Panduan Cara Mengambil Data Dapodik Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017

Amongguru.com. Panduan Cara Mengambil Data Dapodik Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017.

Salah satu tugas penting admin dalam penggunaan aplikasi e-Rapor SMP adalah melakukan sinkronisasi data dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Baca juga : Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017.

Kegiatan ini merupakan bagian yang paling menentukan agar nantinya e-Rapor dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pengambilan data Dapodik bertujuan untuk mengambil data referensi pokok yang diperlukan oleh e-Rapor.

Data referensi yang diambil dari Dapodik tersebut terdiri ata komponen-komponen berikut.

  1. Data profil sekolah
  2. Data guru
  3. Data siswa
  4. Data kelas
  5. Data wali kelas
  6. Data anggota kelas
  7. Data mata pelajaran
  8. Data pembelajaran (penugasan guru dalam pembelajaran).

Data referensi pokok tersebut di atas, hanya dapat diubah melalui Dapodik. Artinya ketika terjadi perubahan maka perubahan harus dilakukan di aplikasi dapodik, baru kemudian e-Rapor SMP mengambil dari Dapodik tersebut.

Pengambilan data melalui Dapodik ini harus dilakukan secara berkala setiap semester, sebagaimana sifat data pada Dapodik yang mengalami pembaharuan setiap semester.

Sehingga dalam pelaksanaannya, admin e-Rapor harus selalu berkorrdinasi dengan admin Dapodik terkait pengisian data pada aplikasi e-Rapor.

Selain itu, admin juga harus berkoordinasi dengan guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas untuk keperluan pengambilan data nilai peserta didik, baik nilai pengetahuan, sikap, maupun spiritual sebagai bentuk penilaian pada kurikulum 2013 (K13).

Panduan Cara Mengambil Data Dapodik Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengambil data Dapodik untuk keperluan pengisian aplikasi e-Rapor. Pastikan komputer yang akan dijadikan server sudah terinstal aplikasi e-Rapor (baca kembali : Panduan Cara Instal Aplikasi e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017).

  • Pada pilihan menu, pilih “Ambil Data Dapodik”

  • Selanjutnya pada dashboard akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

  • Klik tombol “Sinkron Semua Data” kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan seperti gambar berikut.

  • Selanjutnya untuk melakukan cek ulang data yang berhasil diambil dari dapodik, dapat dilihat pada menu “Data Referensi Dapodik” kemudian pilih data yang akan dilakukan cek ulang. Jika ditemukan data yang tidak sesuai, maka penyesuaian harus selalu dilakukan pada  aplikasi Dapodik.  Pengambilan ulang data disesuaikan dengan komponen data yang akan dibutuhkan.

(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)

Demikian ulasan mengenai Panduan Cara Mengambil Data Dapodik Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan