Panduan Penetapan Siswa Eligible Tahun 2022

Panduan Penetapan Siswa Eligible Tahun 2022

Amongguru.com. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menerbitkan Panduan Penetapan Siswa Eligible Tahun 2022.

Dokumen yang diterbitkan oleh LTMPT tersebut berisi panduan penetapan siswa Eligible yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan LTMPT.

Pastikan batas waktu pengisian penetapan siswa Eligible agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan Penetapan Siswa Eligible.

1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal
LTMPT.

2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala
Sekolah.

3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan
ini diambil dari LTMPT, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui
pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.

6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

7. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah dan siswa eligible. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya pada bagian 7 dokumen ini. Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah kesulitan mengisi, silakan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan oleh LTMPT.

Login Sekolah

Sekolah harus login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal LTMPT.

Berikut ini adalah langkah untuk melakukan login.

1. Buka url pada laman https://pdss.ltmpt.ac.id, secara otomatis akan membuka halaman Portal LTMPT untuk melakukan login.

Berikut adalah tampilan loginnya.

Pada halaman tersebut, silakan login menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar. Apabila sudah masuk menggunakan pasangan username dan password yang benar, pengguna dapat mengakses halaman Penetapan Siswa Eligible.

Jika Anda berhasil login, halaman pertama yang muncul adalah halaman Profil Sekolah.

Profil

Halaman ini adalah halaman untuk setelah sekolah berhasil login. Halaman ini adalah halaman Profil Sekolah yang berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah. Kedua data ini diambil dari data yang ada pada LTMPT dan sifatnya tidak dapat diubah.

Jika terdapat kesalahan, sekolah dimohon melihat informasi mekanisme sanggah pada website LTMPT https://www.ltmpt.ac.id/?mid=3. Mohon diperhatikan juga periode masa sanggah paling  lambat Senin, 17 Januari 2022, pada pukul 15.00 WIB.

Berikut adalah tampilan awalnya:

Mohon diperhatikan bahwa pada tahun ini, data pada halaman Profil Sekolah ini akan otomatis terupdate ketika Anda Login. Informasi ini ditunjukkan dengan “Terakhir diupdate” yang diberi kotak hijau pada gambar halaman sebelumnya.

Kolom tersebut berisi  tanggal dan waktu terakhir informasi sekolah Anda diupdate. Namun, perlu dicatat bahwa jika Anda sudah melakukan finalisasi Data Sekolah maka fitur otomatis update ini akan  berhenti. Data terakhir sebelum Anda finalisasi akan menjadi informasi final pada Data Sekolah.

Jurusan

Menu berikutnya adalah halaman jurusan. Jurusan yang terdefinisi pada halaman ini adalah sesuai dengan data yang ada di LTMPT.

Anda hanya perlu mengisikan jenis kelas sesuai dengan sekolah Anda dengan melakukan klik pada kotak yang ditandai dengan warna merah.

Berikut adalah tampilannya:

Jika sudah selesai memilih, silakan pilih “SIMPAN” yang ditandai dengan warna biru pada gambar. Setelah Anda berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut.

Siswa

Sebelum Anda dapat melanjutkan pengisian pada sidebar Siswa, pastikan Anda sudah melakukan finalisasi data sekolah dan jurusan. Jika Anda belum melakukan hal ini, akan muncul gambar sebagai berikut.

Jika Anda sudah melakukan Finalisasi Data Sekolah, tampilan awal menu Siswa seperti pada gambar berikut.

Perlu diperhatikan bahwa informasi Jurusan pada kanan atas didapatkan dari pengisian Anda sebelumnya pada profil>>Jurusan.

Selain itu, kuota yang tertulis pada kanan atas merupakan kuota siswa Eligible per Jurusan berdasarkan ketentuan dari LTMPT.

Isikan data Siswa hanya yang Eligible per Jurusan saja, dan urutan memasukkan data Siswa akan menjadi urutan “Rangking” dari siswa tersebut.

Penambahan siswa dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.

1. Tambah Siswa Satuan per Jurusan

Secara default, halaman awal siswa akan diarahkan dengan menggunakan cara ini. Untuk menambah siswa satu persatu, Anda dapat menuliskan NISN siswa pada tabel sebelah kiri seperti pada gambar berikut.

Pilih “SIMPAN”, maka sistem akan mencocokkan NISN siswa tersebut dengan data yang ada di LTMPT. Jika NISN tidak ditemukan atau tidak sesuai dengan siswa sekolah, akan muncul gambar berikut,

Jika NISN ditemukan, siswa akan terisi pada tabel kanan seperti pada gambar berikut.

Anda dapat mengubah urutan “Rangking” dari siswa dengan menekan tombol yang diberi warna hijau pada gambar di atas, kemudian menggesernya ke bawah/atas dengan siswa rangking setelahnya.

Anda masih dapat menambah/menghapus data siswa ini selama Anda belum melakukan Finalisasi Data Siswa. Tombol yang diberi warna merah pada gambar di atas digunakan untuk menghapus siswa dari daftar Siswa Eligible.

Setelah Anda melakukan perubahan, tekan “SIMPAN” yang diberi warna biru pada gambar di atas untuk menyimpan data siswa yang eligible beserta urutan rangkingnya. Setelah itu, akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut.

2. Tambah Siswa Bulk

Menu ini digunakan untuk melakukan upload data siswa per jurusan secara bulk  berdasarkan template yang diberikan oleh sistem.

Langkah pertama adalah unduh template, kemudian lakukan pengisian dokumen Excel. Pastikan pengisian dokumen Excel sudah benar sesuai ketentuan kemudian upload data tersebut (Choose File) dengan memilih terlebih dahulu Jurusan yang dituju.

Berikut adalah tampilannya.

Jika sudah pilih “SIMPAN”, akan tampil notifikasi sebagai berikut jika berhasil.

Finalisasi

Halaman finalisasi digunakan sebagai pernyataan bahwa data yang ada pada profil sekolah, jurusan, dan siswa adalah data yang benar dan Anda setujui.

Finalisasi dibagi menjadi dua menu, yaitu Finalisasi Data Sekolah dan Finalisasi Data Siswa yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Berikut adalah tampilan awal halaman finalisasi.

Panduan Penetapan Siswa Eligible Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Panduan Penetapan Siswa Eligible Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan