Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 22 (7 – 13 September 2020)

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 22 (7 – 13 September 2020)

Amongguru.com. Program Belajar dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu ke-22. Program Belajar dari Rumah di TVRI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemik Covid-19.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Upaya membangun kelekatan dan ikatan emosional tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 22 (7 – 13 September 2020) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan.

Panduan tersebut menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Jadwal acara Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 22 (7 – 13 September 2020) secara lengkap dapat di download di sini.

Jadwal tayang acara Belajar Dari Rumah di TVRI tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Seluruh program Acara Belajar dari Rumah ini tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu 22 (7 – 13 September 2020)

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu 22 (7 – 13 September 2020), ada beberapa program acara yang menarik untuk dilihat, antara lain sebagai berikut.

1. Talkshow Asli Indonesia

TALKSHOW: “Air Sumber Kehidupan” (RR)

Senin, 7 September 2020, 20:00 – 21:00

Perubahan iklim akan berpengaruh besar pada ketersediaan, jumlah dan mutu air. Suhu bumi yang terus naik akan membuat oksigen berkurang.

Pencemaran air juga meningkat. Patogen menyebar bersamaan dengan banjir meninggalkan bermacam jenis penyakit di masyarakat.

Banjir dan kekeringan menjadi dua ekstrem akibat perubahan iklim dan kedua-duanya berdampak besar pada kehidupan manusia.

Kalau kita terus seperti ini akan ada 40% pengurangan air secara global sebelum 2030. Problemnya ada pada tata kehidupan kita, pada kebudayaan kita. Apa yang harus dilakukan?

TALKSHOW: “Seni dan Industri Kreatif Menghadapi Pandemi” (RR)

Sabtu, 12 September 2020, 09:00 — 10:00

Bercerita tentang tantangan yang akan dihadapi oleh pelaku industri kreatif di tengah masa
pandemi COVID-19 yang sedang dialami saat ini.

Apa saja dampak yang akan ditimbulkan dan bagaimana menyiasati agar bisa keluar dari krisis ini. Dampak dari masing-masing industri yang terjadi mendorong upaya untuk melakukan transformasi perubahan menyesuaikan kondisi ini.

2. Film

Judul : Bumi Tadulako

Selasa, 8 September 2020, 21.30

Kisah yang menceritakan kehidupan anak-anak dalam pengungsian di Palu dan Donggala. Hidup di pengungsian berbeda dengan tinggal di rumah.

Dengan serba keterbatasan, baik dari layanan kesehatan, pangan maupun pendidikan. Namun, anak-anak tetap tangguh berjuang dalam situasi ini.

Barahima, Ganareke, Kamala, Labora dan Hamido tetap berjuang untuk melanjutkan hidup, berbakti pada orang tua, dan bersekolah.

Mereka terinspirasi dari sebuah buku surat kepada Tuhan, dan mereka menuliskan asa dan cita-citanya dan berharap Tuhan akan membaca dan mengabulkannya.

Mereka pun mengajak anak-anak pengungsian yang lain untuk menulis dan menyebarkan di tempat ibadah sesuai keyakinannya.

Judul : Gulat Benjang

Rabu, 9 September 2020, 21.30.

Benjang, kesenian tradisional Sunda yang berkembang di Ujungberung, kabupaten Bandung
sejak abad ke -19. Fajar, “Anak Kota” yang harus pindah ke Ujung Berung.

Fajar ingin diterima di lingkungan barunya, memiliki sifat yang tidak sabaran. Rian, Anak jagoan Benjang yang merasa dirinya jagoan, “penguasa” anak-anak sebayanya. Yana, mantan jagoan Benjang yang karena merasa bersalahnya telah melukai temannya memilih menarik diri.

Pak Jaja, adalah sosok yang mewakili tema penyalahgunaan benjang menjadi alat
jagoan. Selali menekan Rian anaknya untuk selalu menjadi nomor satu, supaya legitimasi posisinya sebagai jagoan nomor satu.

3. Tayangan Akhir Minggu

Cerita Pagi :

Sabtu, 12 September 2020, 08.00-09.00

Minggu, 13 September 2020, 08:00-09:00

Saksikan keseruan si Unyil, dilanjutkan Dongeng Anak. Setelah itu adik-adik akan menonton tentang Klub Rumah Pohon.

Pada minggu pagi, adik-adik akan menonton tayangan baru “Kita Wayang Kita” episode ke-4, dilanjutkan dengan acara Dapur Anak.

PODBOX: “Alih Wahana Sastra”

Sabtu, 12 September 2020, 10:00 – 11:00

Apa itu alih wahana karya sastra? Dari novel ke film, dari puisi ke lagu, atau dari cerpen ke sandiwara radio, itulah beberapa bentuk alih wahana karya sastra. Happy Salma akan menceritakan pengalaman dirinya terlibat dalam proses alih wahana.

Salah satunya adalah “Sandiwara Sastra” sebuah season sandiwara audio di podcast Budaya Kita yang mendapat sambutan luas dari masyarakat.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Ke 22 (7 – 13 September 2020) secara lengkap dapat diihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI ke 22 (tanggal 7 – 13 September 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan