Pahami Cara Menghitung Nilai SKD Sesuai Passing Grade CPNS 2019

Pahami Cara Menghitung Nilai SKD Sesuai Passing Grade CPNS 2019

Amongguru.com. Seleksi Kompensi Dasar (SKD) merupakan tahapan penting yang harus diikuti pelamar dalam penerimaan CPNS 2019.

Pelamar berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar apabila dinyatakan lolos seleksi administrasi dan verifikasi dokumen.

Tes SKD bertujuan untuk mengukur kemampuan dan karakteristik pelamar dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan perilaku sebagai ciri seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dengan demikian, sateri tes Seleksi Kompetensi Dasar terbagi dalam tiga bentuk, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk menilai kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan vigural.

Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menilai pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan profesionalisme

Baca : Materi Lengkap Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 dan Contoh Soal

Di dalam menentukan kelulusan peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar, maka pemerintah menetapkan nilai ambang batas atau passing grade.

Nilai ambang batas (possing grade) merupakan nilai minimal yang harus dicapai peserta tes CPNS dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar.

Ketentuan nilai ambang batas ini setiap tahun bisa berubah atau sama dengan ketentuan pada tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2019 ini, ketentuan nilai ambang batas seleksi CPNS 2019 diatur dalam PermenPANRB Nomor 24 Tahun 201.

Di dalam peraturan tersebut, ditetapkan nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 sebagai berikut.

(1) Nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : 126 (seratus dua puluh enam)

(2) Nilai ambang batas Tes Intelegensi Umum (TIU) : 80 (delapan puluh)

(3) Nilai ambang batas Tes Wawasan kebangsaan (TWK) : 65 (enam puluh lima)

Jika dibandingkan dengan tahun 2018, makan nilai ambang batas kelulusan CPNS tahun 2019 ini mengalami penurunan, khususnya pada nilai ambang batas TKP dan TKW.

Di dalam Permenpan RB Nomor 37 Tahun 2018, nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

(1) Nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : 143 (seratus empat puluh tiga)

(2) Nilai ambang batas Tes Intelegensi Umum (TIU) : 80 (delapan puluh)

(3) Nilai ambang batas Tes Wawasan kebangsaan (TWK) : 75 (tujuh puluh lima)

Sesuai hal tersebut, diketahui bahwa nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seleksi CPNS 2019 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, yaitu dari 143 menjadi 126.

Nilai ambang batas Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) CPNS 2019 juga menurun, dari 75 di tahun 2018 menjadi sebesar 65.

Sedangkan  nilai ambang batas Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS 2019 adalah sama dengan tahun sebelumnya, yaitu sebesar 80.

Pahami Cara Menghitung Nilai SKD Sesuai Passing Grade CPNS 2019

Peserta seleksi CPNS 2019 perlu memahami cara menghitung nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan berpedoman pada nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditetapkan.

Secara keseluruhan, soal SKD berjumlah 100 butir soal, dengan rincian 35 butir soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 35 butir soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 30 butir soal Tes Wawasan Kebangsaan.

Penilaian untuk materi soal TIU dan TWK jika menjawab benar, nilainya adalah 5 dan apabila menjawab salah atau tidak menjawan, nilainya nol.

Sedangkan penilaian untuk materi soal TKP. apabila menjawab, nilai terendah 1 (dan nilai tertinggi 5, serta tidak menjawab nilainya nol.

Nilai maksimal yang dapat dicapai peserta tes SKD berdasarkan ketentuan penilaian tersebut adalah 500, dengan rincian sebagai berikut.

Nilai maksimal untuk TKP = 5 x 35 = 175
Nilai maksimal untuk TIU = 5 x 35 = 175
Nilai maksimal untuk TWK = 5 x 30 = 150

Sedangkan jumlah keseluruhan nilai ambang batas SKD CPNS 2019 adalah 271, diperoleh dari penjumlahan nilai ambang batas ketiga bentuk soal SKD (TKP, TIU, dan TWK).

Berdasarkan penskoran terhadap jawaban tes SKD dan nilai ambang batasnya, maka kita dapat memperkirakan berapa jumlah minimal soal yang harus dijawab benar untuk tiap bentuk soal SKD.

Jumlah minimal soal dengan jawaban tertinggi pada Tes Karakteristik Pribadi = 126 : 5 = 25 soal

Jumlah minimal soal dengan jawaban benar pada Tes Intelegensia Umum = 80 : 5 = 16 soal

Jumlah minimal soal dengan jawaban benar pada Tes Wawasan Kebangsaan = 65 : 5 = 13 soal

Peserta dinyatakan lulus tes SKD, jika nilai setiap kelompok soal Tes Kompetensi Dasar memenuhi masing-masing nilai ambang batas (passing grade).

Kelulusan tes SKD tidak hanya ditentukan oleh nilai total passing grade, tetapi ditentukan oleh nilai passing grade tiap kelompok soal.

Sebagai contoh, nilai total passing grade soal Tes Kompetensi Dasar seorang peserta ujian CPNS 2019 adalah 285, dengan rincian : nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) = 120, nilai Tes Intelegensia Umum (TKU) = 85, dan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TKB) = 80

Sesuai hasil Tes Kompetensi Dasar yang dicapai peserta ujian CPNS tersebut, maka dipastikan peserta tidak lulus.

Meskipun jumlah nilai total passing grade sudah memenuhi, akan tetapi ada salah kelompok soal yang tidak memenuhi nilai passing grade, yaitu nilai Tes Karakteristik Pribadi (120 < 126).

Sedangkan dua nilai tes lainnya, Tes Intelegensia Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan, sudah memenuhi passing grade yang ditetapkan.

Baca : Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Tahun 2019, Download Di Sini

Penurunan nilai ambang batas ujian CPNS tahun 2019 memberikan peluang lebih besar kepada peserta ujian CPNS untuk dapat lulus tahap Seleksi Kompetensi Dasar.

Dengan diturunkannya nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019, diharapkan dapat meningkatkan prosentase peserta yang lulus tes SKD.

Ketentuan nilai ambang batas seleksi CPNS 2019 dikecualikan bagi peserta yang mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan Formasi Khusus, sebagai berikut.

1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cum Laude;

2. Penyandang Disabilitas;

3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat; dan

4. Diaspora.

Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 pada jenis penetapan kebutuhan Formasi Khusus Tenaga Pengamanan Siber (Cyber Security) tetap berlaku seperti di atas.

Nilai Ambang Batas SKD Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” (Cum Laude)

Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cum Laude dan Diaspora paling rendah 271 (dua ratus tujuh puluh satu), dengan nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima).

Nilai Ambang Batas SKD Penyandang Disabilitas 

Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling rendah 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling rendah 70 (tujuh puluh).

Nilai Ambang Batas SKD Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling rendah 60 (enam puluh).

Demikian informasi mengenai cara menghitung nilai ambang batas passing grade kelulusan CPNS 2019.

Semoga dapat membantu peserta tes dalam memahami ketentuan nilai ambang batas kelulusan CPNS tahun 2019.

Tinggalkan Balasan