Panduan Cara Ubah Password Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017

Amongguru.com. Panduan Cara Ubah Password Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017.

Kerahasiaan data merupakan hal penting dalam menjalankan sebuah aplikasi pada jaringan web. Apalagi aplikasi tersebut berhubungan dengan data penilaian hasil belajar, yang penyampaiannya dilakukan secara periodik, seperti halnya aplikasi e-Rapor SMP.

Di dalam penggunaan aplikasi berbasis web, biasanya sebelum masuk dan menjalankan aplikasi tersebut, Anda diwajibkan untuk melakukan login. Fungsi login adalah agar pengguna aplikasi dapat masuk dan mengakses accountnya setelah dilakukan validasi yang biasanya berupa username dan password.

Secara spesifik, fungsi password adalah untuk mengecek kecocokan data dengan username yang diinputkan ketika Anda akan melakukan login.

Apabila password tidak sesuai dengan username yang dimasukkan berdasarkan data yang dicek di dalam database, maka pengguna akan gagal untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Berikut ini beberapa kriteria sebuah password yang baik.

  • Lebih dari enam karakter, karena password yang pendek lebih mudah dibongkar daripada password yang panjang
  • Kombinasi dari huruf, angka, dan simbol.
  • Bukan berupa urutan atau perulangan, seperti: ” 123456″, “44444″, “abcd”, “qwerty” (urutan tombol dalam keyboard).
  • Bukan merupakan kata-kata yang umum dengan beberapa perubahan simbol yang mirip, seperti: 4dm1n, M1cr0$oft, atau [email protected]
  • Mudah diingat, tetapi sulit diingat bagi orang lain.
  • Bukan nama login, nama panggilan, atau tanggal lahir user atau admin.
  • Bukan kata-kata yang mudah ditemukan di dalam kamus.
  • Bukan kombinasi yang sangat sulit diingat.

Panduan Cara Ubah Password Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017

Admin berperan penting dalam mengoperasikan aplikasi e-Rapor SMP. Melalui admin sekolah, data-data dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, akan diinputkan ke aplikasi e-Rapor dan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Admin merupakan orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses dalam pengoperasian e-Rapor. Baca : Panduan Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017.

Untuk menjaga privasi dan keamanan data, maka admin perlu untuk mengubah password standar. Pastikan admin sudah melakukan penginstalan aplikasi e-Rapor SMP ke dalam komputer yang akan dijadikan sebagai server. Baca juga : Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017.

Berikut ini langkah-langkah dalam mengubah password aplikasi e-Rapor.

  • Pilih menu “Ubah Password”

  • Selanjutnya akan muncul tampilan form ubah data user admin seperti gambar di bawah ini.

  • Setelah memasukkan nama (jika perlu) dan password, klik tombol “Simpan”, sehingga password baru telah disimpan. Untuk selanjutnya ketika Anda melakukan login kembali, maka password lama sudah tidak dapat digunakan lagi.
    Perhatian :
    Ingat baik-baik username dan password Anda. Percobaan untuk kesalahan username dan password maksimal hanya lima kali. Setelah lima kali berturut-turut Anda salah, maka otomatis username Anda akan terblokir.  Satu-satunya solusi untuk akun admin yang telah terblokir adalah harus melakukan install ulang e-Rapor. 

(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)

Demikian informasi mengenai Panduan Cara Ubah Password Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan