Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19

Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19

Amongguru.com. Dirjen GTK Madrasah, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19.

Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19 ini memuat penjelasan tentang :

  • latar belakang,
  • dasar hukum,
  • tujuan,
  • sasaran,
  • konsep dasar pendampingan belajar anak di masa pandemi,
  • konsep pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi,
  • panduang pendampingan belajar dari rumah oleh orangtua siswa RA, MI, MTs, MA, dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Orangtua yang pada awalnya berperan dalam membimbing sikap dan keterampilan yang mendasar, seperti Pendidikan Agama, patuh kepada aturan, dan menanamkan pembiasaan yang baik, dengan adanya pandemi Covid-19 ini peran orangtua menjadi lebih luas, yaitu menjadi pendamping pendidikan akademik.

Sementara itu, sejak aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR) secara resmi diberlakukan oleh pemerintah, baik secara daring maupun luring dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, memaksa guru dan siswa untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah.

Kebijakan tersebut tentunya tidak hanya berdampak pada relasi guru dan siswa, akan tetapi juga berdampak pada optimalisasi peran orang tua dalam penyelenggaraan BDR.

Upaya ini dilakukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang berakibat pada pembatasan berbagai aktivitas, termasuk diantaranya kegiatan pembelajaran di madrasah.

Kebijakan pemerintah mengenai Belajar Dari Rumah selama pandemi Covid-19 juga menimbulkan masalah tersendiri, terutama bagi orangtua sebagai pendamping anak atau pengganti guru di rumah.

Baca : Pembelajaran Daring dan Luring : Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaannya

Salah satu permasalahan tersebut adalah stres orangtua (terutama Ibu) selama mendampingi anak melaksanakan belajar daring dari rumah.

Hal ini disebabkan karena ketidaksiapan orangtua dengan pola pembelajaran dari rumah serta tidak adanya kepastian kapan situasi tersebut akan berakhir.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu adanya sebuah panduan yang dapat memudahkan orangtua dalam melakukan pendampingan terhadap anak-anaknya selama Belajar Dari Rumah.

Panduan tersebut diharapkan dapat menuntun orangtua, guru, maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, sehingga terjadi harmonisasi dan kolaborasi yang baik dalam melaksanakan perannya masing-masing.

Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19 secara lengkap dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan