Panduan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila SD Tahun 2020

Panduan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila SD Tahun 2020

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Panduan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila SD (Bakti Pancasila SD) Tahun 2020.

Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila adalah sebuah kegiatan menggali kreatifitas siswa, guru, dan orang tua dalam kaitan Internalisasi Pancasila era pandemi melalui Media Sosial. Internalisasi Pancasila merupakan butir-butir yang terkandung dalam sila Pancasila

Bakti Pancasila SD ini bertujuan untuk menunjang kegiatan belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Program ini diharapkan dapat mendorong kreativitas sekaligus internalisasi Pancasila bagi peserta didik, guru, komite, orang tuadi Sekolah Dasar.

Panduan Bakti Pancasila SD Tahun 2020 ini berisi informasi tentang kegiatan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila di SD mulai dari tahap pendaftaran, pelaksanan, penilaian sampai pengumuman hasil kegiatan.

Keseluruhan proses yang dilaksanakan menggunakan fasilitas media sosial. Adapun media sosial yang digunakan dalam kegiatan ini adalah instagram, twitter, facebook, dan website.

Di dalam rangka mendukung belajar dari rumah diharapkan kontribusi aktif dari pesertauntuk mengikuti Bakti Pancasila SD di media sosial.

Tujuan

Tujuan Umum

Menyelenggarakan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila di Sekolah Dasar (Bakti Pancasila SD) di media sosial dalam mendukung belajar dari rumah.

Tujuan Khusus

1. Memberikan motivasi untuk berkreasi dan berinovasi dalam:

a. Meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar dari rumah; dan

b. Mengembangkan potensi peserta didik, guru, dan orang tua.

2. Mengapresiasi peserta didik, orang tua dan guru atas partisipasi dalam Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila di Sekolah Dasar (Bakti Pancasila SD).

Sasaran

Sasaran dari kegiatan Bakti Pancasila SD ini, yaitu peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD), guru, dan orang tua.

Waktu Pelaksanaan

Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila di Sekolah Dasar (Bakti Pancasila SD) dimulai tanggal 25 Agustus 2020 sampai dengan 28 September2020 dengan proses pelaksanaan sebagai berikut.

1. Pendaftaran dimulai tanggal 25 Agustus 2020 sampai dengan 23 September 2020 pukul 23.59 WIB.

2. Pendaftaran akan ditutup sebelum tanggal 23September 2020 apabila kuota telah mencapai 1.000 peserta untuk setiap kategori karya. Informasi status jumlah pendaftar dapat dilihat di website ditpsd.kemdikbud.go.id/baktipancasila.

3. Seleksi administrasi dan pemilihan karya tahap I dimulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 20 September 2020.

4. Seleksi administrasi dan pemilihan karya tahap II dimulai tanggal 21September sampai dengan 23 September 2020.

5. Penetapan akhir karya dimulai tanggal 24 September sampai dengan 26 September 2020.

6. Pengumuman karya terbaik tanggal 28 September 2020.

Tema Karya

Tema yang diangkat dalam Program Bakti Pancasila SD Tahun 2020 adalah “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Setiap karya peserta akan dinilai seberapa banyak muatan butir Pancasila yang terkandung di dalamnya. Muatan butir Pancasila yang dimaksud adalah (1) Ketuhanan yang Maha Esa; (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab; (3) Persatuan Indonesia; (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan; (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jenis Karya

1. Gambar

a. Gambar Bercerita

Gambar bercerita adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar  tidakbergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita tentang “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid-19”.

b. Cerita Bergambar

Cerita bergambar adalah kisah yang diceritakan dengan gambar yang menerangkan teks tertulis tentang “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid-19”.

2. Menulis Artikel

Artikel adalah sebuah esai yang lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dengan maksud untuk menyajikan ide-ide dan fakta-fakta tentang “Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Dunia Pendidikan”.

3. Video Pendek

Video merupakan serangkaian gambar yang bergerak,disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi alur.

Pesan yang terkandung dalam video merupakan “Adaptasi Kebiasaan Baru” tentang kegiatan peserta didik sekolah dasar di rumah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Misal peserta didik menyampaikan aktivitas yang dilakukan secara nyata memuat nilai-nilai positif untuk dirinya maupun orang lain.

Panduan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila SD (Bakti Pancasila SD) Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian Panduan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila SD (Bakti Pancasila SD) Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan