Panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP

Panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, telah menerbitkan Panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia dalam bidang sains.

KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari babak penyisihan tahap 1 dan tahap 2 dan dilanjutkan ke babak final tingkat nasional. Peserta KSN Tingkat Nasional adalah siswa/siswi yang telah berhasil lulus seleksi untuk setiap tingkatannya.

Lingkup Materi KSN

Lingkup materi silabus KSN didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus Kompetisi internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus KSN.

Kompetensi yang diharapkan dari peserta KSN adalah keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN dan naskah soal KSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda.

Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi, kemudian untuk soal tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota.

Berikut ini adalah panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP

Login Peserta

Pada halaman login peserta wajib memasukkan NISN dan Password. Ketika memasukkan NISN pastikan tidak ada spasi yang terbawa.

Jika muncul pesan “NISN tidak Terdaftar ”, Sekolah membuatkan Akun Peserta pada Menu Pengaturan Akun Web KSN.

Jika muncul pesan “Password Salah”, Peserta dapat memeriksa ketikkan dengan klik icon mata  Jika Peserta lupa password, Sekolah untuk meresetkan pada Menu Pengaturan Akun Web KSN

Jika muncul pesan “User Sudah Login”, Sekolah dapat menghapuskan Login Peserta pada Menu List Login Peserta Web KSN.

Petunjuk Sekolah : https://drive.google.com/file/d/16t2zvi69msRDwKiNqKHc3p_Y8bgzY6Z/view

Beranda

Untuk mengakses Ujian, Peserta dapat mengklik Menu Ujian.

Daftar Ujian

Sebelum Ujian, pastikan Pengaturan Waktu pada Device atau Smartphone yang digunakan Peserta sudah diaturOtomatis.

Pengaturan Waktu secara manual akan menjadi salah satu penyebab Peserta gagal Ujian

Jika Pengaturan Waktu sudah Otomatis sesuai Lokasi Peserta, maka akan muncul Waktu Daftar Ujian seperti contoh gambar berikut, untuk 2 lokasi berbeda di luar Waktu Indonesia Barat

Kiri : Waktu Indonesia Timur

Kanan : Waktu Arab Saudi

Misal waktu Ujian dimulai 09.00 WIB, maka pada di Jayapura, ujian dimulai pada 11.00 WIT dan di Riyadh Arab Saudi, ujian dimulai pada 05.00 Waktu Arab Saudi.

Hitung Mundur

Setelah Peserta klik salah satu jadwal ujian, maka akan masuk ke halaman Hitung Mundur, yang harus dilakukan Peserta adalah sebagai berikut.

1. Klik Mengunduh Soal, sampai status “Soal Tersedia”.

2. Jika jadwal ujian masih besok hari, Peserta dapat keluar Aplikasi tanpa melakukan Logout.

3. Jika Ujian akan dimulai dalam beberapa menit lagi, Peserta dapat menunggu di Halaman Hitung Mundur sampai Tombol Mulai Ujian menjadi Hijau.

4. Klik Mulai Ujian warna Hijau untuk memulai Ujian.

Panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian Panduan Aplikasi Mobile KSN Jenjang SD dan SMP. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan