Neptunus Planet Terjauh Dalam Sistem Tata Surya dan Ciri-cirinya

Neptunus Planet Terjauh Dalam Sistem Tata Surya dan Ciri-cirinya

Amongguru.com. Neptunus adalah planet ke delapan sekaligus planet terjauh dalam sistem Tata Surya.

Nama “Neptunus” diambil dari nama dewi Lautan pada jaman Romawi Kuno, sesuai dengan warna planet Neptunus yang kebiru-biruan seperti lautan.

Neptunus ditemukan pada tanggal 23 September 1846. Pada awal penemuannya, planet Neptunus hanya dianggap sebagai planet yang berada di luar Uranus atau”planet Le Verrier”.

Akan tetapi, seiring perkembangan penemuan tersebut, selanjutnya planet di luar Uranus tersebut diberi nama Neptunus. Secara harfiah, Neptunus diterjemahkan sebagai bintang raja laut atau dewa laut.

Berikut ini adalah ciri-ciri lengkap dari planet Neptunus.

1. Komposisi dan Struktur

Massa Neptunus kurang lebih 17 kali dari massa Bumi dan 1/19 kali massa Jupiter. Neptunus merupakan planet ketiga yang memiliki massa terbesar dalam Tata Surya.

Jari-jari khatulistiwa planet Neptunus tercatat sebesar 24.764 km atau sekitar empat kali dari jari-jari Bumi.

Neptunus bersama dengan Uranus sering dijuluki sebagai raksasa es, karena keduanya memiliki struktur internal yang mirip.

Permukaan Neptunus adalah gas dan bukan material padat. Planet Neptunus tampak berwarna hujau kebiruan, karena cahaya merah yang diserap oleh metana. Permukaan planet Neptunus dipenuhi oleh awan yang bergerak cepat dan sesekali terjadi badai.

2. Atmosfer

Atmosfer Neptunus membentuk sekitar 5 sampai 10 persen massanya, dan kurang lebih meliputi 10 hingga 20 persen struktur planet tersebut.

Bagian atas atmosfer Neptunus sebagian besar tersusun atas hidrogen dan helium. Sedangkan pada bagian bawah atmosfer Neptunus banyak dijumpai gas metana, amonia, dan air.

Atmosfer Neptunus terbagi lagi menjadi dua wilayah utama, yatu trofosfer, bawah, tempat suhu terus menurun seiring ketinggiannya, dan stratosfer, tempat suhu terus meningkat seiring ketinggiannya.

Baca juga : Anggota Planet Dalam dan Ciri-Cirinya Dilengkapi Gambar

3. Satelit

Planet Neptunus memiliki 14 satelit alami. Dari keempat belas satelit tersebut, ada dua satelit yang terkenal, yaitu Triton dan Nereid.

Triton ditemukan 17 hari setelah penemuan Neptunus. Pada tahun 1989, Triton merupakan benda terdingin yang pernah diukur di tata surya, dengan suhu mencapai sekitar -235°C.

Sedangkan Nereid adalah satelit kedua yang ditemukan pada planet Neptunus, pada tahun 1949. Nereid memiliki orbit paling eksentrik dari semua satelit dalam sistem Tata Surya.

Setelah ditemukannya kedua satelit ini, maka kembali menemukan satelit lain yang mengorbit Neptunus. Satelit-satelit tersebut adalah Proteus, Naiad, Thalassa, Despina, Glatea dan Larissa.

Kemudian beberapa satelit terakhir ditemukan pada tahun 2002 dan 2003. Penamaan satelit Neptunus merujuk pada Dewa Laut Romawi, disesuaikan dengan nama dewa laut setelahnya.

4. Iklim

Suhu pada planet Neptunus bervariasi. Pada troposfer atas, kutub selatan Neptunus bersuhu lebih panas jika dibandingkan dengan suhu keseluruhan Neptunus.

Cuaca pada planet Neptunuis identik dengan adanya badai dinamis yang ekstrim dan dipengaruhi oleh panas internalnya yang tinggi. Badai ini memiliki kecepatan angin yang menyamai kecepatan aliran supersonik.

Neptunus memiliki kemiringan mendekati kemiringan sudut Bumi dan Mars, sehingga menyebabkan Neptunus juga mengalami pergantian musim yang sama dengan Bumi.

Perbedaanya pada waktu perubahan musim, dimana perubahan musim Neptunus lebih lama, yaitu sekitar 40 tahun.

5. Kala Rotasi dan Revolusi

Jarak Neptunus ke Matahari adalah sekitar 4.497.000.000 km, sehingga untuk berevolusi, Neptunus membutuhkan waktu sekitar 164,79 tahun.

Sebagai planet yang tidak padat, Neptunus mengalami rotasi diferensial. Zona khatulistiwa Neptunus berotasi selama 18 jam, rotasi medan magnetnya selama 16,1 jam.

Sedangkan pada daerah kutub terjadi rotasi terbalik yang berlangsung selama 12 jam. Dengan demikian, jika dirata-rata, Neptunus memiliki periode rotasi sekitar 18 jam.

Demikian ulasan mengenai Neptunus planet terjauh dalam sistem Tata Surya dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan