Naskah Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Naskah Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Amongguru.com. Naskah doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 dibacakan sebagai salah satu rangkaian acara pada upacara memperingati hari bersejarah tersebut.

Naskah doa ini disusun oleh Panitia Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020. Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 jatuh pada hari Kamis, tanggal 1 Oktober 2020.

Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Sejarahnya lahirnya hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari adanya sebuah sebuah peristiwa berdarah, yaitu pembunuhan terhadap enam Jenderal dan seorang Kapten serta beberapa korban lain.

Insiden yang terjadi tanggal 30 September 1965 ini merupakan upaya kudeta dari Partai Komunis Indonesia atau dikenal dengan sebutan PKI, untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.

Gerakan ini kemudian dikenal sebagai Gerakan 30 September/PKI atau Gestapu (Gerakan september tiga puluh).

Di dalam upaya mengenang peristiwa tersebut, maka setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Baca : Surat Edaran Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Naskah Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 akan diselenggarakan secara nasional dengan mengambil tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”.

Pantia telah menyusun pedoman penyelenggaraan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2020, termasuk naskah doanya.

Berikut ini adalah naskah doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

DOA
UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA
1 OKTOBER 2020
DIBACAKAN OLEH MENTERI KOORDINATOR BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA
DAN KEBUDAYAAN

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Maha Pengasih dan Penyayang,

Pada hari yang penuh berkah dan hikmah ini, terimalah puji dan syukur kami, karena pada tanggal 1 Oktober 1965 yang lalu negara dan bangsa kami telah Engkau berikan kekuatan dan keselamatan untuk mempertahankan ideologi Pancasila. Kami memohon kepada-Mu, curahkan rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kesatria kusuma bangsa yang telah mendahului kami lipat gandakan amal dan dharma bakti mereka, dekaplah mereka disisi-Mu dengan rahmat dan ridha-Mu.

Ya Allah, Tuhan Maha Bijaksana

Jadikanlah peristiwa mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila sebagai tonggak sejarah agar tidak terulang kembali. Jagalah bangsa kami dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan bangsa. Karena itu ya Allah bimbinglah kami dan tuntunlah kami untuk membangun negara dan bangsa ini agar menjadi bangsa penuh keimanan, dilandasi ketaqwaan dan berhiaskan dengan akhlak mulia, adil makmur sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ya Allah Ya Qawiyu Ya ’Aziz, Tuhan Yang Maha Mulia

Saat ini kami bangsa lndonesia dan seluruh bangsa-bangsa lain di dunia sedang menghadapi keprihatinan kesehatan, keamanan, dan sosial ekonomi akibat covid-19 yang sedang melanda. Karenanya ya Allah atas kuasa dan pertolongan-Mu angkatlah wabah covid ini dari negeri tercinta, lindungilah bangsa dan negara kami, sehatkan dan kuatkanlah kami baik lahir dan batin agar selalu shabar dan tawakkal. Kami yakin dibalik wabah dan ujian ini akan Engkau tampakkan berbagai hikmah menaikan derajat kami.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pemurah

Limpahkan kepada kami dan para pemimpin negeri ini kekuatan dan keteguhan hati untuk selalu menegakkan kebenaran dan menjunjung keadilan. Tanamkan kearifan, kebijakan dan sebagai teladan serta istiqamah dalam mengemban amanah yang besar, agar setiap kebijakan memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi seluruh rakyat bangsa dan negara.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun

Ampunilah dosa kami para orang tua kami para pemimpin kami serta para pahlawan kami, Terimalah perjuangan dan dharma bakti mereka dengan pahala yang berlipat ganda, kelompokkan mereka di sisi-Mu dalam rahmat dan surga-Mu.

Demikian naskah doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan