Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 20 (Tanggal 24-30 Agustus 2020)

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 20 (Tanggal 24-30 Agustus 2020)

Amongguru.com. Program Belajar dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu ke-20. Program Belajar dari Rumah di TVRI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemik Covid-19.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Upaya membangun kelekatan dan ikatan emosional tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 20 (24-30 Agustus 2020) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan.

Panduan tersebut menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Jadwal acara Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 20 (24-30 Agustus 2020) secara lengkap dapat di download di sini.

Jadwal tayang acara Belajar Dari Rumah di TVRI tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Seluruh program Acara Belajar dari Rumah ini tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu 20 (24-30 Agustus 2020)

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu 20 (tanggal 24-30 Agustus 2020), ada beberapa program acara yang menarik untuk dilihat, antara lain sebagai berikut.

1. Talk Show Asli Indonesia

Talkshow : “Kebudayaan di Era Digital”

Senin, 24 Agustus 2020, 14:00 – 15:00

Pembatasan sosial berskala besar untuk menghadapi wabah COVID-19 membawa perubahan besar dalam keseharian kita.

Jarak fisik antar manusia membuat komunikasi melalui media, termasuk media digital, menjadin sangat menonjol. Suka atau tidak, sebuah ‘normal baru’ tengah terbentuk.

Talkshow : “Air”

Sabtu, 29 Agustus 2020, 09:00 – 10:00

Sabtu, 29 Agustus 2020, 22:30 – 23:30 (RR)

Perubahan iklim akan berpengaruh besar pada ketersediaan, jumlah dan mutu air. Suhu bumi yang terus naik akan membuat oksigen berkurang.

Pencemaran air juga meningkat. Patogen menyebar bersamaan dengan banjir meninggalkan bermacam jenis penyakit di masyarakat.

Banjir dan kekeringan menjadi dua ekstrem akibat perubahan iklim dan kedua-duanya berdampak besar pada kehidupan manusia. Kalau kita terus seperti ini akan ada 40% pengurangan air secara global sebelum 2030. Problemnya ada pada tata kehidupan kita, pada kebudayaan kita. Apa yang harus dilakukan?

2. Film

Judul : SKJ (Seleb Kota Jogja)

Selasa, 25 Agustus, 21.30

Kisah kehidupan 3 orang pemuda desa yang memiliki kesamaan obsesi menjadi musisi. Mereka terus berjuang menaklukan tantangan agar bisa mewujudkan keinginannya dengan membentuk grup band.

Aku dan Hari Esok

Rabu, 26 Agustus, 21.30

Kisah anak-anak di perbatasan Kalimantan-Malaysia. Seba, salah satu anak itu kini bekerja di perkebunan kelapa sawit. Namun saat jam bekerja, dia seringkali kabur dan bermain dengan kedua temannya.

Mereka seringkali menyanyi dan menyusuri hutan. Di beberapa kesempatan, Seba juga belajar menulis dengan buku tulis usangnya.

Selain hidup di garis kemiskinan, status mereka sebagai warga negara juga tidak jelas. Film Ini tentang semangat sekolah anak di perbatasan.

Tidak hanya kondisi wilayah yang membatasi akses sekolah, kepedulian keluarga juga salah satu penyebabnya.

3. Tayangan Akhir Minggu

Cerita Pagi

Sabtu, 29 Agustus 2020, 08.00-09.00

Minggu, 30 Agustus 2020, 08:00-09:00

Saksikan keseruan si Unyil, dilanjutkan Dongeng Anak. Setelah itu adik-adik akan menonton Cerita Sabtu Pagi tentang Klub Rumah Pohon.

Pada minggu pagi, adik-adik akan menonton tayangan baru “Kita Wayang Kita” episode ke-3, dilanjutkan dengan acara Dapur Anak.

PODBOX : “Musik dan Komposisi”

Sabtu, 29 Agustus 2020, 10:00 – 11:00

Minggu, 30 Agustus 2020, 09:00 – 10:00 (rerun)

Di dalam dunia musik, seorang komposer sering kali bekerja di belakang layar. Tak jarang ia juga diminta membuat dan menyusun musik yang dipakai untuk sebuah film. Namun, seorang komposer juga bisa “manggung” dan menggelar konser.

Di dalam PodBox episode ini akan digali keterampilan yang paling utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bisa menjadi seorang komposer.

Siapa saja musisi Indonesia yang berprofesi sebagai komposer? Gardika Gigih, Anto Hoed, dan Melly Goeslaw akan membagikannya kepada pemirsa.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Ke 20 (tanggal 24-30 Agustus 2020) secara lengkap dapat diihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI ke 20 (tanggal 24-30 Agustus 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan