guru Kelas SD/MI, satuan pendidikan wajib melakukan sinkronisasi menggunakan akun kepala satuan pendidikan. Sinkronisasi bertujuan untuk mengirimkan hasil perubahan mata pelajaran ke server pusat.

Panduan Pengisian Kurikulum Sekolah Penggerak Guru Kelas SD selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian Panduan Pengisian Kurikulum Sekolah Penggerak untuk mata pelajaran Guru Kelas Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan