Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar 2022

Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar 2022

Amongguru.com. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar Tahun 2022.

Buku Panduan Pendaftaan Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar 2022 ini diterbitkan sebagai panduan bagi calon pendaftar mengenai tahapan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek tahun 2022.

Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Kemendikbudristek adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia yang merupakan program kerjasama antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

BPI Kemendikbudristek terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Semua jenis program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 untuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

BPI Kemendikbudristek telah diluncurkan pada tanggal 22 April 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim, sebagai episode ke-10 dari Kebijakan Merdeka Belajar.

BPI Kemendikbudristek kini memasuki tahun ke-2, dengan harapan BPI Kemendikbudristek khususnya program bergelar S1, S2 dan S3 dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Untuk tujuan tersebut dan untuk menjamin mutu pelaksanaan BPI Kemendikbudristek Bergelar terutama dalam proses pendaftaran, maka Puslapdik menyusun Buku Panduan Pendaftaran BPI Kemendikbudristek Bergelar.

Buku Panduan ini antara lain mencakup; jenis-jenis beasiswa BPI Kemendikbudristek Bergelar, sasaran, syarat-syarat umum dan syarat-syarat khusus pendaftaran untuk masing-masing jenis beasiswa, daftar perguran tinggi tujuan, dan jadwal pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil seleksi.

Dengan Buku Panduan Pendaftaran BPI Kemendikbudristek Bergelar ini diharapkan dapat memudahkan bagi para calon pendaftar beasiswa BPI Kemendikbudristek dan pihak-pihak terkait dalam proses pendaftaran, juga diharapkan program Beasiswa BPI Kemendikbudristek Bergelar dapat berjalan dengan lebih baik dan sesuai dengan harapan.

Tujuan

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek) Bergelar bertujuan untuk :

1. meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung 3 percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan

2. mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) melalui pemberian beasiswa bergelar untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau luar negeri.

Ruang Lingkup Buku Panduan

Buku Panduan Pendaftaran BPI Kemendikbudristek Bergelar mencakup dan tidak terbatas pada; jenis-jenis beasiswa, sasaran masing-masing jenis beasiswa, persyaratan umum dan persyaratan khusus pendaftaran, mekanisme pendaftaran, jadwal masa pendaftaran, dan mekanisme seleksi.

Jenis Beasiswa BPI

1. Beasiswa S1/D4

Beasiswa S1/D4 ditujukan untuk calon guru, pelaku budaya, dan siswa berprestasi. Durasi maksimal pembiayaan program ini adalah empat tahun.

Berikut tiga jenis beasiswa yang ditawarkan:

a. Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK Dalam Negeri;

b. Beasiswa S1 Pelaku Budaya Dalam Negeri; dan

c. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 Dalam dan Luar Negeri

2. Beasiswa S2

Beasiswa S2 ditujukan untuk calon dosen/dosen perguruan tinggi pendidikan akademik dan vokasi, pelaku budaya, calon guru/guru dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa berprestasi dan neneliti di bidang kesehatan. Durasi maksimal pembiayaan program ini adalah dua tahun.

Berikut ini adalah jenis beasiswa S2 yang ditawarkan.

a. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik Dalam Negeri dan Luar Negeri;

b. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Joint Degree/Double Degree;

c. Beasiswa S2 Dosen/Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi Dalam Negeri;

d. Beasiswa S2 Guru dan Tenaga Kependidikan Dalam dan Luar Negeri;

e. Beasiswa S2 Pelaku Budaya Dalam Negeri dan Luar Negeri; dan

f. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri

3. Beasiswa S3

Beasiswa S3 ditujukan untuk calon dosen/dosen perguruan tinggi pendidikan akademik dan vokasi, pelaku budaya, calon guru/guru dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa berprestasi dan neneliti di bidang kesehatan. Durasi maksimal pembiayaan program ini, yaitu empat tahun.

Jenis beasiswa S3 yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

a. Beasiswa S3 Dosen Perguruan Tinggi Akademik Dalam Negeri dan Luar Negeri;

b. Beasiswa S3 Joint Degree/Dual Degree Perguruan Tinggi Akademik;

c. Beasiswa S3 Dosen/Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi Dalam Negeri;

d. Beasiswa S3 Guru dan Tenaga Kependidikan Dalam Negeri;

e. Beasiswa S3 Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (PPG) Luar Negeri;

f. Beasiswa S3 Pelaku Budaya Dalam Negeri dan Luar Negeri;

g. Beasiswa S3 University of Oxford (Luar Negeri);

h. Beasiswa LPD.

Mekanisme Pendaftaran

Pendaftar beasiswa BPI Kemendikbudristek melakukan pendaftaran dengan cara:

1. mendaftar secara daring melalui: beasiswa.kemdikbud.go.id (kecuali untuk program beasiswa University of Oxford yang diatur sebagaimana dalam persyaratan khusus).

2. mengunggah semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

Mekanisme Seleksi dan Penetapan

1. Seleksi terdiri atas:

a. seleksi administrasi yaitu validasi terhadap kesesuaian dan kebenaran dokumen; dan

b. seleksi substansi dengan wawancara yang menilai antara lain aspek kemampuan akademik/ keterampilan, sikap, dan wawasan kebangsaan.

Hasil seleksi Tim Penyeleksi Administrasi dan Tim Pewancara disampaikan kepada panitia seleksi untuk dilakukan rapat pleno.

2. Calon penerima beasiswa hasil pleno ditetapkan oleh Kepala Puslapdik sebagai penerima beasiswa BPI Kemendikbudristek.

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil

Pendaftaran BPI Kemendikbudristek dibuka hanya sekali, untuk semester ganjil tahun akademik 2022/ 2023, dengan jadwal kegiatan sebagai berikut.

1. Pendaftaran : 11 April – 30 Juni 2022.

2. Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasil : 1 – 15 Juli 2022.

3. Seleksi Substansi/Wawancara dan Pengumuman Hasil : 18 – 30 Juli 2022.

4. Daftar Ulang : 1 – 16 Agustus 2022.

Buku Panduan Pendaftaan Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar 2022 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia BPI Bergelar Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan