Panduan Pendampingan Pembelajaran Peserta Didik TK Pada Era New Normal

Panduan Pendampingan Pembelajaran Peserta Didik TK Pada Era New Normal

Amongguru.com. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan TK dan PLB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Panduan Pendampingan Bagi Guru dan Orangtua Dalam Pembelajaran Peserta Didik TK Di Era Kenormalan Baru yang Baru New Normal Dalam Masa Pandemik Covid-19.

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah atau dikenal dengan School From Home (SFH) dalam masa Pandemi Covid-19, harus tetap berjalan dengan optimal.

Peran guru dan orang tua serta orang dewasa lainnya dalam kegiatan SFH ini menjadi sangat strategis. Berdasarkan hal tersebut, maka PPPPTK TK dan PLB sebagai unit  pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menginisiasi penyusunan  Buku  Panduan Pendampingan Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak di Rumah.

Buku panduan pendampingan ini secara khusus ditujukan bagi guru dan orang tua di Taman Kanak-kanak (TK) dalam melaksanakan pembimbingan dan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran anak di rumah.

Buku panduan ini memuat berbagai informasi praktis berkenaan dengan konsepsi, model, dan contoh-contoh baik alat, media, maupun tahapan pendampingan.

Seluruh tahapan pendampingan pada buku panduan dapat dilakukan, baik oleh guru dan orang tua, khususnya yang anaknya bersekolah di TK.

Guru dan orang tua dapat memperkaya dan melakukan adaptasi buku panduan ini sesuai dengan karakterik dan konsisi lingkungannya masing-masing.

Panduan ini merupakan bagian integral dari kebijakan Kemendikbud dalam pembelajaran di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Bahkan secara substansi, panduan ini ditujukan untuk mendukung keterlaksanaan pedoman yang dikeluarkan kemendikbud sebagamana yang tersirat dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendkbud Nomor 15 Tahun 2020.

Dengan demikian, sifat dari panduan yang dikembangkan lebih bersifat teknikal pada dua konteks, yaitu pendampingan guru dan orang tua bagi pembelajaran anak usia dini.

Melalui buku panduan ini, diharapkan guru dan orang tua dapat menjamin terwujudkan tiga tujuan utama dalam mendampingi anak belajar di era kenormalan baru (new normal) pada masa pandemi Covid-19.

Pertama, guru dan orang tua dapat menciptakan suasana pembelajaran atau pendampingan pada anak secara aman, nyaman dan sehat sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Kedua, guru dan orang tua dapat melatihkan dan membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ketiga, guru dan orang tua dapat memelihara semangat dan konsep belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan. Dengan demikian, anak akan memiliki kesiapan untuk melaksanakan aktivitas belajar secara berkelanjutan.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Membekali sekaligus memberikan arah berkenaan dengan rambu-rambu pelaksanaan pendampingan yang dilakukan guru dan orangtua terhadap kegiatan pembelajaran anak di rumah secara sehat, aman, dan nyaman.

2. Tujuan Khusus

  • Memberikan wawasan bagi guru dan orangtua berkenaan dengan prinsip dasar pendampingan.
  • Memberikan contoh bentuk-bentuk kegiatan pendampingan yang dapat dilakukan oleh orangtua
  • Memberikan rambu-rambu pemilihan dan/atau pembuatan media sederhana dalam melakukan pendampingan
  • Memberikan rambu-rambu berkenaan dengan teknik pendampingan yang efektif dalam melakukan aktifitas pendampingan kepada anak.
  • Memberikan referensi saluran komunikasi yang dapat dimanfaatkan guru dan orangtua berkenaan dengan permasalahan atau proses pendampingan anak.

Manfaat

  1. Tumbuhnya pemahaman guru dan orangtua berkenaan dengan bentuk-bentuk kegiatan pendampingan yang dapat dilakukan.
  2. Meningkatnya wawasan guru dan orangtua berkenaan dengan prinsip dasar pendampingan.
  3. Meningkatnya ketrampilan guru dan orang tua berkenaan dengan pemilihan dan/atau pembuatan media sederhana dalam melakukan pendampingan.
  4. Meningkatnya ketrampilan guru dan orang tua berkenaan dengan teknik pendampingan yang efektif dalam melakukan aktifitas pendampingan kepada anak.
  5. Meningkatnya pemahaman guru dan orangtua berkenaan dengan saluran komunikasi yang dapat dimanfaatkan orangtua untuk melakukan diskusi dan konsultasi lebih lanjut terkait permasalahan atau proses pendampingan anak.

Sasaran

1. Guru

Panduan ini sebagai acuan dalam pemberian materi dan tugas pembelajaran kepada peserta didik secara jarak jauh.

2. Orangtua

Buku Panduan ini dapat memandu orang tua dalam mendampingi putra putrinya melakukan pembelajaran di rumah.

3. Pendamping Lainnya

Pendamping lannya adalah orang dewasa selain orang tua kandung yang membantu peserta didik melakukan pembelajaran di rumah.

Waktu Pendampingan

1. Bagi Guru

Waktu utama yang digunakan oleh guru dalam pendampingan ini adalah waktu efektif persekolahan, tetapi jika ada-hal yang sifatnya sangat penting, tidak menutup kemungkinan guru memfasilitasi pendampingan di luar waktu efektif persekolahan.

Terkait dengan waktu, sebagai guru memberikan tugas yang terlalu banyak tanpa memperhitungkan waktu penyelesaian oleh anak, pertimbangkan kualitas, bukan hanya kuantitas.

2. Bagi Orang Tua

Waktu pendampingan bagi orang tua atau pendamping untuk mendampingi anak tidak terbatas. Pendampingan bisa sampai 24 jam penuh, tergantung situasi dan kebutuhan anak.

Salah satu hal yang perlu diingat oleh orang tua atau pendamping lainnya bahwa pada masa pandemi seperti ini adalah memastikan anak dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan tetap mempertimbangkan waktu istirahat yang cukup bagi anak.

Tempat

Pada masa Pandemi Covid-19 ini mengharuskan anak didik untuk melakukan aktifitas pembelajaran di rumah dan guru mendampinginya secara jarak jauh dari rumah masing- masing.

Guru dan orang tua/pendamping lainnya dapat melakukan komunikasi dari rumah dengan bantuan aplikasi pesan daring seperti Whatsapp, Line,Telegram, dan Wechat.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, sebaiknya guru memilih aplikasi yang paling banyak digunakan oleh orang tua/pendamping anak didik.

Prinsip Umum Pendampingan

1. Membangun Komunikasi Positif

Guru dan orang tua harus melakukan komunikasi positif untuk mendukung keberhasilan program pembelajaran jarak jauh.

2. Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak

Aktivitas pembelajaran jarak jauh yang dirancang guru dan orang tua yang mendampingi anak di rumah, harus bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak yang terdiri dari aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.

3. Mengembangkan Kecakapan Hidup dan Pembiasaan sehari-hari

Guru dan orang tua perlu merancang aktivitas-aktivitas bermain dan belajar bagi anak usia dini yang dapat mengembangkan kecakapan hidupnya dan pembiasaan perilaku positif di rumah.

4. Menggunakan Berbagai Media dan Sumber Belajar

Program pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar yang ada di rumah dalam melakukan aktivitas bermain bagi anak.

5. Sesuai dengan Tata Nilai Agama, Seni dan Budaya Nasional

Contoh-contoh yang disajikan dalam pembelajaran harus memperkuat pelestarian tata nilai agama, seni dan budaya nasional.

Panduan Pendampingan Bagi Guru dan Orangtua Dalam Pembelajaran Peserta Didik Taman Kanak-Kanak Di Era Kenormalan Baru yang Baru New Normal Dalam Masa Pandemik Covid-19 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Baca :

Demikian Panduan Pendampingan Pembelajaran Peserta Didik TK Pada Era Tatanan Normal Baru New Normal Dalam Masa Pandemi Covid-19. Semoga bemanfaat.

Tinggalkan Balasan