Panduan Pembelajaran Tatap Muka SMP Semester 2 Tahun 2020/2021

Panduan Pembelajaran Tatap Muka SMP Semester 2 Tahun 2020/2021

Amongguru.com. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Tatap Muka PTM SMP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Salah satu tugas dari Dirjen GTK, Kemendikbud adalah melakukan persiapan dalam proses pembelajaran tatap muka (PTM) terutama di masa pandemi Covid-19.

Penyusunan Panduan PTM SMP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 ini adalah amanah dari SKB Empat Menteri Nomor 4/KB/2020, yaitu bahwa setiap kementerian harus Menyusun panduan teknis untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap muka pada semester Genap Tahun ajaran 2020/2021.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan memandang perlu untuk mengadakan kegiatan Penyusunan Panduan Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.

Panduan pembelajaran tatap muka ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi semua pihak yang terlibat, sehingga pembelajaran akan mencapai hasil yang sesuai dengan yang direncanakan.

Panduan ini juga akan berfungsi sebagai panduan bagi satuan pendidikan untuk mempersiapkan PTM setelah satuan pendidikan memperoleh ijin dari Pemerintah Daerah.

Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HH.01.08/Menkes/7093/2020, Nomor 420-3987 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Covid-19, memberikan kesempatan kepada penyelenggara pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

Baca : SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelengaraan Pembelajaran Tahun 2020/2021

Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka
menjadi sangat penting untuk mencegah timbulnya klaster penyebaran COVID-19 di
sekolah dan tetap menjaga peserta didik dari penularan virus.

Panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi agar seluruh komponen yang terlibat baik guru, tenaga kependidikan, dan murid terhindar dari Covid-19.

Panduan pelaksanaan pembelajaran ini berisi tentang ketentuan protokol kesehatan yang harus dipenuhi pada setiap tahapan aktivitas sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran.

Tujuan

Tujuan diterbitkannya panduan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 ini
adalah sebagai berikut.

1. Memandu pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) apabila diputuskan untuk dilaksanakan.

2. Mendotong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik untuk berdaya belajar dalam menghadapi pandemi.

3. Memastikan peserta didik mendapatkan pengalaman yang bermakna dan sesuai kebutuhan.

4. Memberi jaminan keamanan bagi guru, tenaga kependidikan dan murid di sekolah.

Manfaat

1. Bagi sekolah menjadi acuan dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka di sekolah.

2. Bagi guru menjadi acuan dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka yang akan diterapkan.

3. Memberikan acuan bagi orang tua dalam mengijinkan anaknya untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

4. Memberikan acuan perlindungan kepada peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka.

5. Bagi Pemangku kepentingan menjadi acuan dalam mempersiapkan kebijakan dan aturan teknis tentang PTM.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup panduan Pembelajaran tatap muka antara lain sebagai berikut.

1. Dasar pemikiran pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemik.

2. Rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2020/2021.

3. Standar Operasional Prosedur/Protokol Kesehatan sekolah pelaksana pembelajaran tatap muka semester genap Tahun Ajaran 2020/2021.

4. Standar Operasional Prosedur/Protokol Kesehatan Guru, murid, Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2020/2021.

5. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2020/2021.

Penggunaan Buku Panduan

1. Keputusan sekolah dapat melaksanakan PTM harus memenuhi syarat seperti yang tertuang dalam SKB empat Menteri diantaranya ada ijin dari orang tua, dari Dinas Pendidikan, dan sekolah siap melaksanakan.

2. Panduan ini semata-mata sebagai salah satu rujukan untuk memenuhi protokol kesehatan di sekolah ketika sekolah diijinkan melaksanakan PTM.

3. Kegiatan PTM difokuskan untuk memecahkan/menjelaskan materi-materi yang dianggap sulit saja dan tidak perlu ada penugasan berkelompok agar tidak memancing kerumunan. Sedangkan materi yang mudah dapat disajikan dalam bentuk daring atau luring/modul.

4. Jika ada protokol yang sulit diterapkan, sekolah dipersilakan melakukan modofikasi atau penyesuaian, dengan catatan tetap memastikan dalam rangka untuk pencegahan penularan Covid-19.

5. Jika diperlukan protokol lain yang tidak terdapat dalam panduan ini, sekolah dipersilakan membuat protokol sendiri sesuai kebutuhan.

Panduan Pembelajaran Tatap Muka SMP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 secara lengkap dapat dibaca dan diuduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai Panduan Pembelajaran Tatap Muka SMP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan