Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 23 (14 – 20 September 2020)

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 23 (14 – 20 September 2020)

Amongguru.com. Program Belajar dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu ke-23. Program Belajar dari Rumah di TVRI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemik Covid-19.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Upaya membangun kelekatan dan ikatan emosional tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 23 (14 – 20 September 2020) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan.

Panduan tersebut menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Jadwal acara Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 23 (14 – 20 September 2020) secara lengkap dapat di download di sini.

Jadwal tayang acara Belajar Dari Rumah di TVRI tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Seluruh program Acara Belajar dari Rumah ini tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu 23 (14 – 20 September 2020)

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu 23 (14 – 20 September 2020), ada beberapa program acara yang menarik untuk dilihat, antara lain sebagai berikut.

1. Talkshow

“Wabah dan Gerakan Masyarakat” (RR)

Senin, 14 September 2020, 19:00 – 20:00 (RR)

Kita semua tidak ada yang siap menghadapi wabah Covid-19. Kenyataan yang sangat mendasar adalah kita ini sangat rentan. Namun, di tengah kirisis ini, muncul berbagai pemikiran dan praktik yang mengimbangi kepanikan tersebut.

Kelompok relawan bermunculan di mana-mana untuk membantu tenaga medis, bersolidaritas dengan para supir yang tetap harus bertugas di tengah ancaman wabah.

“Jamu Nusantara, Geliat Industri Berbasis Tradisi”

Sabtu, 19 September 2020, 09:00 – 10:00

Minggu, 20 September 2020, 09:00 – 10:00 (RR)

Wabah Covid-19 membangkitkan perhatian dan minat orang pada kesehatan, minimal yang terkait dengan kondisi tubuhnya sendiri.

Setelah ada info bahwa pertahanan terkuat menghadapi Covid-19 ini adalah daya tahan tubuh sendiri, maka banyak orang mulai mengonsumsi jamu-jamuan.

Bagaimana khasiatnya? Bagaimana pemanfaatan tanaman dalam kebudayaan kita? Apa sesungguhnya potensi dari pengetahuan tradisional mengenai tanaman makanan berkhasiat? Saksikan pembahasannya dalam talkshow.

2. Film

Judul : Sarmin

Selasa, 15 September, 21.30

Sarmin adalah anak desa dari keluarga tidak mampu. Ayahnya seorang buruh tani dan Ibunya penjual jamu gendong. Meskipun hidup dengan keterbatasan tidak menghalangi semangat Sarmin untuk terus menuntut ilmu.

Sarmin bersahabat dengan beberapa teman yang berbeda-beda karakter, ada yang suka pamer, tidak punya pendirian dan lain-lain. Suatu hari Sarmin minta dibelikan tas baru. Rupanya ini
permintaan terakhir Sarmin kepada ayahnya.

Ayahnya meninggal karena kecelakaan saat membelikan tas. Hidup itu seperti jamu ada pahit dan manis, nasihat Ayah Sarmin sebelum meninggal. Bagaimanakah perjuangan Sarmin dalam menuntut ilmu setelah Ayahnya meninggal di tengah situasi sulit ini?

Judul : Mondok

Rabu, 16 September, 21.30

Reyhan, terkenal sebagai anak nakal yang sering memprovokasi anak-anak di sekolah untuk bertengkar dan merundung guru di kelas. Pihak sekolah sudah tak bisa mentolerir dan mengeluarkannya dari sekolah.

Orang tua berusaha mencarikan sekolah, namun tak ada yang mau menerima. Akhirnya, orang tua memasukkan Reyhan ke pesantren yang dipimpin Kyai nyentrik yang suka bermain gitar.

Kehidupan yang tak terbayangkan oleh Reyhan, ketika ia harus mengerjakan semua sendiri. Sanggupkah dia mengikuti pembelajaran di pesantren?

3. Tayangan Akhir Minggu

Cerita Pagi:

Sabtu, 19 September 2020, 08.00-09.00

Minggu, 20 September 2020, 08:00-09:00

Saksikan keseruan si Unyil, dilanjutkan Dongeng Anak. Setelah itu adik-adik akan menonton Klub Rumah Pohon. Pada minggu pagi, adik-adik akan menonton tayangan baru “Kita Wayang Kita”
episode ke-5, dilanjutkan dengan acara Dapur Anak.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Ke 23 (14 – 20 September 2020) secara lengkap dapat diihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI ke 23 (14 – 20 September 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan