Panduan Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2019 Pada SSCASN

Panduan Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2019 Pada SSCASN

Amongguru.com. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali membuka seleksi penerimaan Calon Pegawwai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019.

Kualifikasi pendidikan yang dipersyaratakan dalam pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 adalah SLTA sederajat, Diploma III (D-III), Sarjana/S-1/D-IV, dan dokter.

Formasi CPNS Kemenkumham 2019 terdiri dari formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi dan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman.

Formasi khusus terdiri dari putra/putri lulusan Cumlaude, penyandang disabilitas, dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Rencananya, Kemenkumham akan membuka sebanyak 4.598 (empat ribu lima ratus sembilan puluh delapan) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), terdiri dari, 87 (delapan puluh) formasi cumlaude, 19 (sembilan belas) formasi disabilitas, 180 (seratus delapan puluh) formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat, dan 4.312 (empat ribu tiga ratus dua belas) untuk formasi umum.

Panduan Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2019 Pada SSCASN

Jadwal pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 adalah tanggal 11 hingga 25 November 2019. Ini artinya, pelamar diberi kesempatan untuk melakukan pendaftaran selama 15 (lima belas) hari.

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 dilakukan secara online dan terintegrasi melalui portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://sscasn.bkn.go.id.

Alur pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 perlu dipahami oleh pelamar agar dapat melakukan pendaftaran dengan benar sesuai ketentuan.

Sebelum melakukan pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019, pelamar perlu menyiapkan dokumen persyarataan yang dibutuhkan.

Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan diunggah sebagai salah satu bagian dalam alur pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019.

Dokumen yang wajib disiapkan oleh pelamar sebelum melakukan pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 adalah sebagai berikut.

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Ijasah Terakhir

4. Transkrip Nilai

5. Foto Diri (Swafoto)

Tata cara pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 adalah sebagai berikut.

1. Pelamar mengakses portal SSCASN

Pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 dimulai dengan pelamar mengakses portal SSCASN melalui alamat https://sscasn.bkn.go.id .

2. Pelamar membuat akun SSCN 2019

Langkah berikutnya adalah pelamar membuat akun SSCN 2019 dengan tahapan sebagai berikut.

a. Masuk ke menu Registrasi pada portal SSCASN.

b. Mengisi Nomor Induk Keluarga (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

c. Mengisi alamat email aktif, password, dan pertanyaan keamanan

d. Mengunggah pas foto ukuran foto berlatar belakang merah berukuran 4 x 6 (foto minimal ukuran 120 kb, maksimal ukuran 200 kb, tipe file jpg)

e. Mencetak Kartu Informasi Akun

3. Pelamar login menggunakan NIK dan password

Setelah berhasil membuat akun SSCN 2019, pelamar melakukan login pada portal SSCASN menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan.

4. Pelamar mengunggah foto diri (swafoto)

Pelamar selanjutnya melakukan foto diri atau swafoto dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar telah membuat akun dan melengkapi biodata. Foto berukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan tipe file Jpg.

5. Pelamar memilih formasi dan jabatan

Pelamar yang sudah mengunggah foto diri, kemudian memilih memilih instansi Kementerian Hukum dan HAM, jenis formasi, dan jabatan sesuai tingkat pendidikannya.

Pelamar juga melengkapi data dan form yang tersedia. Khusus pelamar dengan jenjang pendidikan Dokter, Sarjana, Diploma III dan SLTA sederajat wajib mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.

6. Pelamar mengunggah dokumen

Setelah selesai memilih formasi dan jabatan dan melengkapi data, pelamar kemudian menggunggah dokumen.

Dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan pada instansi yang dipilih harus diunggah pada portal SSCASN, seperti KTP, ijasah, transkrip nilai, dan dokumen lain yang diperlukan sesuai persyaratan.

7. Pelamar cek resume dan cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019

Cek resume penting dilakukan untuk memastikan bahwa semua data yang diinput dan dokumen yang diunggah sudah benar. Jika pelamar sudah yakin benar, maka dapat melakukan cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019.

Setelah pelamar menyelesaiakn seluruh tahapan pendaftaran, maka tim verifikator akan verifikasi data. Data dan dokumen yang dikirimkan pelamar secara online melalui portal SSCASN akan diverifikasi secara teliti oleh tim verifikator untuk selanjutnya diputuskan lulus seleksi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMT).

Pelamar yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan memperoleh Kartu Ujian untuk mengikuti tes seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Panitia seleksi hanya memberikan waktu sanggah bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi selama 3 (tiga) hari pasca pengumuman (tanggal 13 sampai 15 Desember 2019).

Panitia seleksi juga diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari oleh BKN untuk memberikan jawaban sanggahan bagi pelamar yang melakukan penyanggahan karena dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tersebut (tanggal 13 hingga 19 Desember 2019).

Apabila menemui kendala saat melakukan pendaftaran online CPNS 2019, pelamar dapat memanfaatkan kanal Frequently Asked Question (FAQ) dan layanan helpdesk.

Kelengkapan persyaratan pendaftaran online CPNS Kemenkumham tahun 2019 dapat diunduh pada link berikut.

1. Format Surat Lamaran SMA Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 (Unduh)

2. Format Surat Lamaran S-I D-III Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 (Unduh)

3. Format Surat Pernyataan Pendaftaran CPNS Kemenkumham Tahun 2019 (Unduh)

Demikian panduan pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 pada SSCASN.

Tinggalkan Balasan