Oreo Akhirnya Dipilih sebagai Nama Versi Android Terbaru Tahun 2017

Oreo Akhirnya Dipilih sebagai Nama Versi Android Terbaru Tahun 2017

Amongguru.com. Sudah menjadi sebuah tradisi dari perusahaan raksasa Google untuk memberikan nama versi sistem operasi Android dengan desert atau nama makanan penutup yang bercita rasa manis. Selain itu, penamaan versi Android juga didasarkan pada urutan abjad. Baca juga : Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android dari Masa ke Masa.

Bersamaan dengan terjadinya peristiwa gerhana matahari total di Amerika Serikat, Senin, 21 Agustus 2017, Google secara resmi meluncurkan sistem operasi Android terbaru mereka, yang diberi nama Android 8.0 Oreo. Entah sebuah kesengajaan atau tidak, peluncuran sistem operasi terbaru ini dilakukan pada hari dimana terjadi gerhana matahari total di Amerika Serikat.

Android O atau Android Oreo adalah versi terbaru dari sistem operasi Android, sebagai penyempurna dari sistem operasi sebelumnya, yaitu Android 7.0 Nougat, yang diluncurkan pada sekitar bulan Agustus 2016.

Oreo akhirnya dipilih sebagai nama versi Android terbaru tahun 2017

Hal ini sesuai dengan komitmen dari pihak Google untuk selalu menggunakan nama makanan penutup pada versi Android terbarunya.  Oreo sendiri merupakan sebuah produk biskuit coklat yang popular di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Beberapa tambahan fitur baru maupun pembaharuan fitur telah dilakukan pada sistem operasi Android Oreo ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk memanjakan para pengguna smartphone dalam memenuhi aktivitas mereka menggunakan ponsel pintar tersebut. Baca juga : Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo.

Sebagai sebuah versi baru, maka belum semua jenis smartphone dapat melakukan pembaharuan ke sistem operasi Android Oreo. Hal ini dapat dimaklumi karena pihak pengembang sendiri masih melakukan uji coba terhadap beberapa perangkat ponsel pintar yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru tersebut.

Untuk mengetahui daftar smartphone yang dapat melakukan pembaharuan ke Android Oreo, silahkan baca : Daftar Ponsel yang Mendapatkan Upgrade Android Oreo Gratis.

Mengapa Android selalu memakai nama makanan manis?

Menarik untuk diketahui tentang alasan Android menggunakan nama-nama makanan manis dalam setiap peluncuran versi terbaru mereka. Anda tentu masih ingat dengan nama-nama versi Android sebelumnya, yang menggunakan nama desert atau makanan ringan manis.

Donut, KitKat, Lolipop, Froyo (Frozen Yogurt), Marshmallow, dan Nougat adalah deretan nama makanan ringan manis yang digunakan sebagai versi Android sebelum Android Oreo diluncurkan.

Oreo Akhirnya Dipilih sebagai Nama Versi Android Terbaru Tahun 2017
Beberapa versi Android menggunakan nama makanan penutup

Apa yang menyebabkan Google selalu memberikan nama makanan ringan manis untuk setiap sistem operasai Android?

Ternyata, hal tersebut masih menjadi rahasia pihak Google. Google masih menutupi mengapa pihaknya menggunakan nama-nama makanan ringan manis di setiap peluncuran Android versi terbaru. Hal ini kemungkinan terkait dengan kebijakan dalam perusahaan.

Meskipun berbagai analisis sudah dikemukakan oleh para pengguna Android, akan tetapi sampai sekarang belum ada jawaban yang dapat memuaskan. Begitu rapatnya pihak Google maupun pihak pengembang Android dalam menutupi alasannya, membuat pengguna Android memberikan analisa dan dugaan yang beragam.

Berbagai dugaan dimunculkan tentang alasan Google menggunakan nama makanan penutup yang rasanya manis dalam setiap versi Androi. Dipilihnya makanan manis dapat dianalogikan dengan harapan agar para pengembang Android dapat merasakan manisnya kesuksesan setelah peluncuran Android.

Ada juga yang berpikiran bahwa Google menggunakan nama makanan ringan manis untuk memberikan isyarat tentang fitur-fitur Android yang terlihat manis dan juga canggih.

Pada saat peluncuran Android 4.4 versi KitKat, Google pernah memberikan pernyataan tentang penggunaan nama “KitKat”. Kabarnya, alasan Android 4.4 diberikan kode KitKat, karena pada saat itu pada pengembang maupun teknisi Android bekerja dengan sangat keras dalam mengembangkan sistem operasi tersebut hingga larut malam dan selalu memakan KitKat sebagai cemilan.

Ada pula rumor bahwa dipilihnya nama KitKat sebagai bentuk strategi memasarkan KikKat sebagai makanan ringan asal Inggris tersebut.

Apa pun alasannya, biarlah hal tersebut menjadi rahasia tersendiri dari Google. Tetapi yang pasti adalah kesuksesan pengembangan Android sekarang semanis dengan nama makanan ringan manis yang digunakan dalam setiap pengembangan versinya..

Sekian dulu postingan mengenai Oreo Akhirnya Dipilih sebagai Nama Versi Android Terbaru Tahun 2017.

Semoga bermanfaat untuk referensi bacaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan