Naskah Doa Peringatan Hari Ibu Ke 91 Tahun 2019

Naskah Doa Peringatan Hari Ibu Ke 91 Tahun 2019

Amongguru.com. Hari Ibu adalah hari kebangkitan perempuan Indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa.

Perempuan Indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, akan tetapi juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional.

Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Perempuan mempunyai posisi yang lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk keluarga, anak dan orang tua.

Dengan demikian, kebutuhan spesifik perempuan akan lebih terdukung apabila perempuan memperoleh akses, manfaat, dapat berpartisipasi serta melakukan kontrol disegenap aspek pembangunan nasional.

Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia. Oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan.

Hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kelanjutan perjuangan persatuan perempuan Indonesia selalu diperingati pada setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Naskah Doa Peringatan Hari Ibu Ke 91 Tahun 2019

Pada tahun 2019 ini, akan diperingati Hari Ibu yang ke 91 tahun.  Peringatan Hari Ibu yang diperingati pada tanggal 22 Desember 2019, baik di dalam maupun di luar negeri, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan dalam pergerakan merebut kemerdekaan dan perannya baik sebagai ibu ataupun anggota masyarakat.

Di dalam upaya mengenang dan menghargai perjuangan perempuan, maka diselenggarakan Peringatan Hari Ibu ke 91 Tahun 2019 yang salah satu agendanya adalah melaksanakan upacara bendera.

Puncak acara Peringatan Hari Ibu Ke 91 akan dilaksanakan di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, sedangkan pelaksanaan di provinsi, kabupaten/kota dan perwakilan Indonesia di luar negeri diselenggarakan berdasarkan pedoman ini, serta disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat.

Keterlibatan semua pihak dalam PHI ke 91 tahun 2019 akan memperkuat dan mendorong tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019  menunjukkan bahwa perjuangan perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Baca : Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Ibu Ke 91 Tahun 2019

Berikut ini adalah naskah doa Peringatan Hari Ibu ke 91 tahun 2019.

DOA PERINGATAN HARI IBU KE-91 TAHUN 2019

22 Desember 2019

Bismillahirrahmannirrahim
Alhamdulillahirobbil ‘Aalamiin
Allahumma Sholli ‘ala Muhammad wa’alaa Aalihii washahbihi Ajma’iin

Ya Allah Ya Tuhan Kami

Rasa syukur kami kepada-Mu Ya Allah, tak putus asa kami mengadu dan meminta, rahmat ampun-Mu senantiasa kami harap dan kami damba, dengan ridho-Mu semoga negara dan bangsa Indonesia tetap jaya.

Ya Allah Ya Rahman Yang Maha Pengasih

Pada hari ini kami berkumpul di sini dalam rangka mengikuti acara Peringatan Hari Ibu yang ke-91 Tahun 2019. Kiranya acara ini menjadi acara yang Engkau ridhoi sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat demi terwujudnya negara Indonesia yang hebat, kuat dan damai.

Ya Allah Yaa Qowi Yang Maha Kuat

Kami menyadari masih banyak persoalan yang dihadapi oleh bangsa kami terkait perempuan dan anak. Masih tingginya kekerasan terhadap perempuan dan anak, masih maraknya perdagangan manusia, masih adanya kesenjangan akses bagi perempuan di bidang ekonomi.

Oleh karenanya Ya Allah, berikanlah kami kekuatan untuk dapat meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya kesejahteraan perempuan dan anak di negeri kami tercinta ini.

Ya Allah Yaa Jaami’ Yang Maha Menyatukan

Satukanlah hati kami, padukanlah langkah kami, ikatlah kami dalam kasih sayang- Mu. Berikanlah kemampuan kepada Perempuan dan Ibu di Indonesia untuk dapat berperan dalam menciptakan dan menggerakkan perdamaian dalam keluarga dan masyarakat yang pada akhirnya dapat meneguhkan nilai kebangsaan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Ya Allah Ya Ghofuur Yang Maha Pengampun

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan orang-orang yang kami sayangi dan kami cintai, baik mereka yang masih hidup apalagi yang sudah wafat.

Hanya kepada Engkaulah kami berharap dan hanya kepada Engkaulah kami mengadu. Engkau Maha Mendengar dan Mengabulkan. Kabulkanlah doa kami ini.

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah…
Walhamdulillah…

Tinggalkan Balasan