Nilai Derajat Keasaman (pH) Senyawa Asam Basa Garam

Amongguru.com. Nilai Derajat Keasaman (pH) Senyawa Asam Basa Garam.

Senyawa asam dan basa apabila dilarutkan dalam air, akan terurai menjadi ion-ionnya. Asam apabila dilarutkan dalam  air akan melepaskan ion hidrogen (H+), sedangkan basa jika dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion hidroksida (OH).

Semakin banyak ion H+ yang dapat dilepaskan oleh suatu asam, maka semakin tinggi tingkat keasaman larutan. Apabila semakin besar ion OH yang dilepaskan, berarti semakin tinggi derajat kebasaan suatu larutan.

Besaran yang digunakan untuk menentukan derajat keasaman suatu larutan adalah pH (power of Hydrogen). Besaran tersebut ditetapkan berdasarkan konsentrasi ion H+ dalam suatu larutan. Skala pH berada pada rentang angka 0 sampai 14.

Nilai pH 7 menunjukkan suatu zat bersifat netral (tidak asam dan tidak basa). Suatu asam memiliki pH yang lebih kecil dari 7. Semakin nilai pH mendekati angka 0, maka tingkat keasamannya semakin kuat. Jika nilai pH suatu zat mendekati 7, tingkat keasamannya semakin lemah (berkurang).

Tingkat keasaman suatu zat berbanding terbalik dengan tingkat kebasaannya. Suatu zat yang memiliki tingkat keasaman tinggi, dengan sendirinya zat tersebut memiliki tingkat kebasaan yang rendah. Demikian pula sebaliknya, senyawa basa memiliki nilai pH yang lebih besar dari 7. Semakin besar nilai pH suatu larutan, semakin kuat sifat kebasaan zat tersebut.

Berikut ini adalah tabel hubungan warna, nilai pH, dan sifat asam basa suatu senyawa.

Nilai pH suatu garam bergantung pada nilai pH suatu asam dan basa pembentuknya, Garam netral diperoleh dari hasil reaksi antara asam kuat dengan basa kuat atau asam lemah dengan basa lemah. Contoh garam netral (pH = 7) adalah natrium klorida, yang berasal dari reaksi antara asam kuat (asam klorida) degan basa kuat (natrium hidroksida).

Alat yang digunakan untuk mengukur pH larutan adalah pH meter. Alat ini mengukur konsentrasi ion H+ di dalam larutan sehingga nilai pH dapat ditentukan secara tepat.

Demikian ulasan mengenai Nilai Derajat Keasaman (pH) Senyawa Asam Basa Garam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan